Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Pengertian Kata Rujukan

3 min read

Rumusguru.com – Apa itu Pengertian Kata Rujukan? Tentunya Anda sudah pernah mendengar istilah ini, termasuk kedalam bidang pelajaran Bahasa Indonesia yang pastinya pernah ditemui saat belajar disekolah.

Kali ini kami akan membahas tentang Pengertian Kata Rujukan secara lengkap untuk Anda yang belum sepenuhnya memahami akan hal ini. Silahkan simak uraiannya berikut ini.

Pengertian Kata Rujukan

Kata rujukan berarti yang merujuk ke suatu kata lain yang sudah diungkapkan sebelumnya, maka digunakan untuk menjadi pengganti dari aslinya.

Pada umumnya menggunakan kata seperti di sini, di sana, ini, itu, dia, ia, beliau dan lain sebagainya. Bisa kita ambil sebuah contoh dari kalimat yang ada di bawah ini :

“Karena terjebak macet, akhirnya Ega telat sampai di sekolah dan membuat dia tidak bisa masuk ke kelas karena dihukum oleh gurunya”.

Kata dia yang ada pada kalimat di atas merupakan kata rujukan, yang digunakan untuk merujuk ke pada Ega yang sudah disebutkan sebelumnya di awal kalimat.

Ciri – Ciri Kata Rujukan

Seperti kata lainnya, di dalam kata rujukan juga terdapat beberapa ciri ciri yang membedakannya dengan kata lainnya yang ada di dalam Bahasa Indonesia, dan berikut ini adalah ciri – ciri yang dimiliki oleh kata rujukan.

  1. Menggunakan kata ini.
  2. Menggunakan kata itu.
  3. Menggunakan kata tersebut.
  4. Menggunakan kata mau atau bersediakah.

Fungsi Kata Rujukan

Kata rujukan sendiri memiliki beberapa fungsi yakni digunakan untuk memuat informasi tentang kata dan juga istilah, kata rujukan juga digunakan untuk memuat informasi tentang sumber kepustakaan. Selain itu kata rujukan digunakan untuk menggantikan kata utama yang sudah disebutkan sebelumnya di dalam sebuah kalimat.

Jenis – Jenis Kata Rujukan

Kata rujukan sendiri dibagi ke dalam tiga jenis dan berikut ini adalah jenis dari kata rujukan dan berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1.) Kata Rujukan Benda atau Hal

Kata rujukan jenis ini digunakan untuk menyebutkan sebuah benda atau sesuatu hal dengan menggunakan pronomina. Ini biasanya menggunakan kata seperti kata : ‘ini’, ‘itu’, ‘tersebut’.

Contoh Kalimat :

  • Saya sangat menyukai Novel Harry Potter milik J.K Rowling, menurut saya novel itu merupakan novel fiksi fantasi tercerdas di dunia.
  • Membuat sampah di tempatnya adalah salah satu langkah kecil menangkal banjir, sayangnya masih banyak yang tidak sadar akan hal tersebut.

2.) Kata Rujukan Tempat

Berikutnya adalah kata rujukan tempat yang digunakan untuk menyatakan sebuah tempat dengan menggunakan pronomina seperti : ‘di sana’, ‘di situ’, ‘di sini’.

  • Setelah lulus SMA aku ingin kuliah ke luar Inggris, di sana aku akan tinggal bersama dengan kakakku yang juga kuliah di luar Inggris.
  • Stadion Bung Tomo dipenuhi oleh sporter berkaos hijau karena di sana aka nada pertandingan PERSEBAYA melawan AREMA.

3.) Kata Rujukan Orang atau Personil

Terakhir adalah kata rujukan orang atau perosnil. Ini memiliki kedudukan sama dengan makhluk hidup dan disebut dengan menggunakan kata ganti. Jenis kata ini biasanya menggunakan kata seperti : ‘dia’, ‘ia’, ‘mereka’, ‘beliau’.

  • Karena lupa memasang alarm, Andi menjadi telat bangun dan membuat dia tidak bisa mengikuti ujian.
  • Tidak salah jika Budi selalu mendapat peringkat satu di kelas karena ia merupakan anak yang sangat pandai.

Perbedaan Kata Ganti Dan Kata Rujukan

  1. Kata Ganti kata yang merujuk pada kata benda. Misalnya, kata ganti merujuk pada orang dan mengubahnya. Misalnya saya, Anda, dia, mereka, dan lainnya.
  2. Definisi Kata Rujukan adalah kata yang berarti kata lain yang disebutkan. Misalnya ini, tersebut, itu, dan lainnya.

Unsur Bahasa Untuk Kalimat Yang Tepat

Ada Unsur dalam kalimat yang menjelaskan penggunaan kata dan artinya, yang disebut dengan unsur kebahasaan. Ini dapat membuat kalimat lebih mudah dibaca dan diterjemahkan.

Unsur kebahasaan ini termasuk konjungsi, frasa, kata ganti, rujukan kata, kata berimbuhan, repetisi dan juga kata penghubung. Mari belajar bersama tentang tata bahasa untuk menemukan kalimat yang tepat dan benar.

1. Kata Rujukan

Ini digunakan sebagai pengganti kata atau kata lain yang merujuk pada seseorang, penunjuk dan kepunyaan. Ada beberapa jenis kata rujukan ini yaitu rujukan orang, rujukan tempat dan rujukan benda atau hal.

2. Frasa

Merupakan kelompok kata dengan penggabungan lebih dari dua kata yang kemudian menjadi sebuah kalimat untuk dibaca atau diucapkan.

3. Kata Baku Dan Imbuhan

Imbuhan merupakan kata awal dengan penggunaan awalan, akhiran, dan sisipan

Sedangkan kata baku adalah kata yang mempunyai arti jelas berbeda dengan kata tidak baku yang merupakan kata sederhana untuk komunikasi dalam keseharian.

4. Kata Hubung/ Konjungsi

Kata hubung merupakan kata untuk menghubungkan dua kata bahkan lebih. Juga bisa digunakan menghubungkan kalimat. Terbagi menjadi dua yaitu konjungsi antarkalimat serta konjungsi intrakalimat.

5. Kata Leksikal

Leksikal memiliki makna berhubungan dengan kosa kata. Ini terdiri dari kata benda untuk nyata atau abstrak, kata sifat untuk keadaan, dan adverbia untuk keterangan tempat, waktu, dan lain lain.

6. Kalimat Kalimat Majemuk Dan Tunggal

Kalimat tunggal merupakan kalimat dengan satu subjek dan predikat, diikuti objek dan keterangan. Terdiri dari verbal berupa kata kerja, dan adjektiva berupa kata sifat.

Kalimat majemuk merupakan kalimat dengan dua klausa lebih, digabungkan dengan kalimat penghubung. Terdiri dari kalimat majemuk bertingkat dan kalimat majemuk setara.

10+ Contoh dari Kalimat Rujukan

  1. Saya sangat menikmati menonton film karya Hanung Bramantyo karena menurut saya film film beliau sangat mendidik dan menghibur.
  2. Merokok adalah salah satu kegiatan tidak memiliki manfaat yang justru dapat merusak kesehatan organ paru – paru, namun banyak orang yang tidak peduli akan hal tersebut.
  3. Aku pindahan dari Surabaya, aku tinggal di sana sejak masih berusia 10 tahun.’
  4. Jakarta adalah Ibukota Indonesia, di sana juga ada kota tua yang menjadi salah satu tempat wisata budaya bagi masyarakat Indonesia.
  5. Putri adalah anak yang sangat ramah dan suka membantu, maka tidak heran jika dia memiliki banyak sekali teman mulai dari teman di kelasnya hingga adik dan kakak kelasnya, semua suka berteman dengannya.
  6. Sebelum menjadi Presiden Republik Indonesia, Jokowi pernah menjadi pemimpin daerah, beliau sukses menjadi Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta.
  7. Kakek buyutku adalah veteran perang, dia ikut angkat senjata dalam perang di Surabaya.
  8. Pada saat berada di Bali aku bertemu dengan teman lama, di sana kami akhirnya bisa berlibur bersama.
  9. Pada saat ulangan MTK, Hisyam ketahuan mencontek di dalam kelas sehingga dia dikeluarkan dari kelas dan otomatis mengikuti ulangan susulan yang diadakan dua hari lagi.
  10. Saat melihat iklan dari smartphone baru keluaran negeri oppa, aku langsung tertarik untuk membelinya, karena benda itu tidak hanya memiliki fungsi yang canggih namun desain yang stylist dan elegan.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Kata Rujukan yang telah kami bahas untuk Anda secara rinci. jangan lupa untuk terus mengikuti artikel kami yang menarik lainnya di https://rumusguru.com/. semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Lainnya :

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Pengertian Kata Rujukan Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca