Jenis Kalimat Opinion Beserta Contohnya

2 min read

Kalimat Opinion

Rumusguru.comJenis Kalimat Opinion Beserta Contohnya dapat Anda Pelajari pada artikel kami kali ini. Dengan memahami terlebih dulu apa yang dimaksud dengan Kalimat Opinion tersebut.

Kalimat Opinion merupakan bentuk Kalimat dengan sifat Subjective, itu artinya kalimat ini tidak dapat atau belum dapat dibuktikan tentang kebenarannya. Karena biasanya disaat seseorang memberikan sebuah Opini atau pendapat, tidak diperlukan riset lebih dulu. Dengan kata lain Opini tersebut bersifat personal.

Nah, untuk lebih mengerti apa yang dimaksud dengan Jenis Kalimat Opinion Beserta Contohnya, silahkan Anda simak penjelasan berikut ini:

 

Fungsi Kalimat Opinion

Kalimat Opinion merupakan kalimat yang juga difungsikan untuk penyampaian pendapat dari seseorang tentang berbagai hal. Sementara menyampaikan sebuah pendapat tentu saja untuk tujuan tertentu misalnya perbandingan, penilaian, bahkan mungkin perbaikan.

Dalam hal ini seseorang menggunakan Kalimat Opinion mesti memakai Simple Sentence. Kemudian faktor lain yang perlu juga diperhatikan adalah waktu dan suasana saat Anda ingin menyampaikan pendapat.

Hal ini tentu saja didasari oleh penggunaan Present Tense yang diiringi V1. Perlu juga Anda ketahui dalam Kalimat Opinion menggunakan Bahasa Inggris, dibagi menjadi dua macam Aspek Point Of View, adalah General Point Of View dan Personal Point Of View.

Apa itu yang General dan Personal Point Of view dan lain lain? Simak keterangannya berikut:

 

1. Pengertian Personal Point Of View

 

 

Merupakan Pendapat yang berdasarkan dari pemikiran sendiri, seperti kalimat “In My Experience”.

Dibawah ini beberapa contoh Personal Point Of View

 

2. Pengertian General Point Of View

Merupakan pemikiran yang didasarkan pemahaman dari orang banyak, seperti kalimat “Some People Say That”.

Berikut ini beberapa contoh General Point Of View

 

3. Pengertian Opinion Of Approval

Adalah jenis Kalimat Opinion yang bermaksud mengungkapkan pendapat menyetujui sesuatu dengan tanggapan sama. Itu artinya pendapat ini dinyatakan dengan menyesuaikan keadaan saat itu. Seperti kalimat “I Think” dan “ So Do I”

 

4. Pengertian Opinion Of Acknowledgement

Ialah jenis Kalimat Opinion yang menyatakan Pendapat menyetujui sesuatu dengan tanggapan sama. Pendapat ini disampaikan untuk sebuah pengakuan, seperti kalimat “ I Feel” dan “I Think So”.

 

5. Pengertian Opinion Of Disapproval

Yaitu jenis Kalimat Opinion yang menyatakan pendapat tidak menyetujui sesuatu dengan tanggapan yang sama. Seperti kalimat “In My Opinion” dan “Yes Ofcourse”.

 

Beberapa Ciri Kalimat Opinion

  • Tidak adanya Informasi yang valid pada Kalimat Opinion.
  • Memiliki sifat tidak pasti pada Kalimat Opinion dengan data yang tidak benar dan akurat.
  • Bersifat usulan, saran, nasihat, dll pada Kalimat Opinion.
  • Kalimat Opinion lebih kepada berandai andai, dan biasanya digunakan kata seperti Saya Fikir, Saya rasa, Mungkin, Menurut Saya dan lain sebagainya.
  • Atas dasar pemikiran pribadi seseorang, maka Kalimat Opinion bersifat tidak dapat dipercaya dengan kebenaran yang tidak terbukti.
  • Kalimat Opinion ini memiliki sifat Subjektif, artinya pemikiran pada subjek berasal dari pendapatnya sendiri atau orang lain yang kemudian diuraikan.
  • Kalimat Opinion memiliki dasar argument, hasil pemikiran, dan pendapat sendiri.
  • Kemudian Kalimat Opinion ini juga didasarkan oleh sifat Spekulatif dengan tak ditunjukkannya kejadian yang sebenarnya.

 

Pembagian Kalimat Opinion

Kalimat Opinion dikategorikan dalam dua macam seperti dibawah ini:

No Jenis Kalimat Opinion Artinya Contohnya
01 Kalimat Opinion Perorangan Adalah Kalimat Opini yang didasarakan sebuah ide atau pendapat dari seseorang tentang sesuatu atau perihal. “Menurut Saya, Tempe goreng ini sudah lezat. Tetapi kurang gurih karena tidak sama seperti namanya Tempe Goreng Bumbu Gurih”.
02 Kalimat Opinion Umum Merupakan Kalimat Opini yang dipercayai oleh banyak Orang meskipun kenyataannya tidak dapat dibenarkan. “Makan Keong dapat membuat badan menjadi Sehat dan Kuat”

 

 

Contoh Kalimat Opinion (Opini)

Didalam Kolom dibawah ini adalah beberapa contoh Kalimat Opinion, simak daftarnya:

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan mengenai Jenis Kalimat Opinion Beserta Contohnya yang telah kami share untuk Anda semua pembaca web https://rumsuguru.com/. Jika Anda membutuhkan referensi lain mengenai Informasi Seseorang, Bidang Pendidikan Sekolah, Pengetahuan Umum, Dan lain lain.

Silahkan Anda klik Artikel Menarik lainnya yang ada dibawah paragraf ini. Dan jangan lupa untuk memberikan penilaian Anda dengan mengklik ikon “Bintang” yang ada dipojok kanan bawah Artikel ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Jenis Kalimat Opinion Beserta Contohnya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca