Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !

Manfaat Curah Hujan yang Tinggi Bagi Kehidupan Manusia

3 min read

Manfaat Curah Hujan

Manfaat Curah Hujan Tinggi Bagi Kehidupan Manusia – Manfaat dari curah hujan yang tinggi bagi kehidupan di Indonesia atau di seluruh dunia sangat penting. Hujan, salah satu musim di Indonesia. Lebih lengkapnya langsung saja simak penjelasan kami mengenai Materi Makalah Manfaat Curah Hujan Bagi Kehidupan Manusia, Faktor Yang Mempengaruhi Curah Hujan, dan Dampaknya Lengkap di bawah ini.

Manfaat Curah Hujan

Manfaat dari curah hujan yang tinggi bagi kehidupan di Indonesia atau di seluruh dunia sangat penting. Hujan, salah satu musim di Indonesia.

Hujan terjadi saat udara tidak lagi bisa menyerap berat air. Hujan turun tidak hanya dalam bentuk air, tetapi juga dalam bentuk es (yaitu hujan es) atau dalam bentuk salju. Hujan deras seperti di negara tropis memiliki banyak manfaat.

Siklus air

Hujan dengan siklus air saling terkait dan menjadi bersatu satu kesatuan sehingga tidak akan ada kata terakhir untuk hujan ini. Ada siklus air, pasti ada hujan.

Lalu, apa yang dimaksud dengan siklus air? Nah, siklus air dimulai saat hujan. Air yang mengalir ke sungai, laut, dan tempat lain akan menguap.

Uap air ditangkap oleh awan dan kemudian disimpan. Jika awan tidak dapat menyimpan banyak air, maka ia akan kembali ke Bumi dalam berbagai bentuk, seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Ini adalah siklus air yang akan terjadi berulang kali. Fungsi terpenting air hujan adalah mempertahankan siklus air.

Selain itu, ada beberapa manfaat hujan lebat bagi kehidupan manusia, berikut penjelasannya ;

1. Mengairi Sawah dan Lahan

Hujan deras membuat petani lebih efisien, lebih cepat dan lebih mudah karena mereka mengairi ladang dan lahan mereka. Hujan juga memungkinkan petani menanam jagung, beras, dll lebih cepat. Ini disebabkan oleh fakta bahwa tanah yang terkena air hujan menjadi lembab dan gembur sehingga mudah ditanami, dibajak atau diretas.

2. Sebagai Cadangan Air Ketika Kemarau

Curah hujan tinggi atau hujan derasadalah waktu yang paling tepat untuk mengisi kembali penampung air yang dapat berfungsi sebagai cadangan selama kekeringan panjang.

3. Menjaga Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup di Bumi

Kurangnya air hujan karena kekeringan yang panjang menyebabkan kelangsungan hidup beberapa makhluk hidup yang terganggu. Banyak hewan mati karena dehidrasi, tanaman layu mengering.

Hasil lain dari kekeringan adalah berkurangnya mineral dan senyawa yang ada di tanah. Dengan hujan deras, kandungan mineral dan senyawa ini bisa normal kembali. Kelangsungan hidup makhluk hidup dipertahankan ketika air hujan deras membasahi bumi.

4. Sumber Air Minum

Air hujan adalah air bersih dan murni tanpa adanya penambahan bahan kimia berbahaya. Sementara air yang kita gunakan setiap hari, yang sebagian besar berasal dari perpipaan, adalah zat yang membunuh kuman dalam air ledeng.

Zat ini dikenal sebagai klorin. Klorin adalah zat berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, air hujan adalah sumber air minum yang aman untuk dikonsumsi dan kesehatan.

5. Menjaga kelestarian Hutan

Iklim di Indonesia memiliki efek mendalam pada kelangsungan hidup makhluk hidup di Bumi. Begitu juga dengan hutan yang menjadi paru-paru dunia.

Hujan deras juga dapat membantu menjaga kesuburan tanah dan hutan. Fungsi hutan lindung atau hutan lain dapat digunakan tidak hanya untuk mencegah tanah longsor, tetapi juga untuk mencegah erosi tanah.

6. Membantu Dalam Bidang Pertanian

Hampir semua petani sangat menginginkan hujan karena ini membantu meningkatkan kesuburan tanah.

7. Kesuburan Tanah

Hujan deras juga dapat berkontribusi untuk menjaga kesuburan tanah dan karenanya cocok untuk pertanian. Termasuk di Indonesia.

8. Menguntungkan Penjual Payung dan Jas Hujan

Hujan deras, hujan lebat, sangat membahagiakan bagi para penjual payung dan jas hujan. Manfaat yang akan mereka dapatkan dari orang yang membutuhkan kedua barang tersebut karena curah hujan yang tinggi akan meningkat.

9. Menguntungkan Ojek Payung

Bagi mereka yang kebetulan terjebak dalam hujan di mal, pasar, terminal atau tempat umum lainnya, keberadaan ojek sangat membantu. Saat hujan sedikit, kebanyakan orang memilih untuk memecah gerimis. Namun, ini berbeda ketika curah hujan tinggi. Orang seharusnya tidak basah, kan? Maka ini menawarkan lebih banyak manfaat bagi penyedia taksidermi sepeda motor.

10. Memberikan Sensasi Yang Menenangkan

Selain beberapa manfaat di atas, hujan juga akan membawa kita pada hati yang sejuk dan menenangkan sehingga sangat layak ketika film film yang bergenre romantis terkadang mengangkat latar belakang hujan.

Baca Juga : Persebaran Curah Hujan Di Indonesia

Intensitas Curah Hujan

Intensitas presipitasi antara daerah tentunya berbeda. Di daerah yang tergolong luas, jarang terjadi hujan lebat (intensitas tinggi). Biasanya intensitas hujan rendah dan waktunya lama.

Hujan deras turun di daerah-daerah sempit (tidak luas) dan itupun waktunya tidak lama. Jika hujan berhari-hari dan dalam jangka waktu yang lama, itu dapat menyebabkan banjir bandang yang dapat merusak tanaman dan area pertanian.

Faktor Yang Mempengaruhi Curah Hujan

Faktor Yang Mempengaruhi Curah Hujan
Faktor Yang Mempengaruhi Curah Hujan

1. Luas Wilayah

Seperti disebutkan sebelumnya, semakin luas area, semakin rendah jumlah presipitasi. Jika daerahnya sempit, jumlah curah hujannya tinggi.

2. Arah Angin dan Sumber Penguapannya

Uap air diangkut oleh angin melalui tempat sumber penguapan terjadi. Daerah di dekat sumber penguapan mempengaruhi curah hujan yang tinggi di daerah tersebut.

3. Tinggi Wilayah

Semakin rendah suatu wilayah, semakin tinggi presipitasi / curah hujannya. Semakin tinggi area, semakin rendah presipitasi / curah hujannya.

4. Letak Garis Lintang Terhadap Suatu Daerah

Daerah yang berada di lintang rendah memiliki curah hujan tinggi. Dan sebaliknya. Suhu tinggi di suatu daerah juga menyebabkan penguapan yang kuat, yang mempengaruhi curah hujan.

Selain banyaknya manfaat dari hujan seperti yang di jelaskan di atas, curah hujan yang tinggi juga dapat menyebabkan hal-hal negatif, seperti:

  • Kebanjiran
  • Erosi
  • Tanah Longsor
  • Bencana alam, dll.

Jika intensitasnya terlalu tinggi, jika tidak didukung oleh area yang baik, maka akan menyebabkan bencana.

Baca Juga : Tipe Tipe Hujan

Apa itu siklus air?

Siklus air adalah sirkulasi air yang tidak berhenti dari atmosfer ke bumi dan akan kembali ke atmosfer melalui presipitasi, kondensasi, evaporasi & transpirasi.

Apa itu hujan?

Hujan merupakan sebuah presipitasi yang berbentuk cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair misalnya salju, slit, dan batu es.

Apa dampak negatif dari hujan?

Curah hujan yang tinggi juga dapat menyebabkan hal-hal negatif, seperti ; Kebanjiran, Erosi, Tanah Longsor, Bencana alam, dll.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Manfaat Curah Hujan Yang Tinggi Bagi Kehidupan Manusia Lengkap. Baca juga Vegetasi Hutan Hujan Tropis. Semoga bermanfaat.

Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !
Manfaat Curah Hujan yang Tinggi Bagi Kehidupan Manusia Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca