Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Kwitansi Adalah

3 min read

Kwitansi Adalah

Kwitansi Adalah – Pada kesempatan ini rumusguru.com akan memberikan penjelasan tentang Kwitansi Adalah, yuk lihat penjelasannya dibawah ini:


Kwitansi Adalah


Pengertian Kwitansi

Kwitansi yakni suatu perlengkapan nyata penerimaan beberapa uang yang ditanda tangani baik penerima, selanjutnya diberikan ke pihak yang membayar serta bisa digunakan bagaikan fakta transaksi.

Kwitansi ialah surat nyata yang melaporkan sudah terbentuknya penyerahan beberapa uang, dari pemberi kepada penerima serta ditandatangani oleh penerima beberapa uang yang ditulis pada surat tersebut.

Kwitansi dilengkapi dengan penjelasan tempat, tanggal serta alasan penyerahannya beberapa uang tersebut.

Umumnya buat menguatkan tanda nyata transaksi di kwitansi diberikan Materai sebesar yang telah didetetapkan oleh undang-undang perpajakan.

Kwitansi ialah suatu surat ataupun dokumen yang kerap digunakan bagaikan ciri nyata kalau sudah terbentuknya transaksi penerimaan beberapa uang dari pemberi uang kepada penerima uang.

Yang dilengkapi dengan sebagian rincian semacam tujuan dari pembayaran ataupun transaksi, tempat serta tanggal dimana terbentuknya transaksi tersebut.

Ada sebagian transaksi yang memakai fakta kwitansi dalam pendatanganannya diharuskan buat diiringi materai sebagai legalitas dari kwitansi yang dibuat bagaikan nyata dari transaksi.

Bisa disimpulkan dari sebagian uraian diatas, salah satu fungsi kwitansi ialah bisa digunakan bagaikan tanda nyata transaksi ataupun penyerahan beberapa uang.

Kwitansi Adalah


Perhatikan Perihal Berikut Bila Mau Memakai ataupun Membuat Kwitansi

Apabila mau memakai ataupun membuat kwitansi buat kebutuhan transaksi, Kamu perlu mencermati sebagian perihal berikut ini biar tidak salah.

1. Jauhi meneken kwitansi kosong supaya fakta tanda tangan Kamu tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dengan memakai tanda tangan, hendak nampak mana kwitansi asli serta mana yang dipalsukan buat tindak kejahatan.

2. Perhatikan pula dalam menulis nama lengkap sang penerima ataupun pemberi uang.

3. Tambahkan pula tanda di akhir tulisan, misalnya pada bagian “buat pembayaran.” Tujuannya biar tidak dapat lagi ditambahkan dengan uraian ataupun kalimat lain diluar transaksi.

4. Cantumkan nama tempat serta tanggal transaksi yang bersebelahan dengan tanda tangan sang penerima uang.

5. Bila nilai transaksi lumayan besar serta wajib dibubuhi meterai, tanda tangan wajib menimpa kwitansi.


Kenali Ciri Kwitansi

Kenali serta pahami ciri kwitansi sehingga Kamu tidak bimbang dikala wajib memakainya.

1. Biasanya tiap kwitansi dibuat mempunyai 2 sisi, ialah sisi luar ataupun sisi atas dasar. Kwitansi sisi luar di sebelah kiri dinamakan sub kwitansi.

Sub kwitansi ini digunakan buat tanda nyata untuk sang penerima uang, sedangkan bagian kanan diberikan kepada pemberi uang sebagai bukti penyerahan dana ataupun pembayaran.

2. Sebaliknya kwitansi rangkap atas dasar, umumnya buat bagian atas hendak diberikan kepada sang pembayar, sedangkan bagian bawahnya digunakan sang penerima bagaikan arsip keuangan.

3. Isi dari kwitansi mencantumkan jumlah uang yang dibayar ataupun diserahkan dalam angka ataupun terbilang (huruf), tanggal transaksi, tempat transaksi, serta kolom tanda tangan.

Baca Juga : Aksara Swara


Fungsi Kwitansi

Kwitansi mempunyai banyak fungsi baik itu buat penjual ataupun buat pembeli. Berikut ini sebagian fungsi kwitansi:

  • Bagaikan bukti untuk pembeli kalau sudah terjadi transaksi serta pembeli sudah menyerahkan uangnya kepada penjual.
  • Bagaikan bukti untuk penjual kalau sudah terjadi transaksi serta penjual sudah menerima uang dari pembeli, sehingga nantinya terdapat yang mengakui sudah membeli benda.
  • Bagaikan bukti surat yang bisa didatangkan pada sidang apabila nantinya ada gugatan ataupun permasalahan terkait transaksi tersebut.

Jenis – Jenis Kwitansi

Kwitansi terdapat bermacam jenis bersumber pada pemakaian. Seperti sebagian jenis kwitansi berikut:

  • Kwitansi Tanda Terima

Jenis Penerimaan merupakan fakta pembayaran, yang bisa berbentuk angsuran ataupun pembayaran cicilan. Semua ini hendak jadi bukti kokoh saat Kamu menampilkan tanda terima.

  • Kwitansi Transaksi Produk

Tipe tanda terima ini menerangkan apa yang sudah dibeli konsumen. Tanda terima termasuk dalam rincian no seri item, tipe item, alamat konsumen, serta harga item.

  • Kwitansi Transfer Uang

Bagaikan aturan, tipe tanda terima ini digunakan di lembaga perbankan. Sebab akses ini mempunyai deskripsi yang lebih jelas daripada no account.

  • Kwitansi Cash Receipt

Dokumen yang digunakan dalam area kerja. Tanda terima ini menerangkan dana keluar ataupun masuk di mana transfer disusun bagaikan bukti data keuangan selama audit.

  • Kwitansi Serah Terima Uang

Tipe dokumen berikut ini sangat kerap digunakan. Dalam tanda terima ini, Kamu wajib memastikan jumlah yang tersisa buat perseorang, lembaga, ataupun industri.

Baca Juga : Translate Bahasa Jawa


Komponen Dalam Menulis Kwitansi

Berikut ini sebagian perihal yang perlu dicermati dalam pembuatan kwitansi ialah:

  • Nomer kwitansi, nomer ini hendak berfungsi buat bisa membedakan antara kwitansi satu dengan kwitansi yang lain. Kamu bisa buatnya dengan urutan mengenakan angka ataupun bisa jadi dengan memberikan huruf. Buat format penomorannya bisa dikerjakan sesuai sama keperluan yang hendak di inginkan.
  • Nama lengkap orang yang hendak melaksanakan transaksi ataupun lembaga yang hendak menyerahkan uang.
  • Jumlah uang yang hendak diserahkan ialah besaran nominal uang yang ditulis sama pula dengan angka ataupun huruf.
  • Tempat, hari ataupun tanggal terbentuknya transaksi
  • Tujuan pembayaran, dalam soal ini hendak menerangkan buat apa pembayaran tersebut di lakukan
  • Nama lengkap orang dan jabatan dalam lembaga yang menerima uang yang hendak di sertai dengan tanda tangan
  • Cap ataupun stempel Dinas ataupun industri yang hendak menerima pembayaran
  • Apabila mengenakan materai, tanda tangan mesti menimpa materai yang hendak di tempelkan.

Contoh Kwitansi

Berikut merupakan sebagian contoh dari kwitansi yang telah diisi:

Kwitansi Honda

Kwitansi RS

Dari foto diatas kamu bisa melihat contoh-contoh dari kwitansi, buat pemakaian kwitansi pada keadaan tertentu bila mengenakan materai, maka tanda tangan mesti menimpa materai yang di tempelkan tersebut.

Khusus kwitansi dengan materai, buat pemakaian materai mempunyai ketentuannya sesuai syarat Menteri Keuangan ialah bagaikan berikut:

  • Transaksi ataupun pembelian dbawah Rp. 250.000 tidak boleh mengenakan materai.
  • Transaksi ataupun pembelian antara Rp. 250.000-Rp. 1.000. 000 hendak mengenakan materai Rp. 3000
  • Transaksi di atas Rp. 1.000 boleh mengenakan materai Rp. 6.000

Baca Juga :

Demikianlah penjelasan rumusguru.com mengenai Kwitansi Adalah, semoga bisa bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Kwitansi Adalah Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca