Ilham Zulfikar Riwayat Penulis : Alumni Universitas Lampung, Jurusan MIPA. Angkatan 2010. Guru Perivat dan Penulis Website Yang Berhubungan dengan Skill dibidang MIPA

Fungsi Vakuola

3 min read

Fungsi Vakuola

Fungsi vakuola sendiri tergantung pada jenis sel yang ditemukan. Salah satu fungsi dari vakuola adalah untuk mengisolasi bahan-bahan yang berbahaya bagi sel. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah Materi makalah tentang vakuola, pengertian, jenis, struktur, dan gambar di bawah ini.

Pengertian Vakuola

Vakuola adalah sebuah organel sel berupa kantong-kantong yang memiliki membran besar. Adapun vakuola yang ukurannya kecil sering di sebut vesikel.

Selain itu, vakuola memiliki struktur serta fungsi yang bervariasi vakuola bisa ditemukan pada sel tumbuhan dan juga pada sel hewan.

Vakuola pada sel tumbuhan, biasanya mampu mengisi sebanyak 90% volume sel.

Vakuola dibungkus oleh tonoplas, yakni membran tunggal yang mengatur pertukaran material antara sitoplasma & cairan di dalam vakuola.

Cairan vakuola mengandung air, (seperti nitrogen, oksigen, dan karbondioksida), kristal, pigmen, asam, & garam,

Pada tumbuhan, vakuola berfungsi untuk menyimpan materi serta menjaga tekanan internal air atau dalam ilmiah disebut dengan tekanan turgor.

Vakuola dianggap berbeda isinya dari sitoplasma serta diklasifikasikan sebagai ergastic. Vakuola memiliki peran utama dalam sutofagositosis, dan utnuk menjaga keseimbangan antara biogenesis serta degradasi banyak zat dan struktur sel.

Tidak hanya itu, vakuola juga membantu dalam penghancuran bakteri yang menyerang atau protein yang gagal melipat kemudian mulai melakukan penumpukan di dalam sel.

Vakuola merupakan organel yang terikat oleh membran yang ditemukan dalam sel-sel tumbuhan dan sel hewan.

Sel tumbuhan biasanya memiliki vakuola sentral yang besar, sementara vakuola pada sel hewan cenderung lebih kecil di banding vakuola pada sel tumbuhan.

Vakuola juga berperan dalam mempertahankan pH asam internal. Hal ini memungkinkan mereka dalam mendenaturasi protein yang gagal dilipat dan ditransfer ke vakuola dari sitoplasma.

Vakuola juga membantu menghilangkan bahan yang tidak layak atau bahan yang mengandung racun dari sel-sel dengan mengekspor mereka ke membran sel.

Peran utama dari vakuola sentral yakni untuk menjaga tekanan turgor dinding sel. Protein bisa ditemukan dalam tonoplast mengontrol aliran air masuk maupun yang keluar dari vakuola melalui transpor aktif, memompa kalium (K +) ion masuk dan keluar dari interior vakuolar.

Karena osmosis, air kemudian akan berdifusi ke dalam vakuola, lalu menempatkan tekanan pada dinding sel. Baca Juga : Fungsi Membran Sel

Tekanan turgor yang trnasfer oleh vakuola juga berguna untuk perpanjangan seluler : sebagai dinding sel sebagian rusak oleh aksi auksin, dinding masih tidak terlalu kaku akan diperluas oleh tekanan yang datang dari dalam vakuola.

Vakuola juga bisa membantu beberapa sel tanaman untuk mencapai ukuran yang cukup besar.

Vakuola baru bisa dibentuk dalam sel seperti amuba untuk menelan materi yang berada di luar sel dan membawanya ke dalam. Proses ini disebut dengan endositosis.

Pada tumbuhan, vakuola berfungsi untuk menyimpan air dan mempertahankan tekanan internal hidrostatik sel.

Dengan memberikan tekanan dalam sel tanaman, vakuola bisa memungkinkan tanaman untuk mendukung daun & bunga mereka.

Bilamana kehilangan air maka akan menyebabkan penurunan yang sangat drastis pada tekanan turgor, sel akan plasmolyse.

Pada beberapa protista (protozoa) dan spons, vakuola bersifat spesifik. Vakuola dapat berupa vakuola kontraktil dan vakuola makanan.

Vakuola kontraktil berperan mengatur keluar dan masuknya air, sedangkan vakuola makanan untuk menyimpan atau mencerna makanan yang telah masuk.

Fungsi Vakuola

Vakuola
Gambar Vakuola

Fungsi vakuola sendiri tergantung pada jenis sel yang ditemukan. Salah satu fungsi dari vakuola adalah untuk mengisolasi bahan-bahan yang berbahaya bagi sel.

Fungsi utama dari vakuola yakni mengandung produk limbah dari sel dan mengisolasi mereka dari sisa organel & sitoplasma.

Vakuola bisa didefinisikan sebagai reservoir non hidup, yang dibatasi oleh membran berbeda / secara selektif permeabel, tonoplast. Struktur tonoplast serupa dengan unit membran tunggal.

Baca Juga : Fungsi Nukleus

Tergantung pada konten & fungsi, vakuola terbagi menjadi 4 jenis:

  1. Vakuola Getah
  2. Vakuola Kontraktil
  3. Vakuola Makanan
  4. Vakuola gas (udara).

Selain fungsi utama berikut ini adalah fungsi lain dari vakuola :

  • Untuk menghapus puing-puing struktural yang tidak dibutuhkan.
  • Untuk mengisolasi bahan yang mungkin berbahaya / beracun atau ancaman bagi sel.
  • Vakuola berperan dalam pembesaran selama pertumbuhan sel mereka dengan melakukan pembesaran sendiri, endosmosis serta menyediakan bahan-bahan yang disimpan.
  • Mengaktifkan sel untuk berubah bentuk.
  • Protein yang ditemukan dalam tonoplast dapat mengontrol aliran air yang masuk dan keluar dari vakuola melalui transpor aktif, memompa ion kalium ke dalam & keluar dari interior vakuolar.
  • Tanin, alkaloid, dan racun yang terkandung atau yang ada dalam vakuola melindungi tumbuhan dari hewan herbivora.
  • Berperan dalam mempertahankan tekanan hidrostatik internal maupun turgor dalam sel.
  • Untuk mempertahankan pH internal yang asam.
  • Sebagai pengekspor zat yang tidak diinginkan atau tidak dibutuhkan dari sel.

Jenis Jenis Vakuola

Fungsi Vakuola
Gambar Vokuola

Vakuola terbagi menjadi 2 jenis, yakni vakuola kontraktil dan vakuola nonkontraktil (vakuola makanan), yang masing masing masing vakuola tersebut memiliki fungsi tersendiri :

Vakuola kontraktil berfungsi untuk osmoregulator yakni sebagai pengatur nilai osmotik sel atau ekskresi.

Vakuola nonkontraktil berfungsi untuk mencerna makanan & mengedarkan hasil makanan.

Struktur Vakuola

Zat yang terlarut menyerupai garam mineral, enzim, basa, asam, alkaloid, dan lain sebagainya. Setiap zat sendiri memiliki kegunaan atau fungsi yang tidak sama.

Meskipun tidak sama dalam kegunaannya tetap saling membentuk satu kesatuan di dalam tubuh sel hewan atau pun sel pada tumbuhan.

Selain itu, zat ini juga saling bekerja sama agar kinerjanya menjadi lebih sempurna. Jadi fungsi dari vakuola sendiri juga sangat penting di dalam orgnel.

Apa fungsi vakuola?

Fungsi utama dari vakuola yakni mengandung produk limbah dari sel kemudian mengisolasi mereka dari sisa organel & sitoplasma.

Sebutkan jenis jenis vakuola?

Vakuola terbagi menjadi 2 jenis, yakni vakuola kontraktil dan vakuola nonkontraktil (vakuola makanan),

Apa itu vakuola?

Vakuola adalah sebuah organel sel berupa kantong-kantong yang memiliki membran besar.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Fungsi Vakuola baca juga pembahasan kami kemarin tentang fungsi lisosom, semoga bermanfaat.

Ilham Zulfikar Riwayat Penulis : Alumni Universitas Lampung, Jurusan MIPA. Angkatan 2010. Guru Perivat dan Penulis Website Yang Berhubungan dengan Skill dibidang MIPA
Fungsi Vakuola Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca