Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Kata Sandang Adalah

4 min read

Kata sandang adalah salah satu materi di dalam bahasa Indonesia yang sering diulas, untuk itu pada kesempatan kali ini kami pun akan memberikan ulasan mengenai kata sandang, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian kata sandang

Kata sandang merupakan suatu kata yang tidak akan mempunyai arti tertentu. Kata ini sendiri pun tidak memiliki arti atau makna yang secara khusus. Karena kata sandang ini hanya digunakan untuk menjadi penjelas yang ada pada kata yang berada di depannya.

Sehingga arti atau makna dari kata sandang ini hanya berdasarkan atau tergantung pada kata yang ada di depannya. Maka dari itu lah, kata sandang ini dianggap tidak memiliki arti atau makna tersendiri sehingga membuat kata ini tidak dapat berdiri sendiri. Kata sandang ini harus memiliki kata depan untuk membuat kata ini memiliki arti atau makna yang tergantung dengan makna atau arti dari kata yang disandangnya.

Fungsi kata sandang

Sama halnya dengan jenis kata lain yang ada pada bahasa Indonesia, kata sandang ini juga mempunyai fungsi khusus, berikut ini adalah fungsi yang dimiliki oleh kata sandang.

1.) Kata sandang berfungsi untuk digunakan membedakan suatu kata, klausa atau frase.

Contoh kalimatnya :

Yang paling rajib belajar pasti bisa sukses suatu hari nanti.

Kata yang merujuk pada seseorang yang rajin belajar.

2.) Kata sandang berfungsi untuk digunakan membentuk suatu kata benda atau pun kata ganti orang lain.

Contoh kalimatnya :

Para pemain sudah keluar dari lapangan dengan berjalan bersama dengan pelatih mereka dan ditemani dengan supporter tim hijau yang senang atas kemenangan mereka pada pertandingan hari ini.

Para pemain dalam kalimat di atas mengacu pada para pemain yang berasal dari tim hijau.

Jenis Jenis Kata Sandang

A. Kata Sandang Jumlah Tunggal

Jenis kata sandang yang pertama adalah kata sandang yang digunakan untuk menyebutkan jumlah tunggal. Terdapat beberapa kata yang termasuk dalam kata sandang jenis ini. Berikut adalah contohnya :

1.) Sang

Kata pertama adalah kata sang, kata ini sendiri biasanya digunakan untuk memanggil atau merupakan kata panggilan dari seseroang, benda mati mau pun makhluk hidup lainnya yang digunakan untuk meninggikan derajat dan martabat dari orang tersebut, namun kata ini juga berfungsi sebagai sindiran di mana kata ini digunakan untuk menyindir seseorang yang terlalu gila kedudukan.

Contoh kalimat :

  • Sang Ratu akhirnya dipenggal kepalanya karena telah lama menyengsarakan rakyat dengan uang pajak yang tinggi dan digunakan untuk berfoya-foya.
  • Sang kakak adalah seorang penyanyi, pemain film dan mantan anggota girlband terkenal di Korea Selatan.
  • Pada setiap tanggal 17 Agustus Sang Merah Putih akan berkibar tinggi di tiang bendera Istana Negara.
  • Sang Raja yang punya hobi memiliki banyak selir akhirnya harus hidup sendirian sebatang kara karena sudah ditinggalkan oleh anak dan istrinya, sedangkan selirnya juga meninggalkan dia saat sakit-sakitan.
  • Setelah menunggu seharian akhirnya sang raja rimba yang sudah mengintai mangsanya sanggup menerkam mangsanya dan memakannya bersama dengan kawanan singa yang lainnya.

2.) Sri

Kata sandang berikutnya adalah sri, kata ini biasanya digunakan untuk memanggil atau memberikan kedudukan tinggi pada manusia yang mempunyai derajat lebih tinggi seperti penguasa dan raja.

Contoh kalimat :

  • Sri Sultan Hamengkubuwono X merupakan pemimpin tertinggi dari salah satu kerajaan terbesar di Pulau Jawa.
  • Sri baginda Ratu dan Raja sedang bermain bersama dengan para putra dan putri kerajaan di halaman Istana Raja.
  • Sri Raja memerintahkan Putra Mahkota agar dirinya belajar mengenai kesenian, sastra dan beladiri agar kelak dirinya bisa menjadi Raja yang tidak hanya pandai berkelahi namun juga memiliki pengetahuan di bidang seni dan sastra.

3.) Hang

Kata sandang berikutnya adalah Hang, kata ini sendiri mungkin tidak pernah kamu ketahui karena kata ini biasanya digunakan di dalam sastra lama dan digunakan untuk menghormati seseorang yang memiliki kedudukan tinggi.

Contoh kalimat :

  • Hang Jebat dan Hang Tuah adalah sahabat yang akhirnya harus saling membunuh karena kesalahan perintah yang diberikan oleh Raja.
  • Hang Bae merupakan salah satu orang kaya yang dermawan dan terkenal di kampung halamannya.
  • Hang Tuah harus melindungi pusaka Raja yang dititipkannya dan tidak boleh diberikan oleh orang lain selain Raja sendiri.

4.) Dang

Kata sandang yang berikutnya adalah Dang, kata ini sendiri memiliki fungsi yang sama dengan kata sandang Hang hanya saja jika kata Hang hanya diperuntukkan pada laki-laki sedangkan kata sandang Dang lebih diperuntukkan untuk wanita.

Contoh kalimat :

  • Dang Siti akhirnya menikah juga dengan Pria idamannya yang selama ini ditentang oleh keluarganya karena perbedaan status.
  • Dan Ayu adalah wanita paling cantik di kampungnya yang diidamkan oleh banyak Pria.

5. Hyang

Kata sandang Hyang biasanya digunakan secara khusus oleh umat beragama Hindu. Dan secara khusus digunakan untuk menyebutkan nama dewa mau pun dewi di agama mereka.

Contoh Kalimat :

  • Sang Hyang Widhi adalah pemberi kehidupan bagi umat Hindu.
  • Hyang Sri adalah Dewi pertanian yang ada pada agama Hindu dan menjadi salah satu Dewa yang sangat dipuja.

6.) Yang

Kata sandang Yang adalah kata yang digunakan untuk menggantikan nama Tuhan atau digunakan sebagai pembentuk.

Contoh kalimat :

  • Jika ingin meminta sesuatu, berusaha dan berdoalah pada Yang Maha Kuasa.
  • Sebagai masyarakat Indonesia kita harus percaya pada Ketuhana Yang Maha Esa.

B.) Kata Menyatakan Jumlah

Jenis kata sandang yang berikutnya adalah kata sandang yang digunakan untuk menyatakan jumlah atau kelompok, kata sandang ini pun terdiri dari beberapa kata seperti berikut ini.

1.) Para

Kata sandang para merupakan kata sandang digunakan untuk menegaskan sekelompok orang. Atau sekelompok manusia yang memiliki kesamaan dan terkumpul menjadi satu.

Contoh kalimat :

  • Para personel 2PM berhasil memukau penonton dengan penampilannya di konser yang digelar di Tokyo Dome.
  • Para peselancar sangat menyukai ombak tinggi yang ada di Pantai Pelengkung.

2.) Umat

Kata sandang umat adalah kata yang digunakan untuk menyatakan mengenai kesamaan. Kesamaan ini meliputi bidang agama atau ideologi secara khusus.

Contoh kalimat :

  • Indonesia merupakan Negara dengan jumlah Umat Muslim terbanyak di dunia.
  • Tinggal beberapa hari lagi Hari Raya Nyepi akan dilaksanakan oleh Umat beragama Hindu di Indonesia.

3.) Kaum

Kata sandang kaum adalah kata sandang yang digunakan untuk menyatakan orang yang memiliki kesamaan ideologi atau pandangan.

Contoh kalimat :

  • Kini kaum wanita bukanlah kelompok lemah yang hanya harus menjadi ibu rumah tangga tapi juga bisa berkarier seperti pria.
  • Kaum penyendiri adalah mereka yang tidak suka bersosialisasi dan cenderung menghindari hubungan sosial, mereka juga disebut dengan istilah antisosial.

C.) Kata Sandang Penunjuk Kata Ganti Orang atau Benda

Kata sandang ini adalah jenis kata sandang yang digunakan untuk menunjuk kata ganti orang dan juga benda.

1.) Si

Kata sandang si adalah kata yang digunakan untuk melengkapi atau menemani. Kata ini juga digunakan secara beriringan dengan nama seseorang, hewan dan bisa juga digunakan untuk membentuk kata sifat menjadi kata benda.

Contoh kalimat :

  • Si Rudi adalah anak yang sangat nakal, dia suka menjahili teman sekolahnya.
  • Si kancil adalah salah satu dongen anak paling terkenal dari Indonesia.
  • Si cebol itu dari dulu tidak pernah berubah.

2.) Yang

Kata sandang yang adalah kata yang digunakan untuk membentuk suatu kata benda. Bisa berasal dari kata yang digunakan sebagai manusia.

Contoh kalimat :

  • Dari tadi hatiku tidak tenang, sepertinya ada yang memanggil namaku.
  • Pria yang meninggal dunia itu katanya terkena serangan jantung saat naik sepeda.

Nah, itulah dia contoh dan jenis jenis dari kata sandang beserta dengan penjelasan lengkapnya. Sampai jumpa pada pembahan berikutnya.

Artikel Lainnya :

Kalorimeter – Pengertian, Rumus, Contoh Beserta Gambar

Fungsi Aljabar – Limit, Turunan, Contoh Soal

Rumus Energi Kinetik

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Kata Sandang Adalah Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca