Konjungsi Antar Paragraf

3 min read

Konjungsi antar paragraf merupakan salah satu dari dari jenis kalimat konjungsi. Nah, untuk kali ini kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai konjungsi antar paragraf mulai dari pengertian, ciri – ciri, fungsi hingga jenis jenis yang ada pada konungsi antar paragraf.

Nah, mau tahu ulasan lebih lengkapnya? Mari kita simak saja ulasannya melalui artikel yang ada di bawah ini.

Pengertian Konjungsi Antar Paragraf

Pastinya kamu juga sudah tahu kan, apa itu konjungsi? Ya, konjungasi adalah kata hubung yang biasa digunakan untuk menghubungkan dua kalimat yang kedudukannya setara atau sama menjadi satu kalimat.

Sedangkan konjungsi antar paragraf sendiri adalah  sebuah konjungsi yang digunakan pada antar paragraf. Atau bisa dibilang sebuah kata konjungsi atau kata hubung yang digunakan untuk menghubungkan atau menggabungkan dua paragraf yang memiliki arti sama atau setara menjadi satu paragraf.

Konjungsi antar paragraf sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis, namun sebelum membahas jenis jenis konjungsi antar paragraf ada baiknya jika kita mengetahui apa saja fungsi dari konjungsi antar paragraf ini ya.

Fungsi Konjungsi Antar Paragraf

Konjungsi antar paragraf pastinya memiliki beberapa fungsi yang sangat penting ketika digunakan di dalam sebuah kalimat atau paragraf.

  1. Fungsi konjungsi antar paragraf yang pertama adalah digunakan untuk menghubungkan makna makna dan arti yang disampaikan pada konjungsi antar paragraf ini.
  2.  Fungsi berikutnya yang ada pada konjungsi antar paragraf adalah digunakan untuk menghubungkan dua paragraf yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.
  3. Fungsi ketiga yang dimiliki oleh konjungsi antar paragraf adalah digunakan untuk mempermudah bagi para pembaca dalam memahami pesan yang hendak disampaikan pada setiap paragraf.
  4. Fungsi lainnya dari konjungsi antar paragraf ini adalah digunakan untuk membentuk alur cerita yang semuanya dibuat agar saling tersambung.
  5. Fungsi konjungsi antar paragraf yang terakhir adalah digunakan untuk memberikan petunjuk pada pembaca, dari sisi mana saja pembaca harus memahami sebuah alur cerita agar dapat dimengerti secara runut.

Ciri – ciri Konjungsi Antar Paragraf

Sementara itu konjungsi antar paragraf ini juga memiliki ciri ciri yang membedakannya dengan jenis kalimat konjungsi yang lainnya atau jenis kalimat yang lainnya, berikut ini adalah ciri ciri yang ada pada konjungsi antar paragraf.

  1. Konjungsi antar paragraf ini diletakkan pada awal paragraf yang makna atau artinya berhubungan dengan paragraf yang sebelumnya.
  2. Konjungsi antar paragraf ini sendiri memiliki beberapa tujuan yakni digunakan untuk menambahkan, membandingkan, mempertentangkan, menjelaskan tujuan, menyatakan sebab dan hasil, menyatakan waktu dan tempat hingga digunakan untuk mengintesifikasi.

Jenis – Jenis Konjungsi Antar Paragraf

Sudah tahu apa saja fungsi dan ciri ciri dari konjungsi antar paragraf. Nah, maka dari itu kita akan beralih ke pembahasan berikutnya yakni mengenai jenis jenis konjungsi antar paragraf yang wajib kamu tahu.

1.) Konjungsi Antar Paragraf Tambahan

Yang pertama ada kalimat konjungsi antar paragrar tambahan. Jenis kalimat ini digunakan untuk menyatakan adanya sebuah tambahan. Pada suatu kalimat yang sudah dijelaskan sebelumnya dan ditambahkan pada kalimat berikutnya.

Kata yang biasa digunakan dalam konjungsi antar paragraf jenis ini adalah ‘di samping itu’ dan ‘tambahan lagi’.

2.) Konjungsi Antar Paragraf Pertentangan

Jenis Konjungsi Antar Paragraf yang berikutnya disebut dengan Konjungsi Antar Paragraf pertentangan karena kalimat ini menjelaskan mengenai sesuatu yang sudah dijelaskan pada paragraf atau kalimat sebelumnya memiliki pertentangan dengan kalimat berikutnya.

Kata yang biasa digunakan di dalam jenis Konjungsi Antar Paragraf ini ‘Bagaimanapun juga’, ‘sebaliknya’, dan ‘Selain itu’.

3.) Konjungsi Antar Paragraf Perbandingan

Yang ketiga adalah Konjungsi Antar Paragraf perbandingan yang digunakan untuk memberikan pernyataan mengenai suatu perbandnga. Konjungsi Antar Paragraf jenis ini biasanya menggunakan kata ‘sama halnya’ dan ‘sebagaimana’.

4.) Konjungsi Antar Paragraf Akibat dan Hasil

Jenis Konjungsi Antar Paragraf yang satu ini biasanya digunakan untuk menyatakan akibat dan hasil dengan menggunakan kata konjungsi ‘oleh karena itu’ dan ‘jadi’.

5.) Konjungsi Antar Paragraf Tujuan

Jenis yang kelima adalah Konjungsi Antar Paragraf tujuan yang digunakan untuk memberikan pernyatakan tentang tujuan. Konjungsi Antar Paragraf biasanya menggunakan kata ‘dengan maksud itu’ dan ‘untuk itu’.

6.) Konjungsi Antar Paragraf Intensifikasi

Kalimat Konjungsi Antar Paragraf ini digunakan untuk memberikan pernyataan mengenain intensifikasi. Kata yang biasa digunakan untuk kalimat konjungsi ini adalah ‘ringkasnya’ dan ‘pada intinya’.

7.) Konjungsi Antar Paragraf Waktu

Kalimat Konjungsi Antar Paragraf jenis ini berfungsi untuk digunakan dalam menyatakan adanya waktu. Kata yang digunakan untuk menyatakan Konjungsi Antar Paragraf waktu ini adalah ‘kemudian’, ‘sementara itu’.

8.) Konjungsi Antar Paragraf Tempat

Sesuai dengan namanya Konjungsi Antar Paragraf jenis ini digunakan untuk menyatakan keberadaan tempat. Biasanya kata yang ada pada Konjungsi Antar Paragraf tempat ini adalah ‘bedampingan dengan’ dan di sinilah’.

Contoh Konjungsi Antar Paragraf

Seperti yang sudah kami janjikan di atas, bahwa kami juga akan memberikan contoh kalimat konjungsi antar paragraf, berikut ini adalah contohnya :

Contoh 1

Randi adalah anak yang pintar, sejak kecil dia selalu menjadi juara kelas di sekolahnya dan tidak pernah mendapatkan nilai di bawah angka 9. Hal ini membuat banyak anak iri dengan Randi bahkan banyak orang tua yang ingin memiliki anak seperti Randi. Banyak orang yang berpikir jika Randi akan menjadi orang sukses saat dirinya dewasa nanti.

Terlebih lagi selain memiliki otak yang pintar dan IQ yang tinggi, Randi juga berasal dari keluarga kaya yang dapat memberikan fasilitas terbaik untuknya. Mulai dari les private dengan guru terbaik di kotanya hingga mendapatkan fasilitas penunjang belajar lainnya. Tapi siapa sangka jika saat dewasa Randi justru menjadi anak yang bermasalah, sering melakukan kenakalan seperti berkelahi, mencuri hingga menggunakan narkoba. Hal ini membuat Randi harus masuk penjara di usianya yang baru menginjak 18 tahun.

Berdasarkan dari cerita teman-temannya, Randi sebenarnya tertekan dengan semua tuntutan yang diberikan oleh orang tuanya yang membuat Randi harus selalu menjadi juara kelas. Tak jarang Randi akan mengalami kekerasan fisik ketika nilainya tidak memuaskan bagi kedua orang tuanya. Randi juga dipaksa untuk terus belajar tanpa pernah mendapatkan waktu istirahat yang cukup atau pun bermain. Karena menurut orang tua Randi, bermain adalah kegiatan yang membuang-buang waktu. Mungkin ini lah yang membuat Randi menjadi anak pemberontak dan bermasalah ketika dirinya sudah remaja.

Contoh 2

Ayam adalah salah satu hewan yang masuk dalam kelompok unggas, ayam sendiri memiliki banyak jenis dan menjadi salah satu hewan yang sangat disukai di dunia. Hal ini tentu tak luput dari perannya sebagai bahan pangan utama bagi manusia. Hampir seluruh dunia suka mengkonsumsi daging ayam.

Selain itu, ayam juga tidak hanya dikonsumsi dagingnya saja namun juga telurnya dapat dikonsumsi dan menjadi sumber protein yang baik bagi manusia.

Terlebih lagi, harga daging ayam dan telur ayam yang terbilang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan daging yang lainnya. Bahkan jika daging ayam melonjak harganya maka masyarakat bisa beralih dengan mengkonsumsi telur ayam untuk mendapatkan protein dalam makananya.

Oleh karena itu, ayam masih menjadi komoditi pangan yang paling banyak dicari, ditambah lagi dengan proses budidayanya yang terbilang mudah.

Nah, itu dia penjelasan kali ini mengenai konjungsi antar paragraf yang kami ulas secara lengkap untuk kalian semua, semoga bermanfaat ya dan sampai jumpa.

Artikel Lainnya :

Wewenang MPR Setelah Amandemen

Paragraf Induktif dan DeduktifKata Rujukan

Kata Rujukan

Konjungsi Antar Paragraf Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Leave a Reply

SELAMAT DATANG
Hai Sobat Rumusguru.Com. Untuk Masukan, Saran, Kerja Sama dan Pertanyaan Silahkan Hubungi Kami Melalui Email Ini Ya Sobat admin@rumusguru.com