Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi

3 min read

Rumusguru.com – Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi adalah kegiatan Manusia untuk memenuhi kebutuhan dengan cara rasional demi mempertahankan kelangsungan hidup.

Apakah ada alasan lainnya dari Manusia Sebagai Mahluk Ekonomi yang dapat Anda ketahui? Untuk jawabannya silahkan Anda baca ulasannya berikut ini:

Review Makna Manusia Sebagai Mahluk Ekonomi

Manusia adalah tubuh tempat jiwa hidup, bukan jiwa yang tidak berkematian yang hidup atau terbatas pada tubuh fisik. Seseorang adalah kombinasi dari hal-hal yang dimulai dengan hal-hal seperti: roh atau atman, jiwa, pikiran dan prana atau tubuh fisik.

Manusia adalah makhluk yang selalu ingin memenuhi kebutuhannya secara rasional atau dengan cara yang dapat memenuhi kebutuhannya dan bertahan hidup. Dimana aktivitas ekonomi manusia dibagi menjadi tiga kategori yaitu: produksi, konsumsi dan distribusi.

Setiap orang memiliki kebutuhan, keragaman, dan jangkauan kehidupan sehari-hari yang berbeda. Dari kebutuhan akan pendidikan, ada kebutuhan sekolah, pangan, kebutuhan pasar untuk pangan, dan masih banyak lagi.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, masyarakat menggunakan berbagai metode untuk memenuhi kebutuhannya dan untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik. Tetapi intinya adalah bahwa hampir setiap orang selalu membutuhkan, meskipun itu sudah cukup, bahwa entah bagaimana mereka tidak memiliki kata yang memuaskan, mereka memiliki sesuatu yang menginginkan lebih.

Manusia Sebagai Makhluk Sosial, Juga Sebagai Makhluk Ekonomi

Manusia menyukai kekayaan dan kualitas untuk memenuhi kebutuhannya yang tak terbatas. Pemenuhan kebutuhan ini benar-benar menguntungkan komitmen setiap orang, salah satunya untuk bekerja.

Dalam komitmen ini, masyarakat harus mempertimbangkan nilai dan manfaat yang dapat mereka terima. Maka itulah yang disebut logis. Mereka tidak hanya berusaha memenuhi kebutuhannya, tetapi orang sering kali memiliki keinginan atau ambisi yang juga ingin mereka penuhi.

Dalam kehidupan manusia sangat membutuhkan bantuan orang lain. Namun manusia selalu berusaha memenuhi kebutuhannya sendiri dan kebutuhan orang lain sebagai cara untuk saling membantu.

Terwujudnya kebutuhan hidup tidak lepas dari adanya pengorbanan dan imajinasi manusia, yaitu perasaan yang tidak pernah terpuaskan. Alhasil, selain manusia sebagai mahluk sosial, mereka juga dijadikan sebagai aset.

Manusia juga memiliki pikiran dan kecerdasan untuk menciptakan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan mereka. Sebagai sumber daya, masyarakat tidak dapat lagi hidup tanpa aktivitas ekonomi, baik dengan manufaktur, penggunaan, atau distribusi.

Untuk memenuhi semua kebutuhan manusia, uang dibutuhkan, ia harus bekerja. Ketika mereka menghasilkan dan mendapatkan uang, mereka menggunakannya untuk menghidupi diri mereka sendiri.

Dalam Ilmu Ekonomi, orang disebut mahluk ekonomi karena orang selalu berpikir untuk berusaha memenuhi kebutuhannya berdasarkan prinsip ekonomi. Berdasarkan prinsip ekonomi, wajar jika orang berusaha memenuhi berbagai keinginan, kesukaan, dan kebiasaannya. Perilaku ini untuk semua orang. Ini juga merupakan keinginan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Faktor Pengaruh

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), kebutuhan masyarakat tidak sama atau berbeda. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

Usia Serta Jenis Kelaminnya

  • Perbedaan gender dan usia akan mempengaruhi jenis ras dan kuantitas kebutuhan.
  • Perbedaan usia akan jauh lebih besar berdasarkan rentang usia tersebut.
  • Ketidaksetaraan gender memengaruhi keragaman dan kebutuhan.

Pendidikan

  • Seseorang yang berpengetahuan dan berpendidikan tinggi dapat mempengaruhi kebutuhannya. Misalnya kebutuhan siswa akan berbeda sesuai tingkat pendidikannya.

Alam

  • Alam/ Lingkungan tempat mereka tinggal juga mempengaruhi kebutuhan mereka.
  • Orang yang tinggal di pedesaan dan perkotaan kemungkinan besar akan memiliki kebutuhan yang berbeda.
  • Kehidupan mereka dipengaruhi oleh nilai-nilai yang mereka jalani.

IPTEK

  • Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mengarah pada penemuan-penemuan baru.
  • Munculnya hal-hal baru mempengaruhi apa yang dimiliki orang.

Penghasilan

  • Tingkat penghasilan manusia merupakan salah satu konsekuensi dari pencapaiannya.
  • Semakin tinggi biayanya, semakin besar kebutuhannya.
  • Sementara itu, ketika penghasilan tidak stabil tantangannya adalah memenuhi kebutuhan mereka.

Status Kesosialan

  • Semakin tinggi sosial seseorang, semakin banyak kebutuhannya.
  • Semakin banyak yang mereka miliki, hal itu akan mempengaruhi harga diri mereka.

Selera

  • Selera tinggi yang terlalu banyak juga akan mempengaruhi pemenuhan kebutuhannya.

Ciri Ciri Manusia Sebagai Mahluk Ekonomi

Adapun beberapa ciri-ciri manusia sebagai makhluk ekonomi, seperti berikut ini:

  • Melakukan tindakan ekonomi lebih kepada dasar kepentingan sendiri.
  • Melakukan tindakan ekonomi secara se efisien mungkin.
  • Lebih memilih kegiatan yang paling dekat dengan pencapaian.

Contoh Manusia Sebagai Mahluk Ekonomi

  • Tindakan bersifat rasional.

Memproduksi kertas secara besar besaran dari suatu Perusahaan besar dengan memperhitungkan kebutuhan bahan baku sehingga tidak merusak lingkungan.

  • Tindakan berfokus pada diri sendiri.

Menggunakan penghasilan dari pekerjaan yang disesuaikan dengan skala prioritas terencana untuk kebutuhan hidup diri sendiri.

  • Keputusan sesuai dengan tujuan.

Memutuskan untuk memilih usaha atau penghasilan yang lebih besar dari sebelumnya untuk melanjutkan kelangsungan kehidupan dan demi masa depan.

  • Tidak pernah puas.

Meskipun telah mencapai target dalam penghasilan, namun masih ingin mengharapkan penghasilan lebih dengan cara yang direncanakan.

  • Aktivitas cenderung dekat preferensi individu.

Memenuhi kebutuhan kehidupan untuk menuju kemakmuran dalam taraf hidup.

  • Tindakan dilakukan secara efisien.

Selain memperoleh penghasilan untuk hidup, juga memenuhi kebutuhan beristirahat. Dengan demikian, menjadi efisien karena tak ada kelebihan yang dikeluarkan.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kali ini tentang Manusia Sebagai Mahluk Ekonomi yang telah kami rincikan untuk Anda semua sebagai pembaca setia dari web https://rumusguru.com/. Jangan lupa untuk selalu mengikuti update aartikel kami disetiap harinya dengan berbagai pembahasan yang telah kami rangkum dengan menarik agar mudah untuk difahami. Semoga ini dapat memberikan manfaat dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca