Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !

Masalah-Masalah Yang Dihadapi Negara Maju

1 min read

Masalah Yang Dihadapi Negara Maju

Apa Masalah-Masalah Yang Dihadapi Negara Maju? Pada dasarnya, negara-negara maju adalah negara-negara kaya yang semuanya telah memenuhi kebutuhannya. Lebih lengkapnya langsung saja simak penjelasan kami mengenai Materi Masalah-Masalah Yang Dihadapi Negara Maju Lengkap di bawah ini.

Masalah-Masalah Yang Dihadapi Negara Maju

Apakah Anda berpikir bahwa negara-negara maju di dunia tidak memiliki masalah? Pada dasarnya, negara-negara maju adalah negara-negara kaya yang semuanya telah memenuhi kebutuhannya.

Seperti Jepang, negara ini dikenal dengan masyarakatnya yang disiplin dan terorganisir. Semua jalan diatur sedemikian rupa sehingga terlihat rapi, sehingga gedung pencakar langit dibangun dengan rapi.

Meskipun mereka terbiasa dengan budaya disiplin dan kehidupan yang teratur, negara-negara maju seperti Jepang juga menghadapi berbagai masalah ekonomi. Masalahnya adalah sebagai berikut.

1. Ekpansi Tenaga Kerja Negara Berkembang

Negara-negara industri memiliki pertumbuhan populasi yang lambat atau tidak ada pertumbuhan populasi sama sekali, sehingga negara-negara industri tidak memiliki tenaga kerja.

Meskipun standar tenaga kerja baik di negara maju, masuknya pekerja dari negara berkembang ke negara maju memiliki dampak negatif. Ini karena perbedaan budaya antara masyarakat adat dan pendatang.

Efek negatif termasuk bentrokan fisik atau konflik sosial lainnya antara penduduk asli dan pendatang

2. Masuknya Produk Negara Berkembang

Banyak produk dari negara berkembang yang masuk ke negara maju. Globalisasi ekonomi telah menimbulkan hambatan perdagangan antar negara.

Produk dari negara berkembang seperti Cina dan Taiwan banyak digunakan di pasar Eropa, memberi konsumen pilihan produk yang lebih luas.

Produk-produk Cina dan Taiwan tidak kalah kompetitif dalam hal inovasi dan kualitas. Produk China dan Taiwan pada umumnya lebih murah sehingga dapat membahayakan produk Eropa yang lebih mahal.

Baca Juga : Daftar Negara Maju di Benua Afrika

3. Investasi Banyak Ke Luar Negara

Banyak pengusaha dari negara industri berinvestasi di negara berkembang. Mereka mencoba menghindari pajak hidup di negara mereka sendiri dan menghemat biaya produksi.

Selain itu, negara-negara berkembang adalah pasar potensial untuk produk-produk dari luar negeri. Jika pengusaha dari negara industri membuka perusahaan di negara berkembang, mereka pasti akan lebih dekat dengan konsumen.

Ini akan sangat menyederhanakan atau mempermudah sistem pemasaran. Hasil langsung dari pengusaha dari negara maju yang berinvestasi di negara berkembang adalah penurunan investasi di negara maju ini

4. Kerusakan Lingkungan

Negara-negara maju mengklaim bahwa negara-negara berkembang menyebabkan kerusakan lingkungan yang besar. Ini bisa dimengerti, karena sebagian besar negara berkembang belum memiliki aturan yang jelas tentang pencemaran lingkungan.

Namun, ini tidak sepenuhnya benar, karena ada juga banyak pengusaha dari negara maju yang menggunakan sumber daya alam sebanyak mungkin untuk keperluan produksi.

Bahkan, ada pengusaha dari negara maju yang sumber daya alamnya berasal dari negara berkembang, terlepas dari kelestarian lingkungannya.

Baca Juga : Daftar Negara Maju di Asia

Apa itu negara maju?

Negara maju ialah sebutan untuk negara yang memiliki dan dapat menikmati standar hidup yang relatif tinggi dengan adanya teknologi tinggi dan ekonomi yang relatif merata. Kebanyakan negara yang memiliki GDP per-kapita tinggi dianggap sebagai negara maju.

Apa ciri ciri negara maju?

1. Pendapatan per-kapitanya tinggi.
2. Penduduk lebih banyak bekerja di sektor industri dan jasa dibanding pertanian
3. Tingkat pendidikan tinggi dengan kesehatan fisik yang baik
4. Rata-rata usia hidup-nya lebih baik dan persentasi buta huruf nya lebih rendah
5. Ekspor tidak bergantung terhadap produk primer.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Masalah-Masalah Yang Dihadapi Negara Maju. Baca juga Daftar Negara Maju di Benua Amerika. Semoga bermanfaat.

Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !
Masalah-Masalah Yang Dihadapi Negara Maju Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca