Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Fungsi Tulang Pengumpil

2 min read

Fungsi Tulang Pengumpil

Tulang pengumpil merupakan tulang batang dengan 2 ujung yang ukurannya lebih pendek dibanding dengan tulang ulna yang terletak di sisi lateral lengan bawah. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah Materi Makalah Fungsi Tulang Pengumpil, Pengertian, Bagian, Letak, dan Gambar di bawah ini.

Pengertian Tulang Pengumpil

Tulang pengumpil merupakan tulang batang dengan 2 ujung yang ukurannya lebih pendek dibanding dengan tulang ulna yang terletak di sisi lateral lengan bawah.

Radius, merupakan sebutan lain dari tulang pengumpil. Radius sendiri adalah tulang yang menyusun bagian lengan bawah yang bekerja sama dengan tulang hasta. Adapun fungsi tulang hasta dengan tulang pengumpil ini hampir sama.

Pada bagian dalam dari tulang pengumpil ini terdapat sumsum tulang. Tulang pengumpil memiliki bentuk seperti pipa, Panjang dengan bagian ujungnya besar dan memiliki rongga.

Di bagian ujung tulang pengumpil menempel sebuah otot yang berfungsi menggerakkan lengan bagian bawah.

Tulang pengumpil letaknya sejajar dengan tulang hasta. Namun tulang pengumpil ini berada dibagian bawah yakni satu garis dengan kelingking.

Otot yang melekat di bagian tulang penumpil membantu dalam menggerakan tulang lengan bagian bawah serta mengontrol pergerakan pada siku.

Tulang pengumpil dengan tulang hasta ini juga menempel pada tulang atas dengan sendi siku.

Fungsi Tulang Pengumpil

Fungsi Tulang Pengumpil
Gambar Fungsi Tulang Pengumpil

Adapun fungsi tulang pengumpil antara sebagai berikut :

1Sejajar dengan ulna (tulang hasta)
2Pengontrol ataupun mengatur pergerakkan siku
3Berfungsi memperkuat lengan bawah
4Penghubung antar jari dengan tulang lengan atas
5Tulang yang mngatur pergerakan tangan
6Sebagai tulang yang menyusun lengan bagian bawah
7Berperan menggerakkan jari
8Sebagai tumpuan penguat lengan
9Terletak sum sum tulang
10Tulang pengumpil berperan menyusun dalam lengan bagian bawah
11Sebagai tulang yang berfungsi untuk menggerakkan tubuh bagian atas.
12Tulang yang berperan menyusun lengan bagian bawah
13Tempat menempelnya otot lengan

Dalam melakukan fungsinya, tulang pengumpil atau radius ini dibantu oleh tulang hasta.

Yang mana kedua tulang tersebut memiliki atau bentuk ukuran seperti pipa, panjang dan pada bagian ujungnya yang membesar dan juga memiliki rongga yang berada ditengah tulang yang berbentuk seperti sebuah pipa. Pada bagian tengah terdapat rongga, dan juga terdapat sebuah sum-sum tulang.

Bagian ujung tulang hasta (Ulna) dan tulang pengumpil akan menempel di otot yang berperan dalam menggerakkan lengan bawah yang akan bergerak naik dan juga turun dengan sendi engsel yang terletak pada siku.

Salah satu dari tulang hasta (Ulna) dan tulang pengumpil ini otomatis menempel pada sebuah tulang lengan atas serta ujung lain dari bagian tulang pengumpil ini tadi menempel kepada tulang pergelangan tangan.

Baca Juga : Fungsi Tulang Kering

Bagian – Bagian Tulang Pengumpil

bagian tulang pengumpil
Bagian Tulang Pengumpil

Tulang adalah jaringan ikat yang terdiri dari sel , serat serta matriks eltraseluler.

Matriks tulang tersebut merupakan bagian yang bertekstur keras yang letaknya berada dilapisan terluar tulang, serta matriks tersebut terjadi sebab adanya pengendapan mineral dalam tulang.

Sehingga tulang tersebut aka mengalami kalsifikasi maka terbentuklah matriks tulang tersebut.

Berdasarkan fungsi dari tulang pengumpil ini, sistem kerja tulang pengumpil ketika saraf pusat akan menghantarkan rangsangan atau sering kali disebut dengan potensial aksi.

Potensial aksi ini sendiri akan dihantarkan ke sel saraf motorik yang selanjutnya sel saraf motorik akan mengeluarkan unsur kimia yang disebut dengan asetilkolin, setelah itu berhubungan dengan reseptor dengan melalui permukaan otot, dari hal ini kemudian akan menghasilkan reaksi di setiap proses kerja otot.

Seperti yang dibahas sebelumnya, bahwa pada tulang pengumpil melekat beberapa otot. Lalu apa saja otot yang melekat pada tulang pengumpil?

1Otot pronator quadratus
2Otot flexor pollicis longus
3Otot pronator teres
4Otot supinator
5Otot biceps brachii
6Otot extensor pollicis brevis
7Otot abductor pollicis longus
8Otot brachioradialis
9Otot flexor digitorum superficialis

Pada anak-anak yang masih berumur 4 tahun, pertumbuhan tulang tersebut dimulai dari tengah kepala tulang. Ketika sudah berumur 10 tahun, maka akan terjadi pertumbuhan di olecranon.

Kemudian, di umur 16 tahun, bagian superior tulang telah benar-benar bersendi dengan humerus, serta di bagian bawah terjadi pada usia kira-kira ketika berumur 20 tahun.

Baca Juga : Tulang Pergelangan Tangan

Apa fungsi dari tulang pengumpil?

1. Sebagai tulang yang berfungsi untuk menggerakkan tubuh bagian atas.
2. Tulang pengumpil berperan menyusun dalam lengan bagian bawah
3. Mengatur pergerakan tangan bagian bawah
(Lebih lengkapnya cek artikel)

Sebutkan bagian-bagian dari tulang pengumpil?

Matriks tulang tersebut merupakan bagian yang bertekstur keras yang letaknya berada dilapisan terluar tulang, serta matriks tersebut terjadi sebab adanya pengendapan mineral dalam tulang.

Apa itu tulang pengumpil?

Tulang pengumpil merupakan tulang batang dengan 2 ujung yang ukurannya lebih pendek dibanding dengan tulang ulna yang terletak di sisi lateral lengan bawah.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Fungsi Tulang Pengumpil. Baca Juga artikel sebelumnya mengenai Materi Fungsi Tulang Betis. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Fungsi Tulang Pengumpil Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca