Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Fungsi Tulang Kering

3 min read

Fungsi Tulang Kering

Tulang kering (tibia), merupaknan salah satu dari 2 tulang yang lebih besar dan kuat yang terletak di bawah lutut pada vertebrata, dan yang satunya lagi adalah tulang yang berfungsi menyambung lengan tulang lutut. Lebih lengkapnya simaklah Materi Fungsi Tulang Kering, Pengertian, Bagian, Gangguan & Cara Merawat Tulang Kering di Bawah Ini.

Pengertian Tulang Kering

Tulang kering (tibia), merupakan salah satu dari 2 tulang yang lebih besar dan kuat yang terletak di bawah lutut pada vertebrata, dan yang satunya lagi adalah tulang lutut (Fibula).

Tulang kering inilah yang akan menghubungkan lutut dan tulang pergelangan kaki.

Tulang ini juga, adalah tulang yang paling kuat dalam memikul beban yang berat, tulang kering ini bisa ditemukan di sebelah tulang lutut.

Yang mana tulang kering ini juga merupakan tulang terbesar ke-2 dalam bagian tubuh manusia, yang terbesar adalah tulang paha (femur).

Dikenal dengan sebutan tibia, hal ini berdasarkan sari seorang pemain flute Yunani, yang Aulos yang mana beliau ini juga dikenal sebagai Tibia.

Selian itu, Tulang kering berfungsi untuk penyambung lengan, pada tulang kering terdapat sumsum merah yang kaya akan darah merah, bentuk tulang ini yakni berbentuk pipa.

Bagian-Bagian Tulang Kering

Sudah di jelaskan di atas tadi, bahwa tulang kering merupakan jenis tulang besar yang memiliki struktur kuat yang bisa kita lihat di kaki bagian bawah yang mana tulang ini menghubungkan lutut dengan pergelangan kaki.

Tulang kering ini bentuknya seperti pipa yang dalamnya berisi sumsum merah dan kaya akan darah merah.

Meskipun ada 2 tulang pada kaki bagian bawah, tulang kering inilah yang merupakan tulang yang ukurannya lebih besar serta memiliki tekstur lebih kuat.

Nama lain dari tulang kering adalah Tibia yang berasal dari bahasa latin yang artinya adalah “seruling”.

Tulang tersebut merupakan tulang yang ke-2 paling besar yang terdapat di dalam tubuhnya manusia.

Sementara tulang yang ukurannya kecil dikenal dengan nama tulang betis dan fibula, dengan demikian fungsi tulang betis dengan tulang kering tentunya berbeda.

Fungsi Tulang Kering

Fungsi Tulang Kering
Gambar Tulang Kering

Seperti yang telah di bahas sebelumnya, yang mana Tulang kering atau (tibia) ini merupakan tulang yang mampu memikul beban berat dibanding dengan jenis tulang yang lain.

Meskipun memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding ukuran tulang paha, tulang ini memiliki banyak sekali fungsi. Lalu apa fungsi dari tulang kering?

NoFungsi Tulang Kering
1Menstabilkan tubuh ketika berdiri
2Menyangga Otot yang ada pada tungkai bawah
3Menopang berat badan
4Menggerakan Pergelangan kaki
5Melindungi jaringan yang ada pada bagian tulang kering
6Tulang yang berfungsi menyambung lengan.
7Tulang yang berfungsi sebagai penghubung lutut ke pergelangan kaki.
8Berfungsi membentuk bagian dari kerangka kaki bagian bawah
9Berfungsi menyambungkan lengan
10Tulang penyangga bagian tubuh atas

Tulang kering termasuk kategori tulang panjang yang panjangnya sama dengan tulang paha. Tulang ini juga isinya diafisi & 2 epifisis.

Diafisis adalah bagian tengah dari tulang kering, sementara, epifisis merupakan bagian bulat yang terdapat di bagian ujung tulang.

Terdapat empat sendi yang tergolong ke dalam tulang . Apa saja sendi sendi yang menempel di tulang kering

  1. Pergelangan kaki
  2. Lutut & interior lutut
  3. Sendi tibiofibular superior

Kondisi Yang Menurunkan Fungsi Tulang Kering

Kaki merupakan bagian yang sangat penting bagi manusia dalam melakukan aktivitas sehari hari, namun bagian tubuh yang satu ini sering mengalami cedera daripada bagian tubuh lainnya.

Dari mulai cedera ringan sampai cedara berat dapat dialami pada bagian tungkai, terutama pada tulang kering ini.

Adapun cedera atau kondisi yang dapat menurunkan fungsi tulang kering, diantaranya sebagai berikut :

  1. Cedera tulang kering (shin splints)
    Apabila terjadi cedera pada tulang kering ini tentunya akan terasa nyeri di bagian tulang kering.

    Cedera tersebut biasanya akan di alami oleh para atlet pelari, anggota penari bahkan militer, dan lainnya.

    Terjadinyacedera tulang kering ini akibat peningkatan dari aktivitas yang bisa membuat sendi, otot, dan juga jaringan tulang yang bekerja terlalu keras.
  2. Patah tulang kering
    Keadaan seperti ini bisa saja terjadi apabila bagian tulang kering terjadi benturan atau hantaman dari benda yang keras atau sesuatu yang kekuatannya melebihi tulang tersebut.
  3. Infeksi tulang (osteomyelitis)
    Infeksi tulang biasanya disebabkan oleh bakteri jenis staphylococcus aureus. Bakteri tersebut akan menginveksi pada bagian tulang melalui aliran darah.

    Secara normal, bakteri penyebab infrksi tersebut ada di permukaan kulit & tanpa menimbulkan masalah kesehatan tubuh lainnya.
    Kendati demikian, kalian harus berhati-hati, sebab bakteri tersebut dapat berbalik menyerang ketika sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan.
  4. Pelemahan tulang (osteomalacia)
    Yang satu ini merupakan keadaan kelaian tulang yang menjadikan tulang jadi gampang sekali melengkung hingga terjadi patah.

    Pelemahan tulang ini akan di alami ketika proses pembentukan tulang mengalami gangguan, maka tulang menjadi tidak dapat mengeras, selain itu melemahnya tulang kering ini terjadi sebab kekurangan vitamin D.
  5. Osteoporosis
    Osteoporosis merupakan kondisi yang mengakibatkan tulang jadi rapuh & keropos sebab kekurangan kalsium, hal ini disebabkan karena kepadatan tulang yang menurun.

    Maka mudah mengalami patah tulang. Patahnya tulang disebabkan oleh osteoporosis sering kali dialami di bagian tulang belakang, pinggul, dan juga pergelangan tangan.

Baca Juga : Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Cara Mencegah Gangguan/Cedera Tulang Kering

Cara Mencegah Resiko Cedera Tulang Kering
Cara Mencegah Resiko Cedera Tulang Kering

Berikut ini beberapa cara atau panduan untuk mencegah risiko cedera tulang kering yang bisa kalian coba, apa cara mencegah resiko cedera tulang kering :

  1. Sering melakuakan pemanasan / peregangan sebelum dan setelah melakuakan berolahraga
  2. Melakukan lari-lari kecil di permukaan tanah yang rata
  3. Pilihlah sepatu yang sesuai untuk berolahraga.
  4. Kombinasikan olahraga berat &ringan, seperti renang dan lari
  5. Turunkan berat badan jika kalian mengalami obesitas
Apa itu tulang kering?

Tulang kering (tibia), merupaknan salah satu dari 2 tulang yang lebih besar dan kuat yang terletak di bawah lutut pada vertebrata, dan yang satunya lagi adalah tulang lutut (Fibula).

Apa fungsi dari tulang kering?

Tulang kering berfungsi untuk penyambung lengan, pada tulang kering terdapat sumsum merah yang kaya akan darah merah, bentuk tulang ini yakni berbentuk pipa.

Cara Mencegah Risiko Cedera Tulang Kering

1. Sering melakuakan pemanasan / peregangan sebelum dan setelah melakuakan berolahraga
2. Melakukan lari-lari kecil di permukaan tanah yang rata
3. Pilihlah sepatu yang sesuai untuk berolahraga.
4. Kombinasikan olahraga berat &ringan, seperti renang dan lari
5. Turunkan berat badan jika kalian mengalami obesitas

Demikianlah pembahasan kami mengenai Fungsi Tulang Kering. Baca Juga artikel sebelumnya mengenai Materi Fungsi Otot Polos. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Fungsi Tulang Kering Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca