Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Fungsi Zat Besi

3 min read

Fungsi Zat Besi

Fungsi zat besi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel. Zat besi merupakan suatu zat dalam tubuh manusia yang erat dengan ketersediaan jumlah darah yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Pengertian Zat Besi

Zat besi merupakan suatu zat dalam tubuh manusia yang erat dengan ketersediaan jumlah darah yang dibutuhkan oleh tubuh manusia tersebut. Dalam tubuh manusia zat besi memiliki fungsi yang sangat penting.

Adapun fungsi zat besi bagi tubuh manusia yaitu untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel.

Baca Juga : Fungsi Mikrotubulus

Fungsi Zat Besi

Zat Besi
Gambar Zat Besi

Berikut ini adalah fungsi dari zat besi bagi tubuh manusia, beserta penjelasannya :

1. Pembentukan Hemoglobin (Hb)

Pembentukan hemoglobin ini merupakan fungsi atau manfaat zat besi yang paling utama.

Hemoglobin (Hb) bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh dan memberikan warna merah pada sel darah merah.

Hemoglobin sangat penting dan selalu diproduksi oleh tubuh karena manusia seringkali kehilangan darah disebabkan oleh hancurnya sel darah merah karena memang sudah saatnya rusak, melalui luka, baik luka dalam dan juga luka luar.

Bagi wanita akan banyak kehilangan darah setiap bulan selama periode menstruasi , itulah kenapa wanita lebih berisiko menderita anemia dibandingkan dengan aki-laki.

Apabila seseorang kekurangan zat besi sehingga hemoglobin menjadi rendah maka bisa menyebabkan kekurangan darah difisiensi besi.

2. Fungsi Untuk Otot

Fungsi Zat besi juga sangat penting bagi kerja otot, karena zat besi merupakan unsur penting yang ada pada otot yang berupa mioglobin.

Dimana mioglobin mengangkut oksigen dari hemoglobin dan berdifusi ke seluruh sel-sel otot manusia.

Jika kekurangan atau tidak ada zat besi maka otot akan kehilangan kekuatan dan elastisitasnya; sehingga kelemahan otot adalah salah satu tanda yang paling jelas dari anemia akibat kekurangan zat besi.

3. Fungsi Untuk Otak

Peningkatan perkembangan otak juga menjadi salah satu dari sekian banyak manfaat zat besi.

Karena asupan oksigen dalam darah dibantu oleh besi dan tentunya ini sangat penting karena otak menggunakan atau memerlukan sekitar 20% oksigen darah.

Dengan demikian zat besi secara langsung memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan dan fungsi otak.

Hal ini akan menunjang kegiatan kognitif dan membantu untuk menciptakan jalur saraf baru untuk mencegah gangguan kognitif seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

4. Pengaturan Suhu Tubuh

Zat besi merupakan fasilitator penting untuk membuat enzim yang berperan pada metabolisme energi  dan pengaturan suhu tubuh manusia.

Bagi seseorang dengan anemia defisiensi zat besi maka fungsi pengaturan suhunya akan terganggu.

5. Metabolisme Energi

Fungsi zat besi lainnya yaitu sebagai bagian penting metabolisme energi dalam tubuh manusia. Metabolisme sendiri merupakan reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme

Di dalam sel zat besi merupakan komponen tubuh yang membentuk enzim yang membantu proses terjadinya pembentukan energi.

Sumber energi bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi dan kemudian didistribusikan ke seluruh bagian tubuh manusia.

6. Sistem Enzim 

Zat besi juga merupakan bagian penting dari berbagai sistem enzimatik karena berikatan dengan beberapa enzim tubuh untuk menjalankan peran dan fungsinya bagi tubuh.

Baca Juga : Fungsi Organel Sel

Jenis Makanan yang Mengandung Zat Besi

Makanan yang mengandung zat besi

Berikut ini adalah jenis jenis makanan yang banyak mengandung zat besi serta memiliki kandungan lainnya yang baik bagi tubuh manusia, yakni diantaranya :

1. Daging merah

Daging merah merupakan bahan makanan hewani yang banyak di gemari oleh banyak prang. Contoh daging merah ini seperti daging sapi.

Dalam 100 gram daging sapi segar mengandung 187 kkal energi, 6,63 gram lemak, 29,81 protein; dan 1,98 mg zat besi (11% dari kebutuhan harian), selain itu juga kaya akan protein.

2. Kuning telur

Telur merupakan sumber makanan yang mudah didapat ini, yang mana telur kaya akan semua mineral, termasuk besi, dan vitamin B.

Kandungan Zat besi pada telur yang banyak yaitu pada kuningnya. Kandungan zat besi pada satu butir kuning telur sekitar 1,08 mg (6 % dari kebutuhan harian).

3. Ikan

Ikan terkenal dengan kandungannya yang kaya akan omega-3 dan omega 6. Ikan baronang diketahui mengandung zat besi dengan total jumlah 3,8 mg per 100 gram.

Selain itu ikan sarden juga mengandung 1,98 mg (yang artinya 11% dari kebutuhan harian) zat besi per 100 gram.

4. Sayuran

Sayuran apapun yang berdaun hijau, seperti bayam, daun singkong, kangkung, dan sawi mengandung zat besi yang cukup banyak.

Sebuah sumber alternatif zat besi bagi mereka yang menghindari makanan produk hewani.

5. Kacang – Kacangan

Kacang polong, dan kacang kedelai merupakan jenis kacang yang mudah di jumpai dan mudah diolah.

Dalam 100 gram kacang kedelai mengandung 10 mg zat besi. Sedangkan dalam 100 gram kacang polong mengandung 1,08 mg ( yang artinya mengandung 6 % dari kebutuhan harian) zat besi.

6. Buah kering

Jenis buah yang mengandung zat besi yaitu seperti kismis, plum. Dalam ½ cangkir kismis terdapat 1,9 mg zat besi dan dalam 1 cangkir plum terdapat 1 mg zat besi.

Sebutkan fungsi zat besi ?

Fungsi zat besi yaitu untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel

Jenis makanan yang mengandung zat besi ?

1. Daging merah
2. Kuning telur
3. Sayuran
4. Kancang – Kacangan
5. Ikan
6. dan Jenis Buah Kering

Apa itu zat besi ?

Zat besi merupakan suatu zat dalam tubuh manusia yang erat dengan ketersediaan jumlah darah yang dibtuhkan oleh tubuuh manusia tersebut.

Apa akibat kekurangan zat besi ?

1. Rambut Rontok
2. Muka Pucat
3. Pusing dan Sakit Kepala
4. Dll

Demikianalah pembahasan kami mengenai kelebihaan Fungsi Zat Besi bagi tubuh manusia baik itu bayi maupun ibu hamil. Baca juga pembahasan kami kemarin tentang fungsi vakuola, Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Fungsi Zat Besi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca