Ilham Zulfikar Riwayat Penulis : Alumni Universitas Lampung, Jurusan MIPA. Angkatan 2010. Guru Perivat dan Penulis Website Yang Berhubungan dengan Skill dibidang MIPA

Gambar Sel Hewan

2 min read

Gambar Sel Hewan – Setiap makhluk hidup terdiri dari sel – sel yang saling bekerja dan memiliki tugas penting dalam menjalankan fungsinya terhadap keberlangsungan makhluk hidup tersebut. Baik manusia mau pun hewan dan tumbuhan memiliki sel di dalam tubuh yang menunjang setiap kegiatan yang dilakukan.

Sel pada manusia dan sel pada hewan dianggap memiliki banyak kesamaan sedangkan sel di dalam tumbuhan memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan sel pada manusia dan sel hewan.

Namun pada kesempatan kali ini, kita hanya akan memberikan pembahasan mengenai sel hewan, mari kita mulai dari pengertiannya.

Pengertian Sel Hewan

Seperti yang sudah dibahas di atas jika sel pada hewan berbeda dari sel eukariotik lainnya seperti sel yang ada pada tumbuhan. Hal ini dikarenakan sel hewan tidak memiliki kloroplas dan dinding sel yang keras sehingga membuat bentuk sel pada hewan bervariasi. Sel hewan hanya mempunyai vakuola yang ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan sel eukariotik yang lainnya.

Gambar Sel Hewan

Silahkan simak gambar sel hewan di bawah ini :

Dari gambar sel hewan di atas, dapat kita simpulkan jika sel hewan terdiri dari beberapa bagian dan berikut ini adalah bagian – bagian yang terdapat pada sel hewan.

  1. Sentriol
  2. Ribosom
  3. Vesikel
  4. Kromatin
  5. Mikrotubulus
  6. Mitokondria
  7. Nukleolus
  8. Nukleus
  9. Membran Plasma
  10. Vacuola
  11. Lisosom
  12. Selaput Inti
  13. Sitosol
  14. Vesikel
  15. Badan Golgi
  16. Retikulum Endoplasma

Bagian – Bagian Sel Hewan dan Fungsinya

Sel hewan sendiri terdiri dari beberapa bagian dan setiap bagian memiliki fungsi yang penting untuk mendukung kehidupan hewan itu sendiri. Berikut adalah bagian – bagian sel hewan beserta dengan fungsinya.

1. Kompleks Golgi

Bagian sel hewan yang satu ini memiliki fungsi sebagai alat pengeluaran energi dan juga lendir dari dalam tubuh hewan.

2. Retikulum Endoplasma

Bagian sel hewan yang satu ini memiliki dua bagian yakni Retikulum Endoplasma Kasar, bagian ini sendiri dipenuhi oleh Ribosom yang mana memiliki fungsi untuk menyintesis protein. Sementara yang kedua yakni Retikulum Endoplasma Halus yang tidak mempunyai kandungan Ribosom dan fungsunya adalah sebagai penyintesis molekul lemak.

3. Sitoplasma

Bagian ini merupakan cairan yang berada di dalam sel. Namun sitoplasma tidak ditemukan pada nukleus atau inti sel. Bagian ini sendiri dibagi menjadi 2 bagian yakni endoplasma yang merupakan sitoplasma bagian dalam yang bentuknya lebih keruh, lalu bagian yang kedua adalah ekstoplasma yakni bagian luar sitoplasma yang bentuknya lebih bening.

Sitoplasma sendiri memiliki sifat koloid yang kompleks atau tidak cair mau pun tidak padat, hanya saja apabila konsentrasi air tinggi maka koloidnya akan encer yang disebut dengan sol sementara jika konsentrasi airnya rendah maka koloidnya pun akan berbentuk padat lembek yang biasa disebut dengan gel.

Sitoplasma terdiri dari molekul molekul kecil dan besar serta ion ion hidup dan organel dan memiliki fungsi untuk menjadi tempat menyimpan bahan bahan kimia yang sangat penting bagi proses metabolisme sel. Contohnya seperti ion ion, lemak, enzim enzim, protein dan gula. Pada sitoplasma ini lah proses pembongkaran serta penyusunan zar zat terjadi melalui reaksi kimia.

Contohnya bisa dilihat dari proses pembentukan enerhi, asam amino, sintesis asam lemak, protein hingga nukleutida.

4. Nukleoplasma

Bagian ini terdiri dari asam nukleat serta kromatin.

5. Vakuola

Vakuola pada hewan memiliki ukuran yang sangat kecil tapi dengan jumlah yang banyak dan memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan.

6. Inti Sel

Bagian ini terdiri dari 90% air dan mengandung vitamin, protein, lemak dan mineral dan berfungsi untuk menjaga integritas gen – gen serta untuk mengontrol aktivitas sel serta mengelola ekspresi gen.

7. Nukleolus

Bagian ini memiliki fungsi untuk mengatur aktivitas sel.

8. Mitokondria

Memiliki fungsi untuk mengatur proses respirasi, bagian ini juga memiliki fungsi untuk menghasilkan energi.

9. Kromosom

Kromosom memiliki fungsi untuk menyintesis materi genetika, kromosom sendiri memiliki kandungan gen yang membawa sifat yang menurun.

10. Membran Sel

Merupakan bagian paling luar dari protoplasma dan memiliki untuk mengatur transportasi yang terjadi pada zat, yang keluar masuk pada sel.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Kami sempat membahas jika sel hewan memiliki perbedaan dengan sel tumbuhan, untuk lebih jelasnya kami pun akan memberikan ulasan lebih lengkap mengenai perbedaan pada sel hewan dan sel tumbuhan.

Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Sel Pada Hewan

Perbedaan pertama yang bisa dilihat dari sel hewan yakni ukurannya lebih kecil dari pada sel tumbuhan, sel hewan tidak mempunyai plastid atau kloroplas dan dinding sel tapi sel hewan memiliki lisosom, sentrosom dan bentuk dari sel hewan ini tidak tetap. Vakuola yang dimiliki oleh tumbuhan juga memiliki ukuran yang jauh lebih kecil namun dalam jumlah yang lebih banyak.

Sel Pada Tumbuhan

Perbedaan yang paling mencolok dari sel hewan dan sel tumbuhan adalah karena ukuran sel tumbuhan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan sel hewan. Sel tumbuhan mempunyai plastid atau kloroplas dan dinding sel serta membran sel. Namun sel tumbuhan tidak mempunyai sentrosom, lisosom dan memiliki vakuola yang ukuranya lebih besar serta dalam jumlah yang banyak. Bentuk sel nya sendiri tetap dan tidak berubah – ubah.

Nah, perbedaan dari sel hewan dan sel tumbuhan di atas mengakhiri pembahasan kita kali ini mengenai seluk beluk tentang sel hewan, mulai dari gambar sel hewan, bagian – bagian dan fungsi yang dimiliki oleh sel hewan dan apa saja perbedaan dari sel hewan dengan sel tumbuhan.

Semoga pembahasan mengenai sel hewan di atas dapat bermanfaat bagi anda semua dan selamat belajar ya, sampai jumpa!

Ilham Zulfikar Riwayat Penulis : Alumni Universitas Lampung, Jurusan MIPA. Angkatan 2010. Guru Perivat dan Penulis Website Yang Berhubungan dengan Skill dibidang MIPA
Gambar Sel Hewan Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca