Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Fungsi Tulang Belakang

3 min read

Fungsi Tulang Belakang

Apa fungsi tulang belakang? Fungsi tulang belakang adalah sebagai penopang tubuh manusia. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Fungsi Tulang Belakang, Pengertian, Struktur, Letak dan Gambar di bawah ini.

Apa itu Tulang Belakang?

Tulang belakang merupakan tulang yang memiliki ukuran yang beragam namun dengan bentuk yang mirip satu dengan yang lainnya, tulang ini tersusun membentang dari bawah tengkorak sampai ke tulang ekor.

Tulang-tulang tersebut saling tersusun satu sama dan membentuk lengkungan (kurva) tertentu, sehingga jika dilihat dari arah samping tulang ini bentuknya menyerupai huruf “S”.

Yang mana bentuk ini dapat mengoptimalkan pendistribusian tekanan mekanis saat tubuh melakukan gerakan dan beristirahat.

Tulang belakang ini merupakan tulang spesial karena tulang ini tersusun atas 33 tulang yang ditopang oleh ligamen dan juga otot.

Apa Fungsi Tulang Belakang?

Fungsi Tulang Belakang
Tulang Belakang

Fungsi tulang belakang ini sangat penting bagi pertumbuhan atau pergerakan tubuh manusia. Adapun fungsi dari tulang belakang manusia yang paling utama yaitu sebagai berikut :

Fungsi utama tulang belakang adalah sebagai penopang tubuh manusia.

Bagian cervical berperan dalam menopang bagian tengkorak, sedangkan bagian thorax berperan dalam memberikan kekuatan dan menjaga keseimbangan pada tubuh manusia.

Bagian lumbar berperan dalam menopang sebagian besar berat badan serta memungkinkan gerakan lebih fleksibel namun tidak dapat berputar.

Tulang belakang mempunyai struktur yang sangat baik dalam menopang tubuh yang membuatnya dapat menyesuaikan bentuk dengan tubuh manusia yang berubah-ubah seiring pertumbuhan manusia itu sendiri misalnya seperti bertambahnya berat badan maupun saat masa kehamilan pada wanita.

Ketika membawa beban yang berat, lengkungan atau kurva pada tulang belakang menjadi lebih besar agar tubuh menjadi stabil dan juga kuat untuk menopang nya.

Selain fungsi utama, tulang belakang juga memiliki fungsi yang tidak kalah penting bagi sistem gerak tubuh manusia, adapun fungsi lainnya yakni sebagai berikut :

1. Membuat Tubuh Lentur & Fleksibel dalam Bergerak

Tulang belakang yang mana strukturnya tidak beraturan dengan susunan otot, tendon, dan ligamen, atau yang lainnya menjadi pendukung untuk membantu tubuh bergerak lebih fleksibel dan lentur seperti membungkuk, meregang, berputar serta bersandar.

Bagian tulang belakang cervical berperan dalam membantu pergerakan kepala & leher karena adanya kombinasi unik ke-2 tulang pada bagian  cervical, yaitu atlas & sumbu.

3. Melindungi Saraf

Fungsi tulang belakang selanjutnya yaitu memberikan perlindungan saraf halus & sumsum tulang belakang.

Sumsum tulang belakang sendiri adalah bagian yang sangat penting yang berperan dalam mengendalikan fungsi organ utama manusia.

Selain itu, bentuk & posisi tertentu tulang belakang juga ligamen bisa membentuk jaringan perlindungan yang akan menjaga sumsum tulang belakang agar tidak terjadi cedera atau terluka.

4. Menghasilkan Sel Darah Merah

Pada tulang belakang terdapat sumsum tulang yang banyak menghasilkan sel darah merah dan juga mineral (Ingat, yang dimaksud disini bukan sumsum tulang belakang / medula spinalis).

Sumsum tulang tersebut terletak pada rongga interior tulang serta terdiri 2 jenis, yaitu adalah sumsum merah & sumsum kuning, yang keduanya memiliki peran yang berbeda.

Diman sumsum merah bertanggung jawab dalam memproduksi sel darah merah, trombosit, & sel darah putih.

Sementara, sumsum tulang kuning didalamnya mengandung sel-sel lemak tingkat tinggi serta menghasilkan sel darah putih.

5. Pelindung Organ Utama

Fungsi tulang belakang selanjutnya yaitu melindungi organ utama. Kerangka ini mengelilingi serta melindungi organ utama tubuh manusia.

Seluruh tulang rusuk manusia menempel di tulang belakang, namun hanya tujuh pasang teratas yang menempel pada sternum. 

Tulang rusuk sendiri membentuk kerangka di sekitar jantung serta paru-paru manusia.

6. Peredam Getaran

Selain fungsi fungsi di atas, tulang belakang juga memiliki efek peredam getaran ketika tubuh melakuakan aktivitas seperti berdiri, jongkok dan juga duduk.

Hal tersebut disebabkan karena terdapat bantalan cakram intervertebralis yang berada diantara tulang belakang serta mencegah terjadinya gesekan tulang yang satu dengan tulang yang lainnya.

Selain itu, cakram intervertebralis tersebut mengandung zat yang mampu meredam getaran saat tubuh melakukan aktivitas.

Baca Juga : Fungsi Tulang Kering

Struktur Tulang Belakang

Struktur Tulang Belakang
Struktur Tulang Belakang

Telah di bahas sebelumnya yang mana tulang belakang ini terdiri dari 33 tulang yang saling tersusun dan memiliki berbagai ukuran. Tulang-tulang tersebut dibagi menjadi lima macam jenis dengan rinciannya lengkapnya sebagai berikut :

1. Tulang Belakang Cervical (7 buah)

Tulang Belakang Cervical adalah tulang belakang yang berada di leher yang jumlahnya ada 7 buah. Umumnya, bagian ini memiliki bentuk tulang yang kecil dengan procesus spinosus yang ukurannya pendek, kecuali tulang ke-2 & 7.

Selain itu, tulang tulang itu tadi memiliki Tulang-tulang tersebut memiliki sebutan tersendiri seperti atlas (C1) & aksis (C2) dan diberi nomor dan sesuai dengan urutannya mulai dari C1 s/d C7 (C = cervical).

2. Tulang Belakang Thorax (12 buah)

Tulang Belakang Thorax adalah tulang punggung bagian atas yang jumlahnya adalah 12 buah. Bagian ini mempunyai procesus spinosus yang berhubungan dengan costae (tulang rusuk).

Bagian ini juga dikenal sebagai “tulang punggung dorsal”. Ke-12 tulang tersebut diberi nomor sesuai dengan urutannya dari T1 s/d T12 (T = thorax).

3. Tulang Belakang Lumbal (5 buah)

Tulang Belakang Lumbal adalah tulang punggung bagian bawah yang jumlahnya adalah 5 buah. Bagian ini memiliki ukuran yang terbesar dan paling lurus konstruksinya yang mampu menopang beban berat dibanding dengan tulang belakang lainnya.

Biasanya, nyeri punggung sering disebabkan oleh gangguan pada bagian ini. Ke-12 tulang pada bagian ini juga diberi nomor sesuai dengan urutannya dari L1 s/d L5 (L = lumbal).

4. Tulang Belakang Sacral (5 buah)

Tulang Belakang Sacral adalah tulang belakang yang membentuk sakrum yang tidak memiliki celah / diskus intervertebralis antara tulang yang satu dengan yang lainnya.

Bagian ini terdiri dari 4 s/d 5 buah tulang yang apabila telah menginjak usia 26 tahun tulang tersebut akan membentuk segitiga. Sakrum sendiri seperti irisan diantara tulang pinggul. 

Ke-5 tulang tersebut diberi nomor sesuai dengan urutannya dari S1 s/d S5 (S = sacral).

5. Tulang Belakang Coccygeal (3-5 buah)

Tulang Belakang Coccygeal adalah tulang belakang yang letaknya berada di bagian paling bawah tulang belakang yang mana tulang ini dikenal dengan sebutan tulang ekor.

Bagian ini terdiri dari 3 s/d 5 buah tulang yang saling bergabung dan memiliki celah antar tulang tersebut.

Ke-5 pada bagian ini juga diberi nomor sesuai dengan urutannya dari Co1 s/d Co5 (Co = Coccygeal).

Baca Juga : Fungsi Tulang Betis

Apa itu tulang belakang?

Tulang belakang merupakan tulang yang memiliki ukuran yang beragam namun dengan bentuk yang mirip satu dengan yang lainnya, tulang ini tersusun membentang dari bawah tengkorak sampai ke tulang ekor.

Apa fungsi utama tulang belakang?

Fungsi utama tulang belakang adalah sebagai penopang tubuh manusia.

Sebutkan struktur tulang belakang?

Tulang belakang terdiri atas 33 tulang yang saling tersusun dan memiliki berbagai ukuran. Dimana 33 tulang tersebut dibagi menjadi 5 jenis, yaitu :
1. Tulang Belakang Cervical (7 buah)
2. Tulang Belakang Thorax (12 buah)
3. Tulang Belakang Lumbal (5 buah)
4. Tulang Belakang Sacral (5 buah)
5. Tulang Belakang Coccygeal (3-5 buah)

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Fungsi Tulang Belakang. Baca Artikel kami yang lain salah satunya Fungsi Tulang Hasta. Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Fungsi Tulang Belakang Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca