Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Fungsi Tulang Jari Kaki

3 min read

Fungsi Tulang Jari Kaki

Apa fungsi tulang jari kaki? berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh ketika tubuh sedang melakukan aktivitas seperti berlari sampai berusaha untuk berhenti berlari. Lebih lengkapnya simaklah Materi Fungsi Tulang Jari Kaki, Pengertian, Jenis, dan Gambar di bawah ini.

Apa itu Tulang Jari Kaki?

Tulang Jari kaki adalah sejumlah tulang yang ada pada kaki dan terhubung dengan telapak kaka (aspek Plantar), yang berperan menjadi tumpuan tubuh ketika berdiri, berjalan atau sedang melakuakan aktivitas yang dengan tulang jari kaki.

Fungsi Tulang Jari Kaki

Tulang Jari Kaki
Gambar Tulang Jari Kaki

Dalam melakukan segala aktivitas tentunya kita membutuhkan fungsi fungsi tulang sebagai salah satu yang memungkinkan kita untuk bisa bergerak, dalam hal ini fungsi tulang kaki memiliki peranan yang sangat penting ketika kita melakukan aktivitas tersebut.

Lalu apa saja fungsi tulang jari kaki pada manusia? berikut ini penjelasan fungsi tulang jari kaki pada manusia :

  1. Berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh ketika tubuh sedang melakukan aktivitas seperti berlari sampai berusaha untuk berhenti berlari.
  2. Tulang jari kaki berfungsi menjadi tumpuan saat berjinjit atau melakukan olahraga seperti panjat tebing dan lain-lain.
  3. Tulang jari kaki juga memiliki peranan dalam memberikan bentuk pada kaki manusia.
  4. Sebagai tempat melekatnya otot-otot yang terdapat pada jari kaki.
  5. Sebuah tulang yang memiliki peranan dalam membantu tulang yang lainnya menyokong anggota tubuh.
  6. Tulang jari kaki juga memungkinkan manusia dalam melakukan lompatan yang lebih jauh dari biasanya.
  7. Tulang jari kaki juga memiliki peranan dalam menopang tubuh ketika melakukan aktivitas daerah bagian atas.

Baca Juga : Fungsi Tulang Kering

Struktur Ruas Tulang Jari Kaki

Dalam melakukan peranannya tentunya tulang tulang jari kaki ada rangka yang menyusun yang saling menyokong satu sama lain, lalu apa saja struktur ruas tulang jari tersebut ?

  1. Jari kaki yang pertama (hallux) merupakan salah satu jari kaki yang mempunyai ukuran yang paling besar, hallux ini yang kita kenal sebagai jempol kaki ataupun ibu jari kaki. Jari kaki ini adalah jari yang berada paling awal/paling proksimal, yang paling dekat dengan jari-jari kaki lainnya.
  2. Tulang jari kaki ke-2 adalah salah satu jari kaki yang ukurannya lebih panjang dari ibu jari kaki atau jempol kaki, tulang jari kaki yang kedua ini biasa disebut dengan jari telunjuk kaki.
  3. Jari kaki ke-3 adalah salah satu jari kaki yang ukurannya lebih pendek dari jari telunjuk kaki, yang mana jari yang satu ini biasa disebut dengan jari tengah kaki.
  4. Tulang jari kaki ke-4 adalah sebuah tulang yang memiliki ukuran yang lebih pendek dibanding dengan jari tengah kaki, yang mana jari kaki yang satu ini biasa disebut dengan jari kaki cincin atau jari manis kaki.
  5. Dan jari kaki yang ke-5 adalah jari kaki yang ukurannya paling kecil dibandingkan dengan jari kaki yang lainnya atau biasa disebut dengan jari kelingking, jari kaki ini juga berada dibagian paling luar (distal).

Baca Juga : Fungsi Tulang Betis

Gangguan Pada Tulang Jari Kaki

Gangguan Tulang Jari Kaki
Gangguan Tulang Jari Kaki

1. Nyeri

Nyeri pada jari jari kaki biasanya akan disebabkan oleh kuku yang tumbuh ke dalam,kapalan, melepuh, & bunion (kelainan bentuk jempol kaki).

Nyeri ini dapat disebabkan oleh cedera ataupun penyakit lainnya, seperti : terkilir / arthritis.

2. Jari Terbentur (Stubbed Toe).

Jari jari kaki juga akan terasa sangat sakit bilamana kaki tersandung pada benda keras,yang menyebabkan jari jari kaki mengalami cedera ringan maupun cedera berat, yang dapat menimbulkan rasa sakit pada jari jari tersebut.

3. Kelainan Pada Bentuk Jari

Kelainan disini yaitu seperti jari kaki yang berbentuk cakar, yang mana sendi proximal tersebut menonjol ke arah atas serta sendi middle menonjol ke arah bawah.

Kelainan ini dapat disebabkan oleh alas kaki yang kekecilan atau tidak sesuai dengan bentuk kaki, diabetes maupun arthritis. Contoh kelainan lainnya yaitu adalah jari kaki palu & trigger toe.

4. Asam Urat

Asam urat, yang merupakan penyakit yang biasanya akan menyerang ibu jari kakai/ jempol dikarenakan oleh penumpukan asam urat pada sendi sehingga kaki terasa sakit saat sedang melakukan gerakan berjalan atau berlari.

Cara Mencegah Gangguan Pada Jari Kaki

Setelah kita mengetahui gangguan gangguan yang bisa saja terjadi dan meyerang jari jari kaki kita yang dapat merusak fungsinya, maka kita harus mencegah kemungkinan gangguan gangguan tersebut yakni dengan cara di bawah ini :

  1. Kenakan sepatu yang sesuai dengan bentuk jari kaki serta nyaman ketika digunakan.
  2. Jangan menggunakan sepatu yang sudah tidak layak atau sudah jelek karena tidak akan melindungi benturan yang mengancam jari jari kaki kita.
  3. Kenakanlah kaus kaki saat mengenakan sepatu agar jari kaki tidak lecet.
  4. Lakukanlah pemanasan atau peregangan terlebih dahulu sebelum dan sesudah berolahraga, terlebih lagi peregangan jari jari kaki agar mencegah terjadinya cedera pada anggota tubuh.
  5. Pada saat melakukan olahraga lari, pastikan Anda selalu memperhatikan jalan yang anda lalui, karena di khawatirkan ada benda yang bisa saja melukai bagian kakai anda, dan juga guna mencegah terjadinya cedera pada kaki.

Baca Juga : Fungsi Tulang Pengumpil

Apa itu tulang jari kaki?

Tulang Jari kaki adalah sejumlah tulang yang terdapat pada kaki yang terhubung dengan telapak kaki (Aspek plantar).

Apa fungsi utama tulang jari kaki?

Tulang ini berfungsi sebagai tumpuan tubuh ketika kita melakukan aktivitas seperti berdiri, berjalan, dan berlari atau melakukan aktivitas yang lainnya yang berhubungan dengan tulang jari kaki.

Apa sebutan lain dari Tulang Jari Kaki?

Bahasa latin dari tulang jari kaki adalah Falanges yang sama dengan sebutan untuk jari tangan.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Fungsi Tulang Jari Kaki. Baca Juga artikel yang lainnya mengenai Materi Fungsi Tulang Hasta. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Fungsi Tulang Jari Kaki Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca