Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Landasan Teori

3 min read

Landasan Teori

Landasan Teori – Pada kesempatan ini rumusguru.com akan memberikan penjelasan tentang Landasan Teori, yuk lihat penjelasannya dibawah ini:


Landasan Teori


Teori diformulasikan buat menerangkan, memprediksi, serta menguasai fenomena serta, dalam banyak permasalahan, buat membantah serta memperluas pengetahuan yang terdapat dalam batas-batas anggapan batasan kritis.

Salah satu komponen berarti dalam melaksanakan riset merupakan memastikan teori apakah yang hendak digunakan buat mengekplorasi rumusan permasalahan.

Dalam riset kuantitatif, periset acapkali menguji bermacam teori buat menanggapi rumusan perkaranya.

Dalam riset kualitataif, pemakaian teorinya lebih bermacam-macam. Sebaliknya dalam riset tata cara kombinasi, periset dapat saja menguji ataupun malah membuat teori.

Oleh sebab itu, diperlukan landasan teori yang kuat buat bisa menampung ataupun menunjang teori penelitian.

Landasan Teori


Landasan Teori

Landasan teori ialah bagian dari riset yang muat teori-teori serta hasil-hasil riset yang berasal dari riset kepustakaan yang mempunyai fungsi bagaikan kerangka teori buat menuntaskan pekerjaan riset.

Landasan teori pula kerap diucap kerangka teori. Kerangka teori terdiri dari konsep beserta definisi serta rujukan buat literatur ilmiah yang relevan, teori yang digunakan buat penelitian ataupun riset.

Kerangka teoritis wajib menampilkan uraian tentang teori serta konsep yang relevan dengan topik riset kita serta yang berhubungan dengan bidang pengetahuan yang lebih luas yang lagi dipertimbangkan.

Kerangka teori menguatkan riset dengan metode berikut:

  • Statment eksplisit anggapan teoritis membolehkan pembaca buat mengevaluasi riset secara kritis.
  • Kerangka teoritis menghubungkan periset dengan pengetahuan yang terdapat. Dipimpin oleh teori yang relevan, periset mempunyai dasar buat menyusun hipotesis serta memilah tata cara riset.
  • Mengartikulasikan anggapan teoritis dari riset yang memforsir periset buat menanggapi persoalan tentang kenapa serta gimana. Ini membolehkan periset buat bertransisi secara intelektual dari cuma menggambarkan suatu fenomena yang sudah diamati buat menggeneralisasi tentang bermacam aspek dari fenomena itu.
  • Mempunyai teori menolong periset mengenali batas generalisasi tersebut. Kerangka kerja teoritis menetapkan variabel kunci mana yang mempengaruhi fenomena yang diteliti serta menyoroti kebutuhan buat mengecek gimana variabel kunci itu bisa jadi berbeda serta dalam keadaan apa.
  • Bersumber pada sifat aplikatifnya, teori yang baik dalam ilmu-ilmu sosial bernilai sebab malah penuhi satu tujuan utama: buat menerangkan arti, sifat, serta tantangan yang terkait dengan suatu fenomena, kerap dirasakan namun tidak dipaparkan di dunia tempat kita hidup, sehingga kita bisa memakai pengetahuan serta uraian itu buat berperan dengan metode yang lebih terinformasi serta efisien.

Baca Juga : Konsumen Adalah


Pengertian Landasan Teori

Landasan teori merupakan seperangkat definisi, konsep serta proposisi yang sudah disusun apik serta sistematis tentang variabel-variabel dalam suatu riset.

Landasan teori hendak jadi dasar yang kuat dalam suatu riset yang hendak dicoba.

Penataan landasan teori yang baik serta benar dalam suatu riset jadi perihal yang berarti karena landasan teori jadi suatu pondasi dan landasan dalam riset tersebut.

Landasan teori pula bisa didefinisikan bagaikan teori yang relevan yang digunakan buat menerangkan tentang variabel yang hendak diteliti.

Serta bagaikan dasar buat memberikan jawaban sedangkan terhadap rumusan permasalahan yang diajukan (hipotesis), serta penataan instrumen riset.

Teori yang digunakan oleh periset bukan cuma hanya komentar dari periset lain, namun teori tersebut betul-betul sudah terbukti kebenarannya.

Baca Juga : Demografi Adalah


Landasan Teori Menurut Para Ahli

Ada pula definisi landasan teori bagi para ahli, antara lain merupakan bagaikan berikut:

  • Sugiyono (2012:52)

Sugiyono berpendapat kalau dalam riset landasan teori perlu ditegakkan agar riset itu mempunyai dasar yang kuat, serta bukan hanya perbuatan coba-coba (trial and error).

Fungsi Teori dalam Penelitian

Teori yang digunakan didalam riset mempunyai sebagian fungsi, ialah antara lain merupakan bagaikan berikut:

  • Berperan buat meringkas serta pula menyusun pengetahuan yang terdapat didalam suatu bidang tertentu.
  • Berfungsi buat memeberikan penjelasan secara sementara tentang kejadian serta pula hubungan-hubungan yang lagi diamati. Perihal tersebut dicoba dengan metode memberikan variabel-variabel yang saling berhubungan satu sama lain.
  • Berperan buat memicu terdapatnya pertumbuhan pengetahuan baru dengan metode memberikan arahan ke penyelidikan yang berikutnya.

Baca Juga : Indikator Adalah


Cara Menuliskan Landasan Teori

Ada pula perihal yang bisa kita perhatikan dalam penyusunan landasan teori:

  • Tambahkan seluruh nama dari teori yang diambil.
  • Tuliskan tempat serta tanggal.
  • Sertakan penjelasan ilmiah dari landasan teori.
  • Teori yang diambil hendaknya berhubungan dengan topik yang lagi dibahas.

Contoh Landasan Teori

Berikut contoh menimpa landasan teori, bagaikan berikut:

Diskripsi Serta Pengertian

Ada pula diskripsi serta pengertian ini dibagi jadi:

Landasan Teori

Perihal yang wajib dipertimbangkan dalam landasan teori, ialah:

  • Nama penulis teori wajib senantiasa disertakan
  • Tidak lupa tahun serta tempat pertama
  • Deskripsi dari ilmiah teori
  • Relevansi teori buat menggapai tujuan.
Kerangka Pikir

Kerangka fikir merupakan konsep tentang apa saja yang hendak dibahas, lapisan atas apa saja landasan teori yang hendak dicari serta ditambahkan.

Hipotesis

Hipotesis merupakan asumsi sedangkan dari bermacam praduga yang terdapat yang masih diperlukan pembuktian buat kebenarannya.

Baca Juga : Portofolio Adalah


Tingkatan Serta Fokus Teori

Tingkatan Teori

Ada 3 tingkatan teori bagi Neuman, 2003 ialah:

  • Teori tingkatan mikro merupakan ruang yang kecil dalam waktu serta tempat yang berentetan bagaikan konsep yang bersifaat tidak abstrak.
  • Teori tingkatan meso merupakan sebuah ruang yang bisa mengukur teori yang menghubungkan tingkatan mikro serta makro dalam tingkatan dasar.
  • Teori tingkatan makro merupakan suatu statment kalau tingkatan operasional lebih besar dari jumlah total dengan Sistem gerakan sosial.
Fokus Teori

Tidak hanya itu pula statment dari Neuman, 2003 membedakan fokus teori jadi 3 bidang antara lain merupakan ssebagai berkut:

  • Teori Noun merupakan sebuah permasalahan yang bisa dikembangkan buat sosial dengan ikatan RAS.
  • Teori resmi merupakan suatu teori yang bisa dibesarkan buat konseptualisasi yang luas dalam teori umum buat perlengkapan sosialisasi.
  • Teori ranah merupakan dalam wujud teori abstrak ataupun hipotesis empiris yang tertentu sehingga dapat digunakan dalam sosiologi buat penyelidikan empiris.

Kegunaaan Teori Dalam Penelitian

Dalam kaitannya suatu aktivitas riset dengan kegunaan dari landasan teori bisa di dipecah jadi 3 bagian antara lain merupakan sebgai berikut:

  • Klarifikasi serta pertajam terhadap ruang lingkup ataupun konstruk dalam wujud variabel yang hendak ditilik.
  • Bagaikan prediksi serta panduan dengan menciptakan suatu kenyataan yang sangat berarti buat merumuskan hipotesis serta mengendalikan perlengkapan riset yang didasari dengan diprediksi.
  • Bagaikan kontrol perihal ini bisa digunakan buat mengulas hasil riset dengan membuat anjuran buat pemecahan permasalahan.

Baca Juga : Fiksi Adalah


Kesimpulan

Perihal yang sudah kami uraikan di atas kalau bisa di simpulkan suatu tata cara konseptualisasi yang umum yang bisa diperoleh lewat jalur yang wajib dipertanyakan tentang kebenarannya.

Sehingga model tentang teori bermacam aspek yang sudah jadi permasalahan terhadap rumusan permasalahan pada saat melaksanakan suatu riset yang hendak diajukan.

Jelaslah telah kalau landasan teori ini saling terkait serta tidak bisa dituntaskan dalam riset sebab periset butuh memperdalam materi sebagai panduannya.

Baca Juga Lainnya :

Demikianlah penjelasan rumusguru.com mengenai Landasan Teori, semoga bisa bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Landasan Teori Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca