Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Fungsi Sentriol

3 min read

Fungsi Sentriol

Sentriol merupakan bagian dari Organel Sel yang mana sel ini terdiri dari 2 perangkat Mikrotubula dan tiap tiap komponen struktur sentriol terdiri dari 9 Mikrotubula. Lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Fungsi Sentriol, meliputi Pengertian, Struktur, Letak, dan Tokoh Penemu di bawah ini.

Pengertian Sentriol

Sentriol merupakan bagian dari Organel Sel yang mana sel ini terdiri dari 2 perangkat Mikrotubula dan tiap tiap komponen sentriol terdiri dari 9 Mikrotubula.

Pada bentuk yang sama ada 3 yang bentuknya seperti tabung, yang terbentuk dari Tubulin yang sebagian besar sel sentriol ditemukan dalam sel Eukariotik.

Pada ke-2 perangkat sentriol tersusun secara berhadapan dengan membentuk sudut yang tegak lurus.

Sel sentriol merupakan sel yang berperan dalam pembelahan pada sebuah sel, dan juga dalam pembentukan Sillium dan juga Flagela.

Selain itu, sel sentriol yakni ialah perkembangan dari Sentrosom, yang menjadi pusat sel, berdasarkan letaknya, Sitoplasma yang letaknya berdampingan pada Inti Sel.

Meskipun berdampingan, tetap memiliki fungsi yang berbeda adapun fungsi sitoplasma ini adalah menyimpan macam macam jenis zat kimia yang digunakan untuk proses metabolisme sel.

Pada jenis tumbuhan, sentriol ada pada tumbuhan Gamet Jantan Charophytes, Bryophytes, tumbuhan berpembuluh yang tidak memiliki Biji, Ginko dan Sikas

Sedangkan sentriol tidak terdapat pada tumbuhan berpembuluh tanpa Biji, bunga bahkan pada Jamur.

Fungsi Sentriol

Fungsi sentriol

Berikut ini adalah fungsi sentriol, diantaranya :

1. Organel Sel Sentriol memiliki peran yang sangat penting bagi pembentukan berbagai bangunan selular yang terdiri atas mikrotubula, dan Sel Gelendong Mitosis pada pembelahan sel, flagelum, sillium dan beberapa juluran sel khusus, contohnya seperti pada Filamen Aksial Spermatozoa.

Sillium, flagelum, dan ekor spermatozoa memiliki konfigurasi 9+2 mikrotubula, seperti yang terlihat pada sentriol.

2. Selain itu, organel sel sentriol memiliki fungsi yakni badan basal yang sebagai tempat pembentukan sillia.

Badan basal ada pada lempeng basal yang berada diujung, dan menghadap ke arah permukaan sel adapun strukturnya sedikit berbeda dari sentriol.

Pada organel sel mengenai pergerakkan ini, sentriol berfungsi menjadi badan basal atau kinetosom.

Dan berdasarkan letak struktur ini, yakni ada pada bagian dasar sillium atau flagelum, dan sentriol yang menghasilkan sillium maupun flagelum, dari sinilah sentriol dikenal sebagai badan basal yakni yang memiliki fungsi sebagai tubuh basalis.

Yang mana badan basal memiliki nama lain yakni adalah Kinetosom, Basal Korpuskel, Proksimal Sentriol, dan Blefaroplas, Basal Granula.

Baca Juga : Fungsi Membran Sel

Struktur Sentriol

Struktur Sentriol

Pada organel sel sentriol memiliki komponen atau-struktur, yang harus kalian ketahui agar kalian bisa memahami organel sel sentriol lebih jauh lagi.

Berikut ini adalah struktur-struktur yang ada pada organel sel sentriol :

Didalam organel sel ada 1 sel yang juga memiliki 1 pasang sentriol, yang letaknya tegak lurus dan berdampingan.

Organel sel ini memiliki bentuk seperti Tabung, dan memiliki suatu rangka Mikrotubula.

Mikrotubula tersebut terdiri dari 3 rangka, jumlah triplet pada setiap sentriol berjumlah 9 rangka.

Yang mana pada rangka 9 triplet ini ditutup dengan Matriks Kental, rangka dan matrik terletak pada salah satu ujung sentriol, yang meiliki seperti roda gerobak.

Sentriol sendiri memiliki diameter 0,15 µm, dengan panjang 0,3-0,5µm, dan lebar 0,2 μm, yang man berfungsi sebagai sebuah benang spindel untuk memisahkan kromosom.

Mikrotubula terbagi menjadi 3 mikrotubula, yang mana ke-3 mikrotobula tersebut tersusun secara paralel.

Dari 9 macam ini kemudian akan membentuk sebuah dinding sentriol, dan tiap tiap kelompok tersebut tidak tegak lurus dengan inti tabung, melainkan agak miring.

Dari 9 kelompok triplet pada sentriol tersebut, terdiri dari 3 buah sub-unit mikrotubula, yang kemudian diberi nama sub-unit A, B, dan C.

Secara urutan penamaan ini dimulai dari sub-unit yang paling dalam (tubula yang dalam sebagai sub-unit A), diameter pada setiap tubula 200 s/d 260 sub unit Å.

Dan selain itu sub struktur dari tubula A, B, & C yakni sama untuk seluruh sub struktur lainnya.

Itu artinya, bahwa sub struktur A pada suatu triplet akan sama, dengan sub struktur A pada triplet yang lain, yang juga untuk sub unit B dan C.

Tokoh Penemu Sentriol

Tokoh Penemu Sentriol
Gambar Tokoh Penemu Sentriol

Pertama kali sentriol ditemukan oleh seseorang Ilmuwan Biologi yang berasal dari Jerman, yang bernama Theodor Boveri, di tahun 1888.

Beliau terkenal dengan teorinya yakni mengenai “Perkembangan Embrio Sutton Boveri dan Teori Kromosom Sentrosom”.

Selain itu, Theodor Boveri juga mengemukakan sebuah teori awal mengenai penyakit kanker, yang mana kata Thedor Boveri “penyakit kanker terjadi, disebabkan oleh suatu kesalahan yang terjadi selama proses pembelahan sel”.

Diawali oleh satu sel yang mana, sel tersebut terbentuk dari kromosom yang kemudian berubah menjadi tidak teratur, yang kemudian menyebabkan pembelahan pada sel menjadi tidak terkendali.

Teori-teori yang di kemukakan oleh Theodor Boveri pada saat itu banyak banyak yang menolaknya, sampai bertahun-tahun lamannya.

Sampai sekumpulan Ilmuwan Biologi lainnya meniliti teori teori yang dikemuakakn tersebut oleh Theodor Boveri, salah satunya adalah Thomas Hunt Morgan seorang genetikawan yang berasal dari Amerika Serikat yang dikenal karena telah berhasil menemukan kromosom (1908) sebagai pembawa sifat (gen) dserta pautan gen.

Yang kemudian Thomas Hunt Morgan menerangkan melalui penelitiannya, bahwa teori yang dikemukakan oleh Theodor Boveri itu ternyata terbukti kebenarannya.

Sebutkan fungsi sentriol ?

Organel Sel Sentriol memiliki peran yang sangat penting bagi pembentukan berbagai bangunan selular yang terdiri atas mikrotubula, dan Sel Gelendong Mitosis pada pembelahan sel, flagelum, sillium dan beberapa juluran sel khusus, contohnya seperti pada Filamen Aksial Spermatozoa.

Siapa Tokoh penemu sentriol ?

Pertama kali sentriol ditemukan oleh seseorang Ilmuwan Biologi yang berasal dari Jerman, yang bernama Theodor Boveri, di tahun 1888..

Apa itu sentriol ?

Sentriol merupakan bagian dari Organel Sel yang mana sel ini terdiri dari 2 perangkat Mikrotubula dan tiap tiap komponen sentriol terdiri dari 9 Mikrotubula.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Fungsi Sentriol baca juga artikel kami sebelumnya mengenai fungsi mitokondria. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Fungsi Sentriol Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca