Juliari P Batubara – Biodata, Profil, Dan Berita Terkini

3 min read

Rumusguru.com – Juliari P Batubara, adalah sosok Menteri Sosial atau pejabat yang tertangkap Komisi Pemberantasan Korupsi akibat tersandung kasus Korupsi. Seperti tak ada takutnya para Pejabat yang telah melakukan Korupsi dengan rekan mereka yang telah lebih dahulu masuk Penjara.

Bagaimana kronologi tertangkapnya Juliari P Batubara oleh KPK? Baca Artikel ini sampai selesai.

Berita Penangkapan Juliari P Batubara

 

 

Publik kembali dicengangkan oleh peristiwa tertangkapnya seorang Menteri Sosial Juliari PB pada tgl 05 Desember 2020, beberapa hari yang lalu. Saat ini dirinya telah ditahan oleh pihak KPK untuk penyelidikan lebih lanjut atas kasus yang disangkakan padanya.

Firli Bahuri selaku Ketua KPK menyatakan penahanan atas Juliari oleh pihaknya pada hari minggu kemarin tanggal 06 Desember 2020. Dilansir dari pernyataannya bahwa penyidik KPK telah melakukan pemeriksaan guna mencari dan mengumpulkan bukti dan setelah itu terbukti bahwa Juliari melakukan korupsi.

Untuk sementara pihak KPK akan menahan Juliari selama 20 hari yang akan dimulai dari tanggal 06 sampai pada tanggal 25 Desember yang akan datang. Firli juga menjelaskan penahanan akan ditempat di Rutan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur.

Kemudian untuk detailnya bahawa Juliari juga akan melakukan Swab Test guna mendeteksi dirinya dari Covid 19, yang kemudian akan diisolasi 14 hari jika dirinya positive. Hal ini dilakukan untnuk pencegahan penyebaran virus Corona yang saat ini semakin memprihatinkan.

Juliari Batubara diduga melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 UU No. 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan Korupsi sebagaimana diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 mengenai Perubahan UU No 20, 2001 yang memuat perubahan UU No 31 1999 terkait pemberantasan Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 KUHP.

Juliari ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas dugaan kasus suap pengedaan Bansos yang berupa sembako bagi masyarakat guna penanganan Virus Corona yang dibagikan Pemerintah untuk wilayah Jabodetabek.

Presiden Republik Indonesia juga telah menyatakan akan menghormati proses hukum yang akan dijalankan oleh KPK kepada Juliari. Pernyataan tersebut disampaikannya secara langsung kepada awak media saat meliput berita tentang permasalahan ini.

Presiden Jokowi juga telah mengatakan dan mengingatkan para menteri Menteri Kabinetnya untuk tidak melakukan tindak Pidana Korupsi dalam bentuk apapun.

Ia menegaskan perlunya aparatur pemerintah untuk menangani korupsi dalam bentuk APBD dan APBN serta anggaran pemerintah provinsi, kota dan kabupaten.

Ia juga mengatakan tidak akan melindungi para pelaku korupsi tersebut, dan pemerintah akan terus mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi. Beliau juga berujar bahwa akan terus mendukung pihak KPK untuk beroperasi secara transparan, bebas, efisien dan profesional.

Juliari Batubara sekarang berurusan dengan KPK sebagai tersangka. Ia diduga menerima suap terkait pemberian bansos untuk memerangi COVID-19. Diketahui, KPK telah menunjuk Menteri Sosial Juliari P Batubara sebagai tersangka atas korupsi terkait bantuan sosial untuk COVID-19.

Selain Juliari yang terkena kasus penerima suap, KPK juga menetapkan empat tersangka lainnya. Mereka adalah Matheus Joko Santoso, Adi Wahyono, Ardian IM, dan Harry Sidabuke.

Ini dimulai dengan OTT pejabat Kementrian Sosial pada Sabtu 5 – 12 – 2020 pagi tadi. KPK juga mengamankan uang miliaran dari OTT ini. Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi juga sudah menduga bahwa Juliari Batubara mendapat 10.000 Rupiah per paket sembako dengan jumlah 300.000 Rupiah per paket. Setelah ditotal Juliari sudah mendapat sekitar 8,2 Milyar Rupiah dan 8,8 Milyar Rupiah.

Profil Juliari P Batubara

Juliari Peter Batubara, M.B.A. lahir di Jakarta, 48 tahunyang lalu dan merupakan Menteri Sosial masa jabatan 2019-2020. Sebelumnya pernah menjadi anggota DPR di Jawa Tengah I, pernah menjabat di Komisi VI yang membidangi perdagangan, perindustrian, usaha kecil dan menengah, BUMN Koperasi, Investasi dan Nasional Standardisasi.

Juliari merupakan salah seorang politikus di Negara Indonesia dari salah satu Partai besar yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Ia juga menjabat sebagai Wakil Bendahara PDI-P periode 2019-2024.

Dirinya pernah belajar di Riverside City College dan University of Chapman di Amerika Serikat. Sebelum terjun ke dunia politik, dia adalah chief executive beberapa perusahaan, yaitu PT Arlinto Perkasa Buana, PT Wiraswasta Gemilang Indonesia, PT Tridaya Mandiri dan PT Bwana Mandiri.

Ia pernah menjabat sebagai Presiden harian Asosiasi Produsen Pelumas Indonesia dari tahun 2007 hingga 2014. Selain itu, Juliari juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Tetap Peluang Usaha di sektor UMKM di Kadin pada tahun 2009-2010. Dia adalah salah satu orang yang diundang oleh Presiden Joko Widodo setelah terbentuknya Kabinet Indonesia Maju.

Juliari Batubara juga pernah angkat bicara menentang korupsi. Tapi sekarang Menteri Sosial ini telah menjadi tersangka kasus Korupsi dan telah ditangkap oleh pihak KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi.

Tahun lalu, 9 Desember 2019, saat Hari Antikorupsi Sedunia, Juliari memberikan pandangannya untuk memberantas korupsi di Indonesia. Juliari mengatakan korupsi akan berlanjut jika ideologinya tetap menipu.

Juliari mengatakan korupsi bisa jadi akibat keserakahan. Juliari mengatakan sistem modern sudah memadai. Ia merasa yang perlu dibenahi saat itu adalah psikologis. Namun bertolak belakang dengan kenyataan saat ini dirinya ditetapkan sebagai tersangka karena mendapat suap untuk bansos dalam penanganan COVID-19.

Biodata Juliari P batubara

Nama Juliari P Batubara
Tanggal Lahir 22 July 1972
Usia 48 Tahun
Kewarganegaraan Indonesia
Jabatan Menteri Sosial
Masa Bakti 2019 – 2020
Partai PDIP
Profesi Politikus

 

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kali ini tentang Juliari P Batubara – Biodata, Profil, Dan Berita Terkini, yang telah kami bagikan untuk Anda semua. Semoga KPK akan terus menjadi kuat untuk memberantas pelaku Korupsi di Negara Kesatuan republik Indonesia tercinta ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Juliari P Batubara – Biodata, Profil, Dan Berita Terkini Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca