Kompres PDF Sesuai Ukuran yang Diinginkan

Kompres PDF

RumusGuru.com Kompres PDF sesuai ukuran yang diinginkan berikut ini untuk membuat file PDF yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Kami akan memberikan tips untuk mengkompres file PDF dengan ukuran yang dibutuhkan dan diinginkan.

Hal ini sangatlah berguna pada saat kita hendak mengupload sebuah file berformat PDF di suatu situs tertentu. Dan rupanya di situs tersebut terdapat sebuah aturan mengenai maksimal dan minimal dari ukuran PDF yang bisa diunggah

Misalnya hanya membolehkan kalian untuk menggunggah file PDF dengan ukuran lebih kecil dari 500KM, 200KB, 100KB dan lainnya. Biasanya hal ini dilakukan agar proses upload bisa berjalan dengan lebih cepat. Dan juga menghindari penyimpanan pada server yang bersangkutan agar tidak cepat penuh.

Sebab bukan hanya kita saja yang akan mengirimkan atau mengupload file PDF pada situs tersebut sehingga ukuran file PDF nya dibatasi.

Maka hal tersebut pun mau tak mau membuat kalian harus menyesuaikan kapasitas file PDF sehingga file yang akan kalian unggah nantinya memiliki ukuran yang tidak melebihi batas dari ketentuan yang sudah diberikan.

Nah, untuk mengecilkan file PDF ini cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mengkompres file tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk kompres file PDF, baik dengan bantuan aplikasi kompres file PDF mau pun lewat situs online.

Sementara itu untuk mengecilkan ukuran file PDF sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kalian sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah saja kok. Cara ini bisa kalian lakukan baik di laptop mau pun di android.

Sebab di sini kita akan memanfaatkan situs kompres file PDF yang terbilang cara ini lebih mudah. Karena kalian tidak membutuhkan bantuan aplikasi atau pun software. Selain itu di sini kita bisa menentukan kapasitas dari file PDF yang hendak kalian kompres sesuai dengan kebutuhan.

Situs Kompres PDF Terbaik

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya jika di sini kita akan menggunakan bantuan situs kompes file PDF. Beberapa alasan yang membuat kami lebih memilih menggunakan cara ini.

Alasan pertama karena cara ini bisa digunakan pada PC atau android sebab cara ini hanya membutuhkan aplikasi browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox hingga Opera Mini. Sehingga cara ini dianggap lebih fleksibel.

Alasan kedua karena kita tidak membutuhkan aplikasi mau pun software untuk diinstall di perangkat kalian.

Ada banyak sekali situs kompres PDF yang tersebar di internet dan berfungsi untuk mengecilkan file PDF secara online. Namun sebagian besar situs tersebut hanya berbayar dan hanya memberikan layanan basic bagi pengguna gratis.

Tapi ada kok, beberapa situs kompres file PF yang memberikan layanan kompres PDF gratis dengan hasil yang cukup bagus. Sehingga bisa dijadikan sebagai rekomendasi.

Berikut ini beberapa situs kompres PDF yang kami rekomendasikan :

1.) https://www.ilovepdf.com/compress_pdf

2.) https://pdfcompressor.com

3.) https://www.sodapdf.com/id/compress-pdf/

4.) https://pdfcandy.com/compress-pdf.html

5.) https://www.foxitsoftware.com/compress-pdf/

6.) https://docupub.com/pdfcompress/

7.) https://www.pdf2go.com/compress-pdf

Dari semua rekomendasi di atas pilihlah salah satu yang dianggap paling mudah untuk digunakan dan paling memenuhi kebutuhan kalian.

Cara Kompres PDF Sesuai Ukuran yang Diinginkan

Untuk mengkompres file PDF sesuai dengan keinginan kalian, bisa menggunakan cara di bawah ini, di sini kami menggunakan salah satu situs kompres file PDF yang sudah kami rekomendasikan di atas.

1.) Pertama buka peramban atau browser dari Laptop atau HP kalian.

2.) Lalu buka situs kompres PDF Online, di sini kita akan menggunakan  https://smallpdf.com/compress-pdf.

3.) Lanjutkan dengan mengupload file PDF yang hendak dikompres dengan cara klik tombol Choose Files lalu pilihlah file PDF yang hendak laian kompres, tunggu hingga proses upload berhasil.

4.) Di sini kalian bisa langsung menentukan ukuran PDF yang diinginkan, terdapat dua cara kompres yang bisa kalian gunakan. Pertama adalah metode basic dan yang kedua adalah metode strong. Di sini pun akan ada estimasi kapasitas file dari hasil kompres.

Misalnya file yang kalian upload memiliki ukuran sebesar 123KB, lalu kalian ingin mengkompresnya agar berukuran 100KB. Maka kalian bisa menggunakan metode Basic Compression File. Kemudian file pun berhasil dikompres sehingga akhirnya hanya memiliki ukuran sebesar 73,7KB.

Artinya file kalian berhasil dikompres dan berkurang sebanyak 40%.

5.) Jika kamu sudah menentukan ukutan dari file PDF dan juga metode kompres yang digunakan, maka kalian bisa langsung klik tombol Choose Option. Lalu proses kompres file PDF pun akan berlangsung.

6.) Selanjutnya kalian hanya perlu menunggu hingga prosesnya selesai, semakin besar ukuan PDF yang dikompres maka akan semakin lama prosesnya, dan begitu pula sebaliknya.

7.) Jika file PDF sudah berhasil dikompres maka kalian pun bisa langsung mengunduh file tersebut dan disimpan diperangkat kalian dengan cara klik tombol Download. Kalian pun juga bisa langsung mengimport file PDF yang baru saja dikompres ke Google Drive dan Dropbox secara langsung.

Jangan lupa untuk memeriksa file PDF yang tadi sudah dikompres, agar sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah sesuai maka kalian sudah bisa menggunakan file PDF yang sudah dikompres tersebut untuk keperluan kalian.

Jadi dari sini kalian sudah tahu dong, jika cara kompres PDF sesuai ukuran yang diinginkan cukup mudah. Semoga bermanfaat, sampai jumpa pada pembahasan lainnya ya.

Artikel Lainnya :

  1. Aplikasi Edit Video Mudah
  2. Gabung PDF Gratis
  3. Cara Membuat Scan Barcode