Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Fungsi Vas Deferens

3 min read

Fungsi Vas deferens

Rumusguru.com – Vas deferens disebut juga dengan saluran epididimis. Epididimis adalah saluran lurus yang berakhir di prostat. Vas deferens bertanggung jawab untuk mengangkut sperma dari epididimis ke tuba falopi.

Vas deferens juga bertindak sebagai reservoir air mani sebelum dikeluarkan melalui penis. Vas deferens disuplai oleh Arteri biasanya berasal dari arteri vesikalis superior cabang dari arteri iliaka interna.

Dalam proses Ejakulasi otot polos di dinding vas deferens mengencang, memungkinkan sperma berkembang. Ini dikenal sebagai peristaltik. Sperma dipindahkan dari setiap deferens ke dalam uretra, sedikit bercampur dengan organ sekresi dari kelenjar seks pria prostat, dan kelenjar bulbourethral, ​​yang menyusun sebagian besar sperma.

Lebih lengkapnya simaklah pembahasan kami mengenai Materi Fungsi Van deferens yang meliputi Pengertian, Struktur, Fungsi, Letak, dan Gambar di bawah ini.

 

Pengertian Vas Deferens

Vas Deferens adalah lanjutan dari duktus epididimis. Vas Deferens yaitu ialah saluran panjang dan juga lurus yang mengarah keatas dan berujung di kelenjar prostat.

Vas deferens dilapisi oleh epitel yang agak rendah. Vas deferens tidak menempel di testis serta berada ujung saluran terdapat di dalam kelenjar prostat.

Vas deferens memiliki fungsi sebagai saluran tempat jalannya sperma dari epididimis menuju kantung semen atau vesikula seminalis.

Selain itu, Vas deferens atau dalam bahasa ilmiah dikenal juga dengan ductus deferens yang merupakan sebuah tabung yang dimiliki juga oleh kebanyakan hewan bertulang belakang (jantan) yang berfungsi menyalurkan sperma dari epididimis pada saat mengeluarkan sperma (ejakulasi).

Vas Deferens posisinya membentang dari epididimis ke uretra. Vas deferens juga memiliki fungsi lain yakni menjadi tempat penyimpanan sperma sebelum ejekulasi atau dikeluarkan melalui alat kelamin (penis).

Yang mana saluran ini berakhir di epididimis. Saluran Vas Deferens juga menghubungkan testis (kelenjar kelamin jantan) dengan kantong sperma.

Kantong sperma ini memiliki peran dalam menampung sperma yang dihasilkan oleh kelenjar kelamin jantan (testis).

Baca Juga : Fungsi Ureter

 

Fungsi Van Deferens

Fungsi vas deferens
Fungsi utama vas deferens untuk penyaluran sperma dari epididirmis ketika terjadinya ejakulasi tempat penyimpanan sperma sebelum dikeluarkan.

Pembahasan :

Vas deferens adalah sebutan lain daripada ductus deferens yang mana merupakan sebuah tabung yang biasanya akan dimiliki oleh vertebrata jantan atau hewan yang memiliki tulang belakang yang akan berfungsi untuk melakukan penyaluran terhadap sperma dari epididimis sebelum terjadinya ejakulasi.

Yang mana saluran daripada vas deferens itu sendiri akan bermuara pada epididimis. Melakukan penghubungan testis dengan kantong sperma untuk penampungan sperma ketika diciptakan testis.

Baca Juga : Fungsi Uretra

 

Struktur Vas Deferens

Struktur Vas Deferens

Berdasarkan pengertian van deferens di atas, bahwa Vas deferens yakni ialah lanjutan langsung dari epididimis.

Struktur ini memiliki panjang 45 cm yang awalnya dari ujung bagian bawah epididimis kemudian naik di sepanjang aspek posterior testis dalam bentuk beberapa gulungan bebas.

Sesudah meninggalkan bagian belakang kelenjar kelamin jantan atau yang disebut dengan testis, vas deferens akan melewati korda spermatika ke abdomen .

Vas deferens dabat teraba sebagai tali yang bertekstur keras pada aspek posterior korda spermatika saat melewati skrotum menuju cincin inguinalis superfisial.

Setelah masuk ke dalam abdomen vas deferens akan melengkung ke arah medial menyilang arteri di iliaka ekterna menuju ke pelvis.

Dari sana, vas deferens akan menyilang saraf dan juga pembuluh darah obturator dan pembuluh vesikular.

Vas deferens & duktus vesikula seminalis akan bersama-sama membentuk duktus ejakulatoris yang kemudian bermuara pada uretra bagian prostat.

Setelah itu, vas deferens kemudian menyilang ureter untuk menuju duktus vesikula seminalis.

Duktus ejakulatoris memiliki ukuran yang pendek yaitu hanya (2,5 cm) dan berada sangat dekat dengan duktus kontralateral nya pada saat menuju bagian depan melalui prostat.

Kontrasepsi Yang Sesuai

Prosedur pemberlakuan deferentektomi, juga dikenal sebagai vasektomi, adalah prosedur kontrasepsi yang memotong pembuluh darah. Ini juga disebut vasektomi, meskipun tidak melibatkan pemotongan untuk menghambat aliran dari sperma.

Aplikasi Pada Fisiologi Serta Farmakologi

Vas deferens memiliki kecenderungan simpatis, menjadikannya alat yang efektif untuk mempelajari saraf simpatis dan mempelajari obat yang mengubah proliferasi vaskular.

Simak keterangan berikut ini:

No

Kegunaan Fisiologi Serta Farmakologi

01

·         bioassay untuk penemuan enkefalin, opiat endogen.

02

·         mendemonstrasikan transmisi kuantitatif dari terminal saraf simpatis.

03

·         ukuran pertama dari konsentrasi Ca 2+ bebas di saraf postganglionik.

04

·         mengembangkan metode optik memantau transmisi paket (mirip transmisi kuantal).

 

Letak Vas Deferens

Vas deferens meluas dari epididimis ke arteri/ uretra. Vas deferens juga bertindak sebagai reservoir air mani sebelum dikeluarkan melalui penis. Proses ini berasal dari epididimis. Metode Vas Deferens menghubungkan testis dengan sperma.

 

Perbandingan Antara Vas Everens Dan Vas Deferens

Vas eferens dan vas deferens adalah organ pria yang menjalankan berbagai fungsi berbeda. Ada banyak hal reproduksi tubuh pria, diantaranya testis seperti alat kelamin bagian dalam, skrotum serta penis seperti organ luar dan membesar atau perifer yang mengandung uretra penis, epididimis, vas deferens dan vas eferens.

Perbedaannya adalah:

Vas Everens

Vas Deferens

·         Vas eferens disebut dengan vase eferensia (duktus eferen).

·         Vase eferens ialah saluran pelengkap.

·         Vase eferensia ialah komponen langsung pada testis berukuran pendek.

·         Bekerja mengeluarkan sperma kepada epididimis.

 

·         Vas deferens panjang 18inc juga tebal terletak di belakang kandung kemih.

·         Vas deferens memiliki dinding otot-otot yang licin.

·         Vas deferens bersatu dengan ekskresi vesikula seminalis kemudian membentuk duktus ejakulasi lalu bekerja mengantarkan sperma kepada uretra.

 

 

Komplikasi Pada Epididimitis

Beberapa kemungkinan efek samping epididimitis adalah:

·         Munculnya abses pada skrotum.

·         Berkurang kesuburan.

·         Robek lapisan skrotum.

·         Matinya jaringan testis akibat kekurangan darah.

 

Penyakit Yang Dapat Menyerang

Vas deferens mungkin tertutup atau ditemukan seluruhnya dalam kondisi yang dikenal sebagai vas deferens bawaan (CAVD, yang dapat disebut fibrosis kistik), yang menyebabkan kesuburan pria. Penghambatan yang terjadi dapat terjadi sebagai akibat dari penyakit. Untuk mengatasi risiko infertilitas ini, sperma dapat diambil dengan ekstraksi sperma testis (TESE), aspirasi sperma epididimis mikro (MESA), atau metode ekstraksi sperma langsung lainnya dari testis atau epididimis.

Pengobatan Pada Epididimitis

Pengobatan epididimitis berupaya memerangi penyakit dan mengurangi gejalanya. Salah satunya adalah obat resep, seperti:

Antibiotik. Antibiotik harus diminum walaupun gejalanya membaik, untuk memastikan penyakitnya hilang.

Pereda Nyeri. Untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh epididimitis, dokter Anda mungkin meresepkan obat pereda nyeri.

Selain pengobatan, pasien bisa berpraktik di rumah untuk mengobati epididimitis. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Berbaring di tempat tidur minimal 2 hari, (mengangkat Skrotum)
  2. Kompres pada Skrotum menggunakan air dingin.
  3. Hindari membawa beban yang berat.

Tips And Triks

Jika epididimitis tidak sukses ditangani dengan baik dengan obat-obatan, dokter Anda pasti menganjurkan operasi. Proses ini dapat terjadi jika nanah keluar dari epididimis. Bahkan jika telah parah pasien terpaksa menjalani epididimektomi (operasi pengangkatan saluran epididimis).

 

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Fungsi Vas Deferens. Baca juga pembahasan kami kemarin tentang Fungsi vakuola. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke website kami. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Fungsi Vas Deferens Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Fungsi Jantung

Ami Alhasani
7 min read

Pengertian Kata Rujukan

Ami Alhasani
3 min read