Kalimat Sumbang Adalah : Pengertian, Ciri, Metode Dan Contoh

2 min read

Kalimat Sumbang Adalah : Pengertian, Ciri, Metode Dan Contoh

Kalimat Sumbang Adalah : Pengertian, Ciri, Metode Dan Contoh – Pada kesempatan ini rumusguru.com akan memberikan penjelasan tentang Kalimat Sumbang Adalah, yuk lihat penjelasannya dibawah ini :


Kalimat Sumbang Adalah : Pengertian, Ciri, Metode Dan Contoh


Bila pada suatu paragraf ada kalimat yang jauh pembahasannya ataupun penjelasannya dari jalan topik pembicaraan maupun tidak menunjang suatu gagasan utama dalam paragraf itu, maka kalimat itu bisa dikatakan sebagai kalimat yang sumbang.

Pengertian

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalimat sumbang ialah kalimat yang tidak menunjang apalagi bertolak belakang dengan kalimat utamanya.

Kalimat sumbang ialah suatu kalimat yang tidak memiliki keterkaitan sama sekali dengan totalitas isi yang terdapat diparagraf, tetapi dia bisa saja bertolak belakang dengan kalimat topik pembahasannya.

Kalimat ini lazimnya disebut dengan kalimat tidak padu yang disebabkan sebab kesalahan penulisnya didalam menuangkan ide.

Maupun suatu faktor kesengajaan yang ditunjukkan sebagai umpan balik yang bisa berbentuk humor ataupun informasi sang pembacanya.

Kalimat Sumbang Adalah : Pengertian, Ciri, Metode Dan Contoh


Ciri-CIri

  • Kalimat ini umumnya tidak ada kaitan dengan kalimat gagasan.
  • Kalimat ini tidak nyambung dengan kalimat saat sebelum maupun sesudahnya.
  • Suatu ide gagasan yang ada pada kalimat apalagi bisa bertolak belakang dengan ide utama penulis.

Metode Menentukan

  • Baca totalitas smua paragraf sampai akhir, kemudian tentukan gagasan utama beserta kalimat utama.
  • Bacalah secara cermat, satu demi satu kalimat dalam paragraf serta perhatikanlah apakah kalimat itu berhubungan serta saling menunjang terhadap kalimat utamanya. Amati pula kesinambungannya terhadap kalimat-kalimat penjelas pada paragraph itu. Namun bila ketidaksinambungan itu ads, maka kalimat tersebut ialah kalimat sumbang.
  • Baca ulang kalimat yang diangap sumbang terhadap kalimat yang lain kemudian hubungkan dengan konteksnya sehingga tidak terjadi keliruan buat memastikan kalimat sumbang yang terencana dibikin dengan tujuan umpan balik yang betul-betul sumbang diakibatkan sebab kesalahan sang penulis.

Contoh Memastikan Kalimat Sumbang

Alam desaku sangatlah sejuk serta permai (1). Udaranya sejuk serta bersih, tidak ada polusi sedikit juga yang mengusik (2).

Suasananya pula masih asri sebab masih banyak pepohonan hijau yang masih terpelihara (3). Orang-orang di situ sangatlah baik serta gembira tiada tara (4).

Tidak hanya sejuk, desaku sangatlah permai sebab masih banyak sawah-sawah hijau terbentang luas (5).

Terlebih bila masa panen sudah datang, desaku seakan-akan diselimuti oleh permadani emas yang menawan (6).

Ditambah lagi dengan sungai di desaku yang masih terpelihara serta jernih sehingga menaikkan kecantikan desaku.

Gagasa utama pada paragraf di atas yakni indahnya alam desaku serta kalimat utamanya ada pada kalimat no satu ialah Alam desaku sangatlah sejuk serta permai.

Bila kalimat utama ada pada kalimat no 1 maka sepatutnya kalimat-kalimat yang lain sebagai kalimat penjelas yang menunjang kalimat utama tersebut.

Pada kalimat no 2, 3, 5 serta 6 isinya menunjang kalimat utamanya. Sebaliknya pada kalimat no 4 tidak menunjang kalimat utama serta keluar dari topik pembicaraan.

Kalimat no 4 orang-orang di situ sangatlah baik serta gembira tiada tara, tidak menunjang kalimat utama sebagaimana mestinya fungsi kalimat pendukung. Oleh sebab itu, kalimat no 4 ialah kalimat sumbang.


Latihan Menemukan Kalimat Sumbang

Sehabis mengenali pengertian serta metode menemukan kalimat sumbang, marilah latihan menemukan kalimat sumbang pada paragraf-paragraf berikut ini.

  • Paragraf Pertama

Tempat tinggalku sangatlah luas serta besar (1). Rumahku mempunyai luas hampir 250 m2 dengan dua lantai (2).

Disitu ada 4 kamar tidur, 4 kamar mandi, ruang keluarga, serta ruang tamu yang luas (3).

Tidak cuma bagian dalamnya saja yang luas, taman rumahku juga sangat luas, saya mempunyai halaman bunga di taman depan serta halaman bermain di taman belakang (5).

Ayahku membelinya kala saya masih kecil (6). Terlebih lagi, rumahku pula mempunyai suatu kolam renang yang lumayan lebar seluas 6 x 8 m2 (7).

Saya mempunyai 2 buah mobil yang diparkirkan di garasiku (8). Sangking luasnya ayahku kerap mengadakan kegiatan di taman rumahku dengan sahabat kantornya (9).

  • Paragraf Kedua

Anjar sangatlah baik (1). Ia suka sekali menolong sahabat yang lagi dalam kesulitan (2). Tidak hanya baik, ia pula tidak sempat sombong (3).

Anjar selalu senyum serta menyapa orang-orang yang dijumpainya (4). Budi pernah menolong sahabatnya apalagi ia selalu menyusahkan (5).

Anjar pula gampang berteman serta mempunyai banyak sahabat (6). Seperti itu sebabnya Anjar jadi idola di kelompok sahabatnya (7).

Nah buat kalimat sumbang dalam perihal ini terdapat pada kalimat no 6 serta 8. Serta pula kalimat sumbang dalam perihal ini terdapat pada kalimat no 5.

Baca Juga :

Demikianlah penjelasan rumusguru.com mengenai Kalimat Sumbang Adalah, semoga bisa bermanfaat.

Kalimat Sumbang Adalah : Pengertian, Ciri, Metode Dan Contoh Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca