Gabung PDF Gratis

Gabung PDF Gratis

RumusGuru.com – Gabung PDF Gratis di bawah ini akan membantu kalian untuk mempermudah proses penggabungan dua file PDF menjadi satu.

Namun sebelum kita bahas bagaimana caranya, di sini kita akan membahas lebih dulu mengenai PDF.

 

PDF Adalah

PDF adalah singkatan dari Portable Document Format, PDF ini merupakan berkas berformat yang mulanya dikembangkan oleh Adobe System. Dan tertujuan untuk kebutuhan mengirimkan dokumen secara digital agar lebih mudah dan cepat.

Format dokumen PFD ini pun bisa ditampilkan dalam file 2D dan telah mencakup teks, gambar hingga grafik vektor 2D di dalamnya.

Seiring dengan perkembangan zaman format file PDF menjadi semakin umum digunakan. Sehingga berbagai macam dokumen penting dibuat dalam format PDF seperti ebook hingga dokumen digital lainnya.

Bahkan penggunaan dokumen resmi pun sudah merambah ke format digital dari format word menuju ke format PDF.

Meski begitu, format PDF dianggap memiliki kekurangan sebab tidak bisa diubah dengan mudah seperti dokumen word. Dibutuhkan software khusus untuk mengedit dokumen PDF ini mulai dari memperkecil ukurannya hingga menggabungkan dua dokumen PDF atau lebih menjadi satu.

 

Untuk itu di sini kita akan membantu kalian agar bisa menggabungkan dua file PDF atau lebih menjadi satu file dengan cara yang mudah.

Di sini kita akan menggunakan dua cara, baik yang menggunakan PC atau Laptop dan cara dengan menggunakan aplikasi android.

Simak di bawah ini caranya ya!

 

Gabung PDF Gratis untuk PC atau Laptop

Bagi kalian pengguna perangkat PC dan Laptop, berikut ini adalah cara gabungkan PDF secara gratis dan mudah :

1.) Adobe Acrobat

Adobe Acrobat juga merupakan software yang dikembangkan oleh Adobe System dan fungsinya adalah digunakan untuk mengedit file PDF. Termasuk untuk menggabungkan dua atau lebih file PDF menjadi satu.

Berikut ini caranya :

1.) Sebelum menggabungkan file PDF dengan bantuan Adobe Acrobat, tentu saja kalian harus menginstall software ini lebih dulu di PC atau Laptop sobat ya. Software ini memang berbayat, tapi kalian bisa menggunakan versi standar mau pun versi pro. Kadang beberapa perangkat PC bahkan sudah dilengkapi dengan Adobe Acrobat ini.

2.) Jadi jika kalian sudah punya aplikasinya, langsung saja buka software ini dan klik tombol Create yang letaknya ada di toolbar utama.

3.) Lanjutkan dengan memilih menu Combine File into a Single PDF yang letaknya ada di dalam Create. Fungsi dari menu ini adalah untuk menggabungkan dua atau lebih dari dokumen PDF menjadi satu.

4.) Klik browser yang ada di window yang muncul di layar komputer kalian, lalu cari dokumen yang hendak kalian gabungkan menjadi satu file PDF. Kemduian klik OK lalu dokumen yang sudah kalian pilih pun akan otomatis tersalin ke kotak putih yang ada di sebelah kanan.

5.) Lalu sortir dokumen yang sudah kalian pilih sesuai dengan urutannya, di sini kalian pun bisa menggunakan tombol Remove, Move Up dan juga Move Down agar bisa merapikan data.

Lanjutkan dengan menghilangkan tanda centang yang ada di sebelah tulisan Include all open PDF files jika kalian tak mau menggunakan file PDF yang sudah kalian buka sebelumnya.

6.) Jika dokumen sudah diurutkan maka kalian bisa klik Combine Files, lanjutkan dengan klik OK.

7.) Maka penggabungan dokumen PDF menjadi satu pun sudah selesai dan kalian bisa klik Save As untuk menyimpan dokumen tersebut.

 

3.) Smallpdf.com

Jika cara di atas membutuhkan bantuan software, maka di sini kita akan menggunakan bantuan situs online. Karena tak semua orang mau repot repot menginstall software ya kan? Apalagi jika hanya digunakan sekali dua kali.

Maka kalian bisa memanfaatkan smallpdf, berikut ini caranya :

1.) Masuklah ke browser yang ada pada perangkat PC atau Laptop kalian lalu masuk ke situs www.smallpdf.com.

2.) Lanjut dengan memilih dokumen yang hendak kalian gabungkan lalu klik dan tahan dokumen tersebut. Kemudian seret berkasnya menuju ke jendela berwarna abu abu yang betuliskan Drop PDF Here.

3.) Suntinglah berkas PDF tersebut sesuai dengan urutan yang kalian inginkan.

4.) Jika sudah dirasa rapi, maka klik tombol Merge PDF! Yang ada di bagian bawah untuk menggabungkan file tersebut. Kemudian jika proses penggabungan sudah selesai maka kalian bisa download file nya lalu simpan di perangkat kalian ya.

 

 

Gabung PDF Gratis untuk Android

Cara di atas sangat berguna jika kalian pengguna perangkat PC atau Laptop, lalu jika kalian hanya punya android, lantas bagaimana caranya ya.

Nah, berikut ini caranya :

1.) PDF Utility – Lite

Ternyata ada aplikasi yang bisa digunakan untuk menggabungkan file PDF menjadi satu, aplikasi ini adalah PDF Utilitu Lite. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menggabungkan dua file atau lebih PDF menjadi satu.

Berikut caranya :

1.) Sudah pasti kalian harus memiliki aplikasi ini terlebih dahulu ya, jika belum punya klik tombol di bawah ini :

2.) Jika sudah menginstall aplikasinya kalian bisa langsung buka aplikasinya, dan pilih opsi Merge.

3.) Pilihlah file PDF yang ingin digabungkan dengan klik select file.

4.) Jangan lupa klik tanda checlist yang ada di bagian pojok kiri bawah, dan file pun akan digabungkan dengan cara yang terbilang mudah.

 

2.) Pdf Tool

Aplikasi berikutnya adalah aplikasi berbayar meski begitu untuk mengunduhnya kalian hanya perlu bayar Rp 6 ribu saja. Cukup pantas dengan fungsinya, karena aplikasi ini terbilang memberikan pengalaman terbaik untuk menggabungkan file PDF.

Berikut ini cara menggunakannya :

1.) Pastikan kalian harus memiliki aplikasi ini terlebih dahulu ya, jika belum punya klik tombol di bawah ini :

2.) Lalu pilih opsi Merge.

3.) Lanjutkan dengan memilih beberapa file yang ingin kalian gabungkan.

4.) Kemudian klik tombol merge yang ada di bagian bawah, tunggu hingga proses penggabungan selesai.

5.) Jika sudah selesai, maka file PDF pun sudah berhasil digabungkan.

 

 

Demikian ulasan kali ini mengenai Gabung PDF Gratis baik lewat PC atau android, semoga bermanfaat.

 

Baca Berita Lainnya :

  1. Cara Download Video dari Facebook
  2. Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi di PC
  3. Download Aplikasi KineMaster Pro