Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Sepak Terjang Jhon Kei dan Masalah yang Menimpa Dirinya

3 min read

Nama Jhon Kei kembali menjadi perbincangan setelah dirinya berhasil keluar dari LP Nusakambangan. Baru saja menghirup kebebasan, hari ini Jhon Kei kembali ditangkap polisi dikarenakan sebuah kasus penyerangan yang menyeret nama kelompok orang-orang Kei dan Jhon Kei.

Bagi kamu yang masih asing dengan nama Jhon Kei kami sudah merangkum biodata dan perjalanan hidup Jhon Kei yang dijuluki sebagai The God Fathernya Indonesia.

Biodata Jhon Kei

Apabila kamu sering mengikuti berita kriminal, nama Jhon Kei mungkin tidak asing di telinga kamu. Ya, karena nama Jhon Kei sendiri sering terlibat dalam berbagai macam kasus kerusuhan hingga menghilangkan nyawa seseorang.

Baru saja bebas, nama Jhon Kei kembali terseret kasus. Siapakah Jhon Kei? Simak biografi dan profilnya di bawah ini.

 

Biografi Jhon Kei

Memiliki nama lengkap Jhon Refra Kei, dirinya dilahirkan pada 10 September 1969 dan merupakan tokoh pemuda asal Maluku. Hijrah ke Kota Jakarta pada tahun 1990, Jhon pun masuk ke sebuah organisasi yang bernama Angkatan Muda Kei atau disingkat dengan AMKEI.

Organisasi ini dibentuk pada tahun 2000 setelah kerusuhan yang terjadi di Tual, Pulau Kei. Dengan anggota lebih dari 12 ribu orang organisasi ini sering sekali menebar ketakutan di Kota Jakarta.

AMKEI adalah organisasi yang berkecimpung di dunia jasa penagihan hutang atau jasa penyedia Debt Collector.

Bisa dibilang Jhon Kei dan organisasinya ini sering membuat kerusuhan di Jakarta. Perselisihannya dengan Basri Sangaji pun membuat Jhon Kei semakin dikenal namanya. Sebab Basri Sangaji ditemukan meninggal di Hotel Kebayoran Inn yang ada di Jakarta Selatan karena dibunuh dengan sadis pada pada 12 Oktober 2004 silam.

Setelah kematian Basri Sangaji,  Jhon Kei pun akhirnya semakin leluasa menguasai Jakarta. Hingga nama Jhon Kei pun terus dikaitkan dengan meninggalnya Basri Sangaji yang terbunuh secara sadis.

Apalagi setelah bentrokan yang terjadi di antara dua kelompok, yakni kelompok Kei dan Sangaji yang menewaskan dua orang dari pihak Basri Sangaji. Serta belasan lainnya luka-luka. Bentrokan ini pun akhirnya dibawa ke meja sidang pada Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Pada saat persidangan ini akhirnya terungkaplah permasalahan yang terjadi antara Jhon Kei dan Basri Sangaji. Sebelumnya terjadi sebuah bentrokan di antara kedua kelompok hingga menewaskan Walterus Refra Kei. Atau yang biasa disebut juga dengan nama Semmy Kei dan merupakan kakak dari Jhon Kei itu sendiri.

Hal inilah yang membuat dendam di antara Jhon Kei pada Basri Sangaji dan menewaskan Basri Sangaji.

Jadi bisa dibilang kematian Basri bukan hanya dipicu oleh persaingan bisnis namun juga adanya dendam di antara keduanya. Selain itu di waktu bersamaan Jhon Kei pun juga dituduh sebagai pembunuh dari Tan Harry Tantono hingga berbuntut dengan penangkapannya pada 17 Februari 2012.

Akan tetapi meski begitu, di balik sosoknya yang penuh dengan kontroversi karena dekat dengan kekerasan. Jhon Kei juga dikenal sebagai seseorang yang cukup dermawan dan penyayang.

Diketahui Jhon Kei membangun sebuah gereja beserta rumah seorang pastur yang ada di kampung halamannya yakni di Pulau Kei. Tak hanya itu saja, Jhon Kei juga membantu merenovasi 20 rumah yang masih menggunakan atap jerami di Pulai Kei.

Selain itu Jhon Kei juga tak luput membantu keponakannya yang bernama Umar Kei dan membelikan lampu untuk halaman di sebuah Masjid.

Jadi sosok Jhon Kei di mata keluarganya merupakan sosok penyayang dan dermawan sehingga menjadi idola di mata anak-anak dan saudaranya.

 

Profil Jhon Kei

Berikut ini adalah profil lengkap dari Jhon Kei :

NamaJhon Refra Kei
Nama LainJhon Kei
Tempat LahirTutrean, Pulau Kei, Maluku Utara
Tanggal Lahir10 September 1969
Warga NegaraIndonesia

 

 

Kabar Terbaru Jhon Kei

Nama Jhon Kei memang sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia selama dua dekade belakangan. Meski sempat tidak terdengar, namun namanya tiba-tiba kembali diperbincangkan terkait adanya permasalahn yang menimpanya.

 

Perseteruan Nus Kei

Perseteruannya dengan Nus Kei menjadi salah satu penyebab nama Jhon Kei kembali jadi perbincangan banyak orang. Nus Kei sendiri adalah paman dari Jhon Kei dan perseteruan mereka terjadi terkait permasalahan tanah.

Jhon Kei yang mulanya meminta tolong sang paman untuk menjualkan tanah di kota Ambon, Maluku. Karena masih mendekam di balik penjara, maka Jhon Kei pun meminta tolong Nus Kei untuk menjualkannya. Kala itu Jhon Kei masih menjadi tahanan di Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Hingga akhirnya setelah bebas bersyarat Jhon Kei pun hendak mengambil uang hasil penjualan tanah pada Nus Kei. Namun Nus Kei mengelak bahwa dirinya belum menerima uang penjualan tanah. Sedangkan Jhon Kei sendiri mendengar isu bahwa tanah sudah laku terjual.

Perseteruan pun terjadi di antaranya keduanya hingga berujung pada penyerangan yang dilakukan oleh Kelompok Jhon Kei terhadap Nus Kei yang masih merupakan pamannya.

 

Sepak Terjang di Dunia Preman

Disebut sebagai God Fathernya Indonesia, Jhon Kei yang asli kelahiran Maluku ini pernah tinggal di Lapas Nusakambangan. Namun sebelum itu Jhon Kei juga pernah beberapa kali dipenjara. Sempat menjalani hukuman di LP Cipinang, pria yang dikenal dengan sosoknya yang penyanyang ini nyatanya sudah menghabisi banyak nyawa.

Tan Harry Tantono yang merupakan bos Sanex Steel bukti nyata kekejaman kelompok Jhon Kei kala itu.

Jhon Kei sendiri merupakan pendiri dan ketua dari AMKEI (Angkatan Muda Kei) yang merupakan sebuah organisasi yang bergerak di jasa penagihan hutang. Di kampung halamannya nama Jhon Kei sangat tersohor. Sehingga ketika ada pemuda asal Maluku yang ke Jakarta. Jhon Kei akan menjadi tempat tujuan utama mereka.

Lalu mereka pun akan bergabung dengan organisasi ini sebagai penagih hutang alias Debt Collector yang paling ditakuti di Jakarta pada tahun 90an hingga awal 2000an.

Peseteruannya dengan Basri Sangaji yang merupakan salah satu puncak dari kekisruhan yang dibuat oleh AMKEI. Pada awal tahun 2000an Jakarta dikuasai oleh tiga kelompok yakni AMKEI, Basri Sangaji dan Ian Wilson dari Hercules.

Tiga kelompok ini saling berseteru dan berusaha menunjukkan siapa yang paling hebat di antara mereka. Bentrokan pun tidak bisa dihindari hingga menewaskan kakak dari Jhon Kei. Kejadian ini pun memicu pembunuhan sadis terhadap Basri Sangaji.

Hingga akhirnya Jhon Kei mendekam di Penjara karena beberapa kasus pembunuhan termasuk meninggalnya Tan Hari Tantono. Mendekam di Nusa Kambangan, harusnya Jhon baru bebas pada tahun 2025 nanti. Namun karena berhasil bebas dengan bersayarat. Akhirnya Jhon Kei pun bisa menghirup udara di luar penjara.

Kebebasan Jhon Kei membuat cemas kelompok Hercules yang selama ini menguasai Jakarta. Akan tetapi baru saja menikmati udara bebas, dan belum sempat membangkitkan kembali kelompok Kei.

Jhon Kei sendiri kembali tertangkap dikarenakan dugaan sebagai dalang dari penyerangan di Green Lake City dan Duri Kosambi.

Penyerangan ini terkait dengan perseteruannya dengan Nus Kei yang merupakan paman dari Jhon Kei sendiri. Selain membuat Jhon Kei kembali tertangkap, peristiwa ini juga memecah orang orang Kei menjadi dua kubu.

 

Demikian profil dan biografi serta perjalanan hidup seorang Jhon Kei yang sering terlibat dengan aksi kekerasan. Dari sini kita bisa belajar jika kekerasan bukanlah sebuah jalan keluar yang bisa dibenarkan.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Sepak Terjang Jhon Kei dan Masalah yang Menimpa Dirinya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca