Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Kamus Sunda

1 min read

Kamus Sunda

Kamus Sunda– Pada kesempatan ini rumusguru.com akan memberikan penjelasan tentang Kamus Sunda, yuk lihat penjelasannya dibawah ini:


Kamus Sunda


Kalau bicara bahasa sunda pasti identik dengan daerah provinsi jawa barat. Bahasa ini sebenarnya adalah bahasa Polinesia cabang Melayu dalam rumpun bahasa Astronesia.

Setidaknya ada 42 juta penutur bahasa ini, menjadikannya bahasa kedua yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Tak heran jika banyak penuturnya sehingga bahasa ini juga memiliki kamus khusus bahasa sunda.

Kamus Sunda


Pengertian bahasa sunda dan contoh kosa kata sunda Suatu saat berikut artinya

Bahasa Sunda ini dituturkan hampir di seluruh wilayah di Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Tidak hanya itu, bahasa daerah ini juga banyak digunakan di wilayah Jawa Tengah, terutama di beberapa wilayah Kabupaten Brebes dan Kabupaten Cilacap.

Banyak wilayah Jakarta, serta penduduk Sunda yang urban, juga menggunakan bahasa ini, yang terjemahan dari bahasa Sunda juga terkenal.

Dialek bahasa sunda cukup beragam karena disesuaikan dengan daerahnya. Jika ingin mengenal dialek, Kamus Sunda bisa menjadi panduannya.

Bahasa suku sunda terbagi menjadi 6 dialek yaitu dialek barat Banten, dialek utara, dialek timur tengah, dialek selatan Priangan, dialek timur laut termasuk bahasa sunda Cirebon ke dialek tenggara.

Jika kesulitan mencari artinya, bisa juga menggunakan stimulus bahasa Sunda penerjemah Google.

Dilihat dari sejarahnya, bahasa ini dituturkan di bagian barat pulau jawa, yang di juluki tatar sunda atau pasundan.

Namun bahasa ini juga digunakan di Jawa Tengah bagian barat, khususnya di Cilacap dan Brebes, mengingat daerah ini pernah menjadi bagian dari kekuasaan Kerajaan Galuh.

Tak heran jika banyak tempat di kawasan ini yang menggunakan nama Sunda. Deskripsi sejarah bahasa sunda bisa dibaca di kamus sunda.

Penutur asli bahasa sunda ada jutaan orang dan banyak seniman yang mempopulerkan bahasa ini. Tak heran jika banyak yang tertarik mempelajarinya.

Cara termudah untuk belajar bahasa Sunda adalah dengan menerjemahkannya di Internet. Tidak hanya itu, memiliki kamus bahasa sunda akan memudahkan belajar.

Sebelum anda mempelajari bahasa sunda atau menggunakan terjemahan bahasa sunda perlu diketahui bahwa bahasa ini terbagi dalam 3 tingkatan yaitu bahasa halus, bahasa biasa dan bahasa agresif.

Demi kesederhanaan, ada bahasa yang digunakan baik untuk kebutuhan formal maupun informal. Bahasa resminya sangat mudah ditemukan di Kamus Sunda, yang biasa digunakan untuk berdialog dengan orang yang lebih tua.

Sebaliknya, bahasa informal sering digunakan untuk berdialog dengan orang yang sebaya atau lebih muda.

Di bawah ini beberapa contoh ungkapan dan terjemahan bahasa Sunda yang biasa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Translate Bahasa Sunda

  • Permisi: punten
  • Gimana, sehat?: Kumaha, damang?
  • Terima kasih: hatur nuhun
  • Ada-ada saja: Aya-aya wae
  • Ingin kemana?: bade kamana?
  • Gimana?: Kumaha?
  • Saat ini: ayeuna
  • Esok: isukan

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan rumusguru.com mengenai Kamus Sunda, semoga bisa bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Kamus Sunda Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca