Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Macam Macam Sungai

3 min read

Macam Macam Sungai

Apa saja Macam-Macam Sungai? Berikut ini akan kami akan membahas Materi Makalah Macam-Macam Sungai Berdasarkan Pola Alirannya, Sumber Air, Kesinambungan Aliran Airnya,Fase Perkembangannya Lengkap simaklah penjelasannya di bawah ini.

Macam Macam Sungai

Macam Macam Sungai
Macam Macam Sungai

Berdasarkan pola aliran

Pola aliran dendritik – Pola aliran dendritik adalah pola aliran yang rantingnya menyerupai struktur pohon. Secara umum, pola aliran dendritik dikendalikan oleh litologi batuan homogen. Pola aliran dendritik dapat memiliki tekstur / kepadatan aliran yang dikendalikan oleh jenis batuan.

Sebagai contoh, aliran yang mengalir di atas batuan yang tidak tahan erosi membentuk struktur aliran yang halus (padat), sedangkan pada batuan yang keras (misalnya granit) mereka membentuk struktur kasar (tipis).

Struktur aliran didefinisikan sebagai panjang aliran per satuan luas. Mengapa demikian? Ini bisa dijelaskan bahwa ketahanan batu terhadap erosi memiliki pengaruh besar pada proses pembentukan cekungan sungai.

Batuan yang tidak stabil dapat lebih mudah terkikis dan membentuk cekungan sungai. Sistem drainase sungai yang mengalir pada batuan yang tidak tahan membentuk pola jaringan yang padat (tekstur halus), sedangkan yang sebaliknya membentuk tekstur kasar pada batuan yang tahan.

Pola aliran radial – Pola aliran radial adalah pola aliran aliran yang arah alirannya merambat secara radial dari titik ketinggian tertentu, mis. Dari puncak gunung berapi atau dari perampokan berukir.

Pola aliran radial juga ditemukan di kubah dan laccoliths. Dalam lanskap ini, pola aliran kemungkinan merupakan kombinasi dari pola radial dan lingkaran.

Pola Aliran Rectangular – berkembang pada batuan yang memiliki ketahanan erosi yang hampir seragam, tetapi dikendalikan oleh padatan yang memiliki dua arah pada sudut yang saling tegak lurus.

Tunggul umumnya kurang tahan terhadap erosi, sehingga air dapat mengalir dan berkembang melalui batang untuk membentuk pola drainase, dengan kanal langsung mengikuti otot-otot.

Pola aliran persegi panjang dapat ditemukan di daerah dengan daerah terputus-putus. Sungai-sungai mengikuti jalur yang kurang tangguh dan terkonsentrasi di tempat-tempat di mana tepiannya lunak.

Lengan sungai membentuk sudut tumpul dengan sungai utama. Dapat disimpulkan bahwa pola aliran persegi panjang adalah pola aliran yang dikendalikan oleh struktur geologi seperti struktur otot (istirahat) dan perturbasi (perturbasi).

Sungai persegi panjang dicirikan oleh saluran air yang mengikuti pola struktur yang stabil dan rusak.

Pola Aliran Trellis – Geometri dari pola aliran kisi adalah pola aliran yang mirip dengan bentuk pagar yang biasa ditemukan di perkebunan anggur.

Pola aliran kisi ditandai oleh sungai yang mengalir langsung di sepanjang lembah dan memiliki cabang dari lereng curam di kedua sisi. Sungai utama dengan cabang-cabangnya membentuk sudut vertikal, sehingga menyerupai bentuk pagar.

Pola aliran grid adalah pola aliran-aliran yang membentuk pagar (grid) dan dikendalikan oleh struktur geologi dalam bentuk garis sinklin dan lipatan antiline.

Sungai Teralis dicirikan oleh saluran air paralel, yang mengalir ke arah lereng dan mengalir tegak lurus ke saluran utama. Saluran utama diarahkan ke sumbu lipat.

Baca Juga : Delta Sungai

Berdasarkan Sumber Air

  • Sungai gletser, – air sungainya berasal dari salju yang mencair. Contohnya seperti di bagian hulu Sungai Memberamo (Irian)
  • Sungai hujan, – sungai yang mendapatkan air dari adanya hujan. Sebagian besar sungai-sungai di Indonesia merupakan sungai hujan.
  • Sungai campuran, – sungai gletser yang alirannya mendapat campuran air hujan. Contoh: bagian hilir Sungai Digul, dan Sungai Memberamo.
  • Sungai Mata Air – sungai yang airnya berasal dari mata air. Contohnya seperti : sungai opak, sungai Bogowonto, dan Sungai progo

Berdasarkan Kesinambungan Aliran Airnya

  • Sungai Permanen – air sungai nya tetap mengalir dengan debit yang sama (tetap) sepanjang tahun, seperti yang ada di Sumatera, Kalimantan, & Irian (Papua).
  • Sungai periodik – sungai yang hanya akan berair ketika musim penghujan. Sungai ini banyak di Pulau Jawa & Nusa Tenggara.
  • Sungai Episodik – air sungainya besar ketika musim penghujan dan kecil di musim kemarau tetapi tetap mengalir.

Berdasarkan Fase Perkembangannya

  • Sungai Muda – berada di bagian hulu, sungai ini memiliki ciri, yakni dicirikan dengan proses erosi lebih cepat dibandingkan pengendapan sehingga bentuk sungai menyerupai huruf V, sungai ini curam dan dalam. 
  • Sungai Dewasa – berada di bagian tengah sungai, proses terjadinya yaitu adalah proses pengangkutan hasil erosi. Adapun bentuk dari dasar sungai dewasa yaitu berbentuk huruf U
  • Sungai Tua – berada di daerah hilir, badan sungai lebar dan terdapat penampang banjir di sebelah kanan dan kirinya. Proses yang dominan yaitu ialah proses pengendapan atau sedimentasi.

Baca Juga : Tipe Tipe Sungai

Jelaskan sungai berdasarkan sumber airnya?

Sungai Berdasarkan Sumber Air ;
Sungai gletser, – air sungainya berasal dari salju yang mencair. Contohnya seperti di bagian hulu Sungai Memberamo (Irian)
Sungai hujan, – sungai yang mendapatkan air dari adanya hujan. Sebagian besar sungai-sungai di Indonesia merupakan sungai hujan.
Sungai campuran, – sungai gletser yang alirannya mendapat campuran air hujan. Contoh: bagian hilir Sungai Digul, dan Sungai Memberamo.
Sungai Mata Air – sungai yang airnya berasal dari mata air. Contohnya seperti : sungai opak, sungai Bogowonto, dan Sungai progo

Sebutkan sungai sungai Berdasarkan Kesinambungan Aliran Airnya?

Berdasarkan Kesinambungan Aliran Airnya
Sungai Permanen – air sungai nya tetap mengalir dengan debit yang sama (tetap) sepanjang tahun, seperti yang ada di Sumatera, Kalimantan, & Irian (Papua).
Sungai periodik – sungai yang hanya akan berair ketika musim penghujan. Sungai ini banyak di Pulau Jawa & Nusa Tenggara.
Sungai Episodik – air sungainya besar ketika musim penghujan dan kecil di musim kemarau tetapi tetap mengalir.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Macam Macam Sungai. Baca juga Bioma Hutan Gugur. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Macam Macam Sungai Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca