Gerakan 3 A

2 min read

Gerakan 3A adalah sebuah organisasi yang sengaja dibentuk Jepang sebagai tempat untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Akan tetapi rupanya Jepang tak hanya membentuk 3 A saja namun juga membentuk beberapa organisasi yang lainnya. Contohnya Putera ( Pusat Tenaga Rakyat ), Cuo Sangi In ( Badan Pertimbangan Pusat ) hingga MIAI yang akhirnya berubah nama menjadi Masyumi.

Latar Belakang Gerakan 3A

Tujuan dari dibentuknya gerakan ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi rakyat Indonesia yang ingin bergabung dalam perang Jepang. Sehingga Jepang akhirnya mendirikan Gerakan A yang merupakan gerakan dari barisa Pemuda Asia Raya. Gerakan ini dipimpin secara langsung oleh Wiryopranoto.

Untuk menyebarkan aksi propaganda ini Jepang kemudian menerbitkan surat kabar yang diberinama Asa Raya. Agar rencana mereka lancar, Jepang bahkan berupaya untuk bersikap kooperatif dengan cara bekerja sama dengan para pemimpin dan petinggi Bangsa Indonesia. Di sini Jepang bertujuan untuk melakukan perekrutan secara besar – besaran dengan cara yang sangat mudah sehingga pemerintahan Jepang bisa mengawasi kinerja dari para pemimpin Bangsa Indonesia.

Akan tetapi upaya ini tidak berjalan dengan lancar karena tidak mendapatkan simpati dari rakyat Indonesia. Maka dari itu Jepang mengajak semua tokoh nasional untuk bekerja sama agar bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Kerja sama ini meliputi pembebasan para pemimpin Indonesia yang ditahan, seperti Ir. Soekarno, Drs. Moch Hatta hingga Sutan Syahrir.

Gerakan 3 A ini akhirnya benar – benar ditinggalkan pada 20 Novermber 1942 dan dibubarkan setelah tujuan asli Jepang diketahui oleh masyarakat Indonesia. Ada pun tujuan sebenarnya dari Gerakan A 3 ini adalah.

Tujuan Gerakan 3A

  1. Jepang ingin menarik simpati rakyat Indonesia.
  2. Jepang menggerakkan rakyat Indonesia untuk membantu Jepang mencapai tujuannya.
  3. Mendekati tokoh nasional agar dapat membantu Jepang mengambil hati rakyat Indonesia.

Tokoh Anggota Gerakan 3A

Gerakan 3A ini sendiri diprakarsai oleh beberapa tokoh yang adalah pendiri dan anggota yang ada di dalam gerakan ini, siapa saja mereka? Berikut ini adalah tokoh anggota gerakan 3 A.

1. Hitoshi Shimizu

Yang pertama adalah Hitoshi Shimizu yang merupakan pelopor dari gerakan ini. Hitoshi sendiri adalah ahli dalam melakukan propaganda Jepang yang terjadi pada 30 tahun sebelum pembentukan Gerakan 3A.

Selain itu beliau adalah politisi sekaligus pemimpin Sendebu yang merupakan cabang departemen propaganda Jepang yang berada di Pulau Jawa.

2. Syamsuddin

Tokoh nasionalis yang ikut dalam kelompok ini adalah Syamsudin, beliau memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagai Ketua Gerakan A3. Meski bukan pendiri dari gerakan ini, namun perannya menjadi yang paling depan dalam menyusun dan merancang propaganda tersebut.

Beliau juga lah yang menjadi pendiri surat kabar Asia Raya pada 12 Mei 1942. Surat kabar tersebut dibuat dengan tujuan menyebarkan propaganda dan memberikan pengaruh bagi rakyat Indonesia kala itu.

3. Ir.Soekarno

Upaya Jepang dalam mendekati tokoh nasionalis juga membuat Jepang menyeret nama Ir. Soekarno sebagai anggota gerakan ini. Ir. Soekarno sendiri dipilih lantaran beliau adalah tokoh yang sangat berpengaruh dan dicintai oleh rakyat Indonesia.

Kemampuan Ir. Soekarno dalam berpidato dan dunia politik membuatnya sangat dibutuhkan oleh Jepang. Itulah sebabnya Jepang membebaskan Ir. Soekarno dari penjara untuk membuat beliau bergabung dalam gerakan ini.

4. Moh. Hatta

Bukan hanya Ir. Soekarno saja yang dibebaskan dari penjara, nama Moch Hatta juga menjadi salah satu tokoh nasionalis yang dibebaskan dari penjara namun dengan syarat bergabung bersama gerakan A3.

Moch Hatta sendiri dipilih karena beliau adalah tokoh yang sangat dekat dengan rakyat Indonesia serta memiliki kecerdasan dalam bidang ekonomi yang pastinya akan menguntungkan Jepang.

5. Ki Hajar Dewantoro

Tokoh yang dianggap sebagai Bapak Pendidikan Nasional ini pun tidak luput dari perekrutan yang dilakukan Jepang. Hal ini tentu saja karena beliau juga merupakan tokoh nasionalis yang cukup dikenal oleh rakyat Indonesia. Sehingga Jepang pun mendekatinya untuk merebut simpati rakyat Indonesia.

6. H. Mas Mansyur

Tokoh nasional terkahir yang juga ikut dalam gerakan ini adalah H. Mas Mansyur yang merupakan tokoh nasional dengan pengaruh kuat dalam Sarikat Islam sehingga membuat Jepang juga tertarik untuk merekrutnya dalam gerakan A3.

Nah, itu dia sejarah dari Gerakan A3 termasuk dengan tokoh yang terlibat di dalamnya, semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kalian semua dalam bidang sejarah.

Artikel Lainnya :

Gerakan 3 A Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Candi Plaosan

Guru Anggi
2 min read

Tokoh Sumpah Pemuda

Guru Anggi
2 min read

Perjanjian Renville

Guru Anggi
2 min read