Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Fungsi Sel Darah Merah

3 min read

Fungsi Sel Darah Merah

Sel darah merah (eritrosit) merupakan jenis darah yang paling banyak dan memiliki fungsi yakni sebagai pembawa berbagai jaringan tubuh melalui darah. Lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami Mengenai Materi Fungsi Sel Darah Merah, meliputi Pengertian, Ciri, Struktur, Lengkap Dengan Gambar di bawah ini.

Pengertian Sel Darah Merah

Sel darah merah (eritrosit) merupakan jenis darah yang paling banyak dan memiliki fungsi yakni sebagai pembawa berbagai jaringan tubuh melalui darah.

Secara etimologi, Eritrosit berasal dari bahasa Yunani yakni “erythos” yang artinya merah & “kytos” yang artinya darah.

Sela darah merah juga merupakan bagian sel darah dengan jumlah terbanyak yang ad di dalam tubuh yang mana sel darah merah ini diproduksi antar masa janin dengan masa setelah kelahiran.

Pada minggu pertama kehidupan embrio, sel darah primitif yang berinti di produksi di kantung kuning telur (yolk sac) yang merupakan kantung bermembran yang melekat pada embrio

Kemudian memasuki pertengah trimester pada masa gestasi, produksi eritrosit dilakukan oleh hati sebagai organ vital yang memproduksi eritrosit, limfa dan kelenjar limfe.

Selanjutnya, 1 bulan sebelum kelahiran dan setelah lahir, sel darah merah hanya di produksi oleh sumsum tulang dari seluruh tulang kecuali proksimal humerus (tulang lengan) & tibia (tulang kering).

Tulang lengan dan tulang kering ini hanya memproduksi sel darah merah dengan jumlah yang sedikit, dan tidak memproduksi lagi hingga maencapai usia kira-kira 20 tahun.

Setelah itu, sel darah merah akan diproduksi oleh sumsum tulang membranosa seperti tulang belakang (Vertebrae), tulang dada (sternum), tulang rusuk (costae) dan Usus penyerapan (illium).

Namun jumlah sel darah merah pada sumsum tulang membranosa jumlah yang diproduksinya semakin sedikit dan berkurang volume nya seiring dengan bertambahnya usia.

Fungsi Sel Darah Merah

Fungsi Sel Darah Merah
Gambar Fungsi Sel Darah Merah

Sel darah merah (eritrosit) memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Lalu apa saja fungsi sel darah merah bagi tubuh?

Fungsi utama sel darah merah (eritrosit) adalah untuk menyalurkan / menyebarkan darah yang mengandung oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh. 

Dalam menjalankan tugas atau fungsinya sel darah merah mendapat bantuan dari hemoglobin, yakni substansi eritrosit yang terdiri dari rantai heme & globin.

Rantai heme sendiri merupakan senyawa besi protoporfirin yang dapat membentuk pigmen / bagian bebas protein dalam hemoglobin (Hb) dan juga memiliki fungsi sebagai pengangkut oksigen (O2). 

Selain fungsi utama, sel darah merah memiliki fungsi lain yakni sebagai berikut :

  • Sel darah merah memiliki kandungan enzim karbonik anhidrase, enzim ini berfungsi meningkatkan kecepatan dalam menganalisis reaksi reversibel antara karbon dioksida & air untuk membuat asam karbohidrat dengan beribu kali lipat.
  • Hemoglobin (Hb) yang menjadi substansi eritrosit memiliki peranan sebagai penangkal patogen dan juga bakteri melalui proses lisis dengan mengeluarkan radikal bebas yang bisa meleburkan membran sel patogen & membunuh bebrapa jenis bakteri.
    Jadi, sela darah merah ini berfungsi dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.
  • Sel darah merah ini berfungsi dalam melebarkan pembuluh darah. Yang mana mekanisme semacam ini bisa terjadi karena disebabkan adanya senyawa S-Nitthrosothiol yang dilepaskan pada saat Hemoglobin mengalami deogsigenerasi atau reaksi kimia yang melibatkan penghilangan atom oksigen dari suatu molekul.

Baca Juga : Fungsi Otot Jantung

Ciri-Ciri Sel Darah Merah

Sel dara Merah
Gambar Sel dara Merah

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sel darah merah ini memiliki cici ciri tersendiri. Lalu apa saja ciri-ciri dari sel dara merah ? Berikut ini penjelasannya ;

  • Sel darah merah memiliki bentuk yaitu bulat pipih yang mana di bagian tengahnya berbentuk cekung atau bikongkaf
  • Sel darah merah tidak memiliki inti sel
  • Sesuai dengan namanya, sel darah merah ini berwarna merah ini disebakan karena mengandung hemoglobin (Hb)
  • Umur sel darah merah ± 120 hari
  • Sel darah merah memiliki sel/mm3 darah dengan jumlah 4-5 juta
  • Sel darah merah memiliki diameter 7-8 um dengan ketebalan 1-2 um
  • Sel darah merah bersifat elastic

Baca Juga : Fungsi Otot Lurik

Struktur Sel Darah Merah

Struktur Sel Darah Merah
Gamabr Struktur Sel Darah Merah

Struktur sel darah merah yang normal adalah tidak memiliki inti, bentuknya lempeng bikonkaf dan terdapat garis tengah sekitar 7-8 mikrometer dengan ketebalan 2,5 mikrometer, sedangkan di bagian tengahnya sangat tebal sekitar 1 mikrometer.

Berdasarkan bentuknya, sel darah merah bisa berubah-ubah pada saat sel ini melalui kapiler, namun perubahan bentuk tersebut tidak berpengaruh atau tidak akan membuat sel mengalami ruptur.

Tidak akan mengalami ruptur, karena sel darah merah ini memiliki membran sel yang berguna untuk menampung berbagai di dalamnya yang menjadikan tidak akan terjadinya perenggangan membran.

Dalam sel darah merah terdapat hemogrobin, substansi hemoglobin (Hb) inilah yang membuat darah berwarna merah.

Adapun jumlah sel darah merah pada setiap orang rata rata 90-95 mikrometer kubik, yang mana jumlah sel darah merah ini tergantung dari jenis kelamin, karena pada pria dan wanita memiliki jumlah sel darah merah yang berbeda jumlahnya.

Bagi pria yang memiliki sel darah merah normal, volume rata-rata sel darah merahnya per mikrometer kubik yaitu 5.200.000 (±300.000) sedangkan pada wanita yang memiliki sel darah normal yaitu 4.700.000 (±300.000). 

Selain jenis kelamin, bagi orang yang tinggal di dataran tinggi akan memiliki jumlah sel darah merah yang lebih besar dibanding dengan orang yang tinggal didataran rendah.

Apa fungsi sel darah merah ?

Fungsi utama sel darah merah (eritrosit) adalah untuk menyalurkan / menyebarkan darah yang mengandung oksigen (O2) dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh. 

Sebutkan struktur sel darah merah ?

Struktur sel darah merah yang normal adalah tidak memiliki inti, bentuknya lempeng bikonkaf dan terdapat garis tengah sekitar 7-8 mikrometer dengan ketebalan 2,5 mikrometer, sedangkan di bagian tengahnya sangat tebal sekitar 1 mikrometer

Apa itu sel darah merah ?

Sel darah merah (eritrosit) merupakan jenis darah yang paling banyak dan memiliki fungsi yakni sebagai pembawa berbagai jaringan tubuh melalui darah.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Fungsi Sel Darah Merah. Baca Juga artikel sebelumnya mengenai Materi Fungsi Otot Polos. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Fungsi Sel Darah Merah Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca