Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Fungsi Tulang Hasta

2 min read

Fungsi Tulang Hasta

Tulang hasta merupakan bagian dalam dari 2 tulang lengan bawah, yang tulang ini akan terlihat apabila telapak tangan dihadapkan ke depan. (Yang lain, tulang lengan bawah yaitu radius). Lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Fungsi Tulang Hasta, Pengertian, Bagian, Letak dan Gambar di bawah ini.

Pengertian Tulang Hasta

Tulang hasta merupakan bagian dalam dari 2 tulang lengan bawah, yang tulang ini akan terlihat apabila telapak tangan dihadapkan ke depan. (Yang lain, tulang lengan bawah yaitu radius).

Ujung atas tulang hasta terdapat lekukan (noth) yang bentuknya seperti huruf C yang besar yang dikenal dengan sebutan semilunar/troklear,  yang berartikulasi dengan tulang lengan atas (trochlea humerus) yang membentuk sendi siku.

Tulang hasta juga terdapat pada jenis vertebrata darat. Namun dalam amfibi dan juga hewan jenis reptil, tulang radius & tulang hasta tidak bisa berartikulasi.

Bentuk jari-jari pada burung cenderung berbentuk ramping, namun tulang hasta lebih sedikit pada mamalia, terutama mereka yang berlari dan juga pada kasus kelelawar diganti bagian yakni terbang.

Selain itu, Tulang hasta merupakan suatu tulang yang mampu menyimpan banyak mineral serta dapat menghasilkan sel – sel darah pada sumsum tulang.

Tulang hasta (Ulna tersebut bersama dengan jari-jari tangan berfungsi dalam melakuakan gerakan berputar pada pergelangan tangan.

Ulna atau tulang hasta ini juga merupakan salah satu dari 2 tulang yang membentuk lengan bawah.

Baca Juga : Fungsi Tulang Kering

Bagian-Bagian Tulang Hasta

Tulang hasta
Gambar Tulang Hasta

Tulang hasta (Ulna) memiliki bentuk seperti pipa yang memiliki sebuah batang dan 2ujung.

Tulang hasta ini terletak di sebelah medial lengan bawah yang tulang ii memiliki ukuran yang lebih panjang dengan tukang pengumpil atau radius. Kepala tulang hasta ini berada dibagian bagian bawah.

Tulang hasta (Ulna) terdiri atas 3 bagian. Apa saja bagian-bagian tulang hasta?

  1. Batang ulna
  2. Ujung bawah ulna
  3. Ujung atas ulna

Fungsi Tulang Hasta

Fungsi Tulang hasta
Gambar Fungsi Tulang hasta

Tulang yang memiliki sebuah batang dan juga 2 batang. Tulang ini terletak di sebelah medial lengan bawah yang memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan dengan tulang pengumpil atau radius.

Seperti yang telah di bahas, bahwa kepala tulang hasta ini berada di bagian bawah, dan yang mana tulang ini juga terdiri atas tiga bagian yakni ujung atas ulna, batang ulna & ujung bawah ulna.

Salah organ yang dimiliki manusia ini, tentunya tulang ini memiliki fungsi yang penting bagi manusia itu sendiri. Lalu apa saja fungsi dari tulang hasta? Berikut ini adalah fungsi tulang hasta !

1Tulang yang menonjol pada proksimal ulna
2Tulang yang membantu pergelangan tangan untuk melakukan gerak memutar.
3Tulang yang membantu pergelangan tangan untuk melakukan gerak memutar.
4Tulang hasta ini bisa menyimpan mineral dan juga menghasilkan sel – sel darah pada sumsum tulang
5Sebagai tulang ysang berfungsi untuk penarikan otot
6Sebagai tempat melekatnya otot-otot lengan
7Menyokong lengan bawah dalam melakuakn pergerakan
8Fleksibelitas sendi siku
9Tulang ini bekerja sama dengan radiu (tulang pengumpil) yang sebagai penyusun lengan bagian bawah tangan manusia
10Tulang yang membantu pergelangan tangan untuk melakukan gerak memutar.

Baca Juga : Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Pada anak yang masih berumur 4 tahun, pertumbuhan tulang dimulai dari tengah kepala tulang.

Apabila sudah berumur 10 tahun, akan terjadi pertumbuhan di tulang yang menonjol pada proksimal tulang hasta (olecranon).

Pada umur 16 tahun, bagian superior tulang telah benar-benar bersendi dengan humerus, serta pada bagian bawah terjadi ketika usia kira-kira 20 tahun.

Tulang hasta (ulna) sangat penting yang menjadi stabilisasi fisik lengan bawah, pergelangan tangan & tangan.

Proses olecranon berartikulasi dengan kepala distal humerus untuk memberikan gerakan terkontrol & stabilisasi pada sendi siku.

Ini juga adalah titik keterikatan bagi otot-otot lengan bawah. Aspek distal tulang hasta berartikulasi dengan pergelangan tangan & memberikan dasar yang stabil untuk artikulasi antara pergelangan tangan dan juga tangan.

Apabila tulang hasta pecah, hal ini akan sering terjadi pada titik yang mana jari-jari dan ulna membentuk sendi atau di mana tulang hasta membentuk sendi dengan tulang karpal tangan.

Fraktur ulnaris akan menjadi penyebab terjadinya rasa sakit yang parah, kesulitan dalam melakukan pergerakan sendi-sendi yang terkena, dan bahkan bisa terjadi deformitas lengan apabila fraktur merupakan gabungan.

Apa itu tulang hasta?

Tulang hasta merupakan bagian dalam dari 2 tulang lengan bawah, yang tulang ini akan terlihat apabila telapak tangan dihadapkan ke depan. (Yang lain, tulang lengan bawah yaitu radius).

Apa fungsi dari tulang hasta?

1. Tulang yang membantu pergelangan tangan untuk melakukan gerak memutar.
2. Tulang hasta ini bisa menyimpan mineral dan juga menghasilkan sel – sel darah pada sumsum tulang
3. Tulang yang membantu pergelangan tangan untuk melakukan gerak memutar.

Sebutkan bagian bagian dari tulang hasta?

Tulang hasta (Ulna) terdiri atas 3 bagian. Apa saja bagian-bagian tulang hasta?

1. Batang ulna
2. Ujung bawah ulna
3. Ujung atas ulna

Demikianlah pembahasan kami mengenai Fungsi Tulang Hasta. Baca Juga artikel sebelumnya mengenai Materi Fungsi Otot Polos. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Fungsi Tulang Hasta Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca