Manajemen Organisasi : Pengertia, Tujuan, Fungsi, Asas, Perkembangan Dan Contoh

5 min read

Manajemen Organisasi : Pengertia, Tujuan, Fungsi, Asas, Perkembangan Dan Contoh

Manajemen Organisasi : Pengertia, Tujuan, Fungsi, Asas, Perkembangan Dan Contoh – Pada kesempatan ini rumusguru.com akan memberikan penjelasan tentang Manajemen Organisasi, yuk lihat penjelasannya dibawah ini :


Manajemen Organisasi : Pengertia, Tujuan, Fungsi, Asas, Perkembangan Dan Contoh


Pengertian Manajemen Organisasi

Manajemen organisasi merupakan proses perencanaan serta pengorganisasian serta pengendalian sumber daya organisasi dengan tujuan mencapai tujuan organisasi.

Tujuan organisasi pasti bisa bermacam-macam, bergantung pada organisasi itu sendiri.

Manajemen organisasi yang hendak dibahas disini berkaitan dengan pengelolaan sumber daya dalam bisnis ataupun industri.

Sehingga manajemen organisasi lebih terkait dengan seni buat mengelola sumber daya manusia industri, dalam perihal ini karyawan.

Dengan terdapatnya manajemen organisasi di dalam industri, diharapkan bisa membentuk kinerja karyawan lebih efisien, paling utama dalam perihal koordinasi antar kementerian ataupun divisi.

Definisi manajemen organisasi sesungguhnya mengacu pada metode manajer organisasi mengetuai serta mengelola sumber energi industri sedemikian rupa sehingga membentuk kerjasama yang efisien serta koordinasi antar regu.

Manajemen Organisasi : Pengertia, Tujuan, Fungsi, Asas, Perkembangan Dan Contoh


Manajemen Organisasi Menurut Para Ahli

Pegertian manajemen organisasi sesungguhnya mengacu pada metode seseorang manajer organisasi buat mengetuai serta mengelola sumber daya industri dengan sedemikian rupa sehingga tercipta kerjasama serta koordinasi yang efisien antar regu.

Definisi manajemen organisasi menurut para ahli merupakan:

  • George R. Terry

George R.Terry, organizational management merupakan kegiatan perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), penggerakan (Actuating), serta pengawasan (Controlling), dimana seluruh kegiatan tersebut bertujuan buat mencapai sasaran organisasi.

  • Luther Meter.Gulick

Luther Meter. Gulick, pengertian manajemen organisasi merupakan seluruh perihal yang berhubungan dengan perencanaan (Planning), mengorganisir (Organizing).

Pelengkapan Tenaga Kerja (Staffing), memusatkan (Directing), menyelaraskan/mengkoordinir (Coordinating), memberi tahu (Reporting), serta menyusun anggaran (Budgeting).

  • Henry Fayol

Henry Fayol, organizational management merupakan kegiatan perencanaan (Planning), mengorganisir (Organizing), mengkoordinir (Coordinating), serta mengawasi (Controling), dimana rangkaian kegiatan tersebut bertujuan buat mencapai goal organisasi.

  • Harold Koontz serta Cyril O’Donnell

Koontz serta O’Donnell, manajemen organisasi merupakan seluruh kegiatan organisasi yang berhubungan dengan perencanaan, mengorganisir, melengkapkan Tenaga Kerja, memusatkan, serta mengawasi.

Secara garis besar definisi manajemen organisasi yang dipaparkan oleh para ahli di atas nampak sama. Tetapi, yang berbeda merupakan pada penerapannya, sesuai dengan visi serta misi tiap-tiap organisasi.


Tujuan Manajemen Organisasi

Tujuan utama manajemen dalam suatu organisasi merupakan buat mencapai apa yang di inginkan oleh organisasi tersebut dengan metode seefisien mungkin.

Sehingga dalam jangka panjang bisa menjamin profitabilitas organisasi tersebut. Manajemen dalam organisasi tidaklah suatu yang bisa diabaikan, paling utama pada bisnis yang lagi berkembang.

Tanpa terdapatnya pengelolaan yang baik hendak menimbulkan kemunduran profibilitas industri sampai berujung pada perpecahan secara internal.

Secara umum, berikut ini merupakan beberapa tujuan manajemen organisasi:

  • Membentuk koordinasi yang baik antar divisi ataupun individu
  • Membentuk kinerja sumber daya yang lebih efisien lewat pemberian rasa nyaman serta kesatuan diantara karyawan.
  • Menghasilkan atmosfer lingkungan kerja yang damai serta positif.
  • Mendesak karyawan supaya bekerja dengan rasa tanggung jawab.
  • Mencapai tujuan utama industri dengan cara-cara yang sangat efektif lewat pembuatan kepribadian sumber energi.

Manajer hendak berupaya buat memaksimalkan sumber daya yang dipunyai dengan perencanaan serta pengendalian yang pas di tempat kerja.

Dengan perihal ini maka anggota bisa menyadari kedudukan serta tanggung jawab masing-masing terhadap industri.


Fungsi Manajemen Organisasi

Fungsi dari manajemen ini dibagi jadi beberapa tahapan. Dimana tahapan-tahapan tersebut pastinya mempunyai fungsi tertentu buat tercapainya tujuan.

Berikut dibawah merupakan bermacam fungsi dari manajemen dalam suatu organisasi.

  • Planning

Planning pula kerap disebut dengan fungsi perencanaan yang mempersiapkan aktivitas dalam organisasi. Bagian satu ini lumayan penting, sebab memanglah suatu rencana wajib digarap dengan matang.

Perihal itu untung menjauhi terbentuknya kebimbangan hendak tujuan di masa yang akan tiba.

Fungsi perencanaan ini pula sangat bermanfaat buat memastikan anggaran dari suatu aktivitas organisasi. Baik itu buat aktivitas yang teratur ataupun aktivitas yang tidak teratur.

  • Lead

Lead mempunyai makna sebagai fungsi pengarahan. Setelah mempunyai fungsi perencanaan, manajemen satu ini pula mempunyai fungsi pengarahan.

Fungsi satu ini sangat berguna buat memusatkan rencana yang telah terbuat sebelumnya. Sehingga apapun yang dicoba terencana serta tidak keluar dari apa yang telah direncanakan sebelumnya.

Tidak hanya itu, fungsi satu ini pula hendak terus menjadi memudahkan dalam mencapai tujuan, sebab seluruh kegiatannya terencana.

  • Controlling

Pastinya yang satu ini dapat pula disebut dengan istilah fungsi kontrol. Tidak jauh berbeda dengan fungsi pengarahan sebelumnya.

Fungsi satu ini bermanfaat buat mengawasi tiap aktivitas supaya senantiasa sesuai arahan. Sehingga bila sewaktu-waktu terjadi perihal di luar arahan, maka hendak lebih cepat tertangani.

Bila terjadi kesalahan yang tidak di inginkan juga pimpinan organisasi bisa lekas mengambil keputusan. Sehingga funsgi satu ini pula sangat bisa menipiskan tingkatan terbentuknya kesalahan.

  • Organizing

Fungsi Pengorganisasian merupakan istilah lain buat fungsi organizing. Dalam fungsi ini diharapkan pemimpin organisasi bisa merancang serta memberikan kebijakan yang efisien.

Sehingga membuat kinerja para sumber daya manusia pula jadi lebih baik. Dengan kata lain, kebijakan yang terbuat wajib sesuai dengan kriteria yang dipunyai dengan sumber daya manusia.

Misalnya mau membuat aktivitas yang bersifat memasarkan, maka bagian yang ditunjuk merupakan bagian pemasaran. Bila pengorganisasian dilakukan dengan baik, maka mungkin hasilnya juga pula hendak baik.

  • Motivation

Motivasi pastinya pula sangat ikut mengambil andil yang sangat besar buat suatu keberhasilan organisasi.

Sebab dengan sumber daya manusia yang termotivasi, maka hendak terus menjadi meningkat kinerjanya. Motivasi tersebut bisa berbentuk pemberian penghargaan pada anggota yang terbaik.

Sehingga perihal pastinya hendak membuat anggota lain jadi terus menjadi termotivasi buat jadi yang terbaik.

Sebab seluruh anggota berlomba-lomba jadi yang terbaik, maka pastinya hendak memudahkan tercapainya suatu tujuan dalam organisasi.

  • Staffing

Fungsi satu ini pula disebut dengan fungsi kepegawaian. Dimana fungsi ini bermanfaat pada dikala merekrut anggota yang baru.

Fungsi ini pula bermanfaat buat membentuk atmosfer kerja yang aman. Sebab dengan atmosfer yang aman maka mungkin hendak berakibat baik buat kinerja anggota.

  • Time Management

Tidak hanya itu, manajemen waktu pula sangat berarti. Sebab dengan memanajemen waktu, diharapkan bisa menciptakan kinerja yang efisien dari para anggota.

Tidak hanya itu, biar tujuan dari suatu organisasi tercapai pas pada waktunya. Pastinya pula melatih anggota supaya jadi individu yang pas waktu.


Pengertian Pengorganisasian serta Organisasi

  • Organisasi adalah

Organisasi (organization) serta pengorganisasion (organizing) mempunyai ikatan yang erat dengan manajemen.

Organisasi ialah perlengkapan serta wadah ataupun tempat manejer melaksanakan kegiatan-kegiatannya buat mencapai tujuan yang diinginkan.

  • Pengorganisasian adalah

Pengorganisasian ialah salah satu fungsi organik dari manajemen serta ditempatkan sebagaifungsi kedua sehabis perencanaan (planning).

Dengan demikian, antara organisasi serta pengorganisasian mempunyai pengertian yang berbeda.

Azas–azas Organisasi

  • Pembagian kerja
  • Asas wewenang serta tanggungjawab
  • Disiplin
  • Kesatuan perintah
  • Kesatuan arah
  • Asas kepentingan umum
  • Pemberian janji yang wajar
  • Pemusatan wewenang
  • Rantai berkala
  • Asas keteraturan
  • Asas keadilan
  • Kestabilan masa jabatan
  • Inisiatif
  • Asas kesatuan

Bentuk-Bentuk Organisasi

Terdapat beberapa wujud berbeda dari struktur organisasi dalam suatu kelompok.

Kelompok yang telah terorganisir serta tersturktur dengan baik sangatlah penting, sebab hendak memusatkan regu tersebut jadi suatu kelompok yang ahli serta cakap dalam bekerja.

Macam-macam organisasi

  • Democratic Decentralized (DD)

Tidak mempunyai pemimpin yang permanen. Koordinator dipilih buat menanggulangi suatu tugas yang wajib dituntaskan. Koordinator juga dapat berganti/ditukar apabila terdapat pergantian dalam pekerjaan (task).

Keputusan yang dibuat wajib bersumber pada konsensus kelompok, bukan cuma wewenang satu orang saja.

Komunikasi sangatlah penting sebab setiap orang wajib betul-betul mengerti hendak seluruh suatu yang wajib ditangani/dikerjakan.

Sifat komunikasi antar anggota disini merupakan komunikasi horizontal, sebab tidak terdapat sebutan pimpinan serta bawahan dalam wujud organisasi ini.

  • Controlled Decentralized (CD)

Mempunyai satu pemimpin utama yang mencegah serta mengkoordinir tugas-tugas utama.

Ada pemimpin pemimpin sekunder yang dipilih pemimpin utama buat mengkoordinir serta mencegah sub-sub tugas yang dipecah bersumber pada kebijakan pemimpin utama.

Pemimpin sekunder ini jadi koordinator dalam sub-sub group yang dibangun bersumber pada pembagian tugas. Pengambilan keputusan dilakukan secara bersama-sama antar anggota dalam tiap-tiap sub group.

Sebaliknya pengambilan keputusan antar group diputuskan oleh pemimpin utama. Komunikasi pula selalu dibutuhkan dalam satu sub group.

Komunikasi dilakukan secara horizontal antar anggota dalam satu sub group. Namun terjadi komunikasi vertikal antara sub- ub kelompok dengan pemimpin utama regu.

  • Controlled Centralized (CC)

Cuma ada pimpinan utama regu disini, seluruh tugas dikoordinir serta ditangani langsung oleh pimpinan utama. Seluruh pengambilan keputusan terhadap suatu permasalahan terletak di tangan pimpinan utama.

Pimpinan utama ini pula yang memastikan anggota kelompok mana yang wajib bekerja serta tidak bekerja.

Seluruh komunikasi regu wajib lewat pimpinan utama. Sebab itu sifat komunikasi dalam wujud organisasi ini cuma bersifat vertikal.


Perkembangan Organisasi

Sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya kalau manusia merupakan makhluk sosial.

Perihal ini ikut mendesak manusia membentuk organisasi buat mewujudkan cita-citanya. Sebab itu, organisasi timbul kala manusia itu berkumpul 2 orang ataupun lebih.

Apalagi, saat sebelum manusia terlahir ke muka bumi ini, benih-benih organisasi pula sudah tersirat sejak awal proses penciptaan manusia di alam rahim.

Seperti yang dipaparkan oleh ilmu medis, sel mani seorang pria dikatakan wajar apabila berjumlah minimum 20 juta sel mani.

Sementara itu, cuma satu sel yang diperlukan buat melakukan pembuahan dengan sel telur kepunyaan si istri.

Kejadian ini mengisyaratkan kalau manusia memanglah ditakdirkan buat berorganisasi dalam mencapai tujuan.


Contoh Manajemen Organisasi

  • Manajemen Organisasi dalam Perusahaan

Salah satu contoh yang seluruhnya umum kita jumpai yakni suatu organisasi dalam industri. Industri nyatanya sangat pula membutuhkan yang namanya manajemen organisasi.

Keadaan tersebut disebabkan, agar suatu industri tersebut bisa bergeser dengan mudah serta nyatanya agar sampai pada tujuan kesimpulannya ialah visi.

Semua industri tentu bisa melakukan management dalam organisasinya serta management tersebut nyatanya menurut pada visi yang telah ditentukan oleh semua populasi organisasi tersebut.

Maka tidak asing apabila kamu sebagai seorang manager dalam suatu industri serta kamu membutuhan industri tersebut maju.

Maka yang awal wajib kamu lakukan yakni suatu manajemen kerja dari para pegawai kamu. Seperti itu yang membenarkan kesuksesan dalam mencapai suatu visi serta misi dari industri tersebut.

Baca Juga :

Demikianlah penjelasan rumusguru.com mengenai Manajemen Organisasi, semoga bisa bermanfaat.

Manajemen Organisasi : Pengertia, Tujuan, Fungsi, Asas, Perkembangan Dan Contoh Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca