Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !

Macam-Macam Iklim di Indonesia

2 min read

Iklim di Indonesia

Indonesia memiliki tiga jenis iklim, yakni iklim musim (iklim muson), iklim tropika (iklim panas), & iklim laut. Namun lebih dikenal di Indonesia sebagai iklim tropis, yang biasanya bisa disebut sebagai iklim panas.

Iklim, yang tidak dimiliki oleh negara lain, maka tidak heran ketika orang asing datang ke Indonesia untuk menikmati iklim yang tidak dimiliki oleh negaranya, seperti berjemur dan merasakan sensasi yang berbeda di musim panas.

Langsung saja simak pembahasan kami mengenai Materi Makalah Macam-Macam Iklim di Indonesia di bawah ini.

Macam Macam Iklim di Indonesia

Apakah Anda tahu tiga zona iklim? Mungkin itu sudah akrab dalam pendengaran kalian. Kami akan menjelaskan 3 iklim di Indonesia, yakni sebagai berikut:

1. Iklim Musim (Iklim Muson)

Iklim musim dingin terjadi karena angin muson berubah arah setiap enam bulan. Iklim musim ini memiliki efek negatif atau positif. Dengan iklim musim di Indonesia, musim akan berubah dalam jangka waktu tertentu sekitar 6 bulan.

Musim hujan terdiri dari musim barat daya dan musim timur laut. Dengan musim hujan, yang berlangsung setiap 6 bulan, kita bisa merasakan setiap perubahan musim di Indonesia.

Berikut adalah penjelasan tentang 2 jenis angin dari iklim musiman:

a. Angin musim barat daya

Ini praktis basah di musim hujan barat daya. Musim hujan barat daya adalah musim hujan yang disebut musim hujan. Angin yang bertiup pada bulan tertentu dari Oktober hingga April ini yakni bahwa Indonesia akan mengalami musim hujan yang lebih panjang.

Musim hujan di barat daya ini memiliki banyak manfaat bagi semua makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Karena musim ini ditunggu-tunggu untuk semua makhluk hidup.

Bagaimana tidak menantikan, karena sangat memiliki banyak manfaat, seperti:

  • Menyuburkan tanaman (panen)
  • Semakin menguntungkan panen
  • Tidak kekurangan sumber air
  • Hasil panen semakin subur
  • Tumbuhan atau tanaman semakin subur, lebat, indah
  • Hewan tidak kesulitan mencari sumber air
  • Hasil panen akan semakin meningkat
  • Manusia tidak akan kesulitan dalam menemukan sumber air
  • Tingkat kesuburan tumbuhan / tanaman semakin berkembang

Begitu banyak manfaat yang bisa kita rasakan di awal musim hujan yang sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia sehari-hari.

b. Angin musim timur laut

Angin musim timur laut ini bisa dikatakan sifatnya kering. Musim Angin timur laut juga disebut musim kemarau. Angin bertiup di bulan bulan tertentu yakni dari bulan April hingga Oktober, jadi pasti akan ada musim kemarau yang lebih panjang.

Angin musim yang satu ini sangat tidak diinginkan oleh manusia, hewan dan tumbuhan, karena sangat mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup.

Berikut ini adalah dampak buruk yang di timbulkan dari adanya musim kemarau :

  • Kekurangan sumber air
  • Petani akan mengalami musim paceklik
  • Hewan akan kesulitan dalam mencari sumber air
  • Hasil panen tentunya akan semakin menurun
  • Tingkat kesuburan tanaman akan semakin berkurang

2. Iklim Tropika (Iklim Panas)

Indonesia, yang terletak di garis katulistiwa, memiliki iklim tropis atau dapat disebut sebagai iklim panas. Karena Indonesia memiliki suhu tinggi, sehingga Indonesia akan mengalami kelaparan atau yang disebut musim panas yang diperpanjang sepanjang tahun.

Iklim tropis di Indonesia adalah antara 0 ° – 231/2 ° NU / LS dan hampir 40% dari permukaan bumi. Tidak heran orang Indonesia terkadang mengeluh tentang cuaca panas di Indonesia karena menyebabkan banyak kerugian yang diderita warga Indonesia.

Sehingga warga negara Indonesia sangat berharap bahwa iklim panas ini akan segera berakhir di musim hujan, yang membawa banyak manfaat bagi orang Indonesia.

Baca Juga : Manfaat Curah Hujan

3. Iklim Laut

Indonesia adalah negara yang kaya akan wisata alam, khususnya Indonesia, yang memiliki laut, sungai atau samudera. Sungai ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Karena itu, Indonesia memiliki iklim laut. Iklim maritim adalah iklim lembab dengan banyak hujan, sehingga Indonesia dapat mengalami musim hujan yang lebih lama.

Warga negara Indonesia merasa nyaman dengan iklim laut ini karena mereka memiliki lebih banyak keuntungan untuk memastikan kelangsungan hidup mereka.

Iklim laut berada di daerah berikut ini :

a. Tropis dan subtropis

Iklim subtropis adalah daerah dengan ketinggian atau pegunungan di daerah tropis atau subtropis karena ketinggian di pegunungan dapat menyebabkan kekeringan.

Orang bisa mengatakan bahwa itu identik dengan iklim lautan, yang memiliki iklim musim panas dan musim dingin yang stabil antara kedua musim.

Dan biasanya, ketika musim tropis dan subtropis datang, suhu tahunan rata-rata rendah, sehingga hujan sering disertai dengan badai yang tentunya sangat berbahaya bagi warga negara Indonesia ketika musim yang satu ini datang.

b. Daerah Tengah

Hal yang sama berlaku untuk iklim tropis dan subtropis. Daerah ini memiliki ketinggian yang stabil seperti banyak awan, banyak hujan di musim dingin.

Tetapi hujan yang turun berbeda dengan di daerah tropis dan subtropis, yang lebih dominan untuk hujan, yang disertai dengan badai. Di daerah ini, hujan hanya rintikan kecil yang tidak terlalu berbahaya bagi penduduk setempat.

Baca Juga : Penyebab Terjadinya Perubahan Musim

Apa dampak buruk dari terjadinya musim kemarau?

1. Kekurangan sumber air
2. Petani akan mengalami musim paceklik
3. Hewan akan kesulitan dalam mencari sumber air
4. Hasil panen tentunya akan semakin menurun
5. Tingkat kesuburan tanaman akan semakin berkurang

Sebutkan tanda akan terjadinya prubahan iklim di Indonesia?


Beberapa kondisi dapat merubah keadaan iklim sebuah wilayah, begitu juga yang terjadi di Indonesia. Hal tersebut akan di tandai adanya perubahan temperatur rata-rata harian yakni :

1. pola curah hujan
2. variabelitas iklim
3. tinggi muka air laut

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Macam Macam Iklim di Indonesia. Baca juga Persebaran Curah Hujan Di Indonesia Dan Penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !
Macam-Macam Iklim di Indonesia Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca