Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !

Membran Sel

2 min read

Membran Sel merupakan fitur universal yang ada di hampir semua jenis sel yang berupa lapisan antar muka yang biasanya disebut dengan membran plasma. Membran ini memisahkan sel dari luar sel, tujuannya adalah untuk melindungi sel serta keberlangsungan hidup yang bekerja di dalam sitoplasma.

Struktur Membran Sel

Membran sel sendiri tersusun atas beberapa komponen, berikut ini adalah penjelasan mengenai struktur penyusun membran sel secara lengkap :

1. Fosfolipid

Fosfolid merupakan golongan senyawa lipid yang adalah bagian dari membrane sel makhluk hidup yang terdiri dari asam lemak, gugus fosfat, alkohol yang mengandung nitrogen dan suatu kerangka.

Fosfolipid sendiri memiliki kerangka gliserol dan 2 gugus asil. Dan fosfolipid terdiri dari dua bagian yakni kepala dan ekor, pada bagian kepala memiliki muatan yang positif dan juga negatir serta pada bagian ekor tanpa muatan.

Di bagian kepalanya sendiri memiliki sifat hidrofilik mau pun larut di dalam air sementara bagian ekor memiliki sifat hidrofobik yang artinya bagian ini tidak bisa larut di dalam air dan digolongkan sebagai lipid amfipatik.

Fosfolipid sendiri memiliki fungsi sebagai bahan penyusun membrane sel dan beberapa fungsi biologic lainnya seperti sebagai surfaktan paru paru yang dapat mencegah perlekatan dinding alveoli pari pari yang terjadi pada ekspirasi.

2. Protein

Protein sendiri berasal dari kata protos yang merupakan bahasa Yunani, artinya sendiri adalah senyawa organik kompleks dan mempunyai bobot molekul tinggi adalah polimer yang berasal dari monomer asam amino yang dihubungkan di antara satu sama lain dengan menggunakan ikatan peptida.

Secara umum molekul protein memiliki kandungan karbon, oksigen, nitrogen serta hidrogen. Namun terkadang terdapat juga sulfur dan fosfor. Peran protein di dalam membran sel sendiri adalah sebagai pendukung struktyur dari semua sel makhluk hidup dan juga virus.

Jika dilihat dari strukturnya, protein terdiri dari struktur primer yang merupakan urutan asam amino penyusun protein yang dihubungkan dengan ikatan peptida, sekunder adalah tiga dimensi lokal yang berasal dari banyaknya rangkaian asam amino serta protein yang distabilkan pada ikatan hidrogen, tersier merupakan gabungan dari berbagai aneka ragam strukyur sekunder dan pada umumnya struktur tersier ini berupa sebuah gumpalan yang dapat berinteraksi secara fisik tanpa adanya ikatan kovalen untuk membentuk oligomer yang stabil dan kuartener yang terdiri dari enzim rubisco serta insulin.

3. Oligosakarida

Yang ketiga adalah oligosakarida yang merupakan gabungan dari molekul monokasarida yang mempunyai jumlah di antara 2 hingga 8 molekul monokasarida, sehingga membuat oligokasarida memiliki bentuk seperti dikasarida, trikasarida dan juga yang lainnya.

Sementara itu oligokasarida merupakan ekperimen yang banyak didapatkan dari proses hidrolisa polisakarida dan hanya ada beberapa oligokasarida yang secara almi berada di dalam, oligokasarida paling banyak dipakai dan ada di dalam merupakan bentuk disakarida yang sama seperti maltose, laktosa serta sukrosa.


4. Kolesterol

Yang terakhir ada kolesterol yang merupakan metabolit yang memiliki kandungan lemak sterol yang ditemukan di membran sel yang disirkulasikan pada plasma darah. Bagian ini sendiri biasanya berupa sejenis lipid yang adalah molekul lemak mau pun yang sama dengan lemak. Kolesterol juga sejenis lipid yang biasa disebut juga steroid.

Yang termasuk steroid hormone yakni estrogen, kortisol dan testosteron. Sehingga dari sini dapat dikatakan jika steroid ini terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. Pada saat membuat sebuah molekul yang beradal dari pengubahan molekul yang lebih mudah, proses ini disebut dengan sintesis.

Fungsi Membran Sel

Print

Membran sel tentunya mempunyai fungsi yang sangat penting selain untuk melindungi sel serta memberikan bentuk untuk sebuah sel. Membran sel ini juga diketahui memiliki fungsi dan peran sebagai media komunikasi antar lingkungan di dalam sel dan dengan lingkungan yang berada di luar sel untuk melakukan proses seleksi pada zat yang akan keluar masuk ke dalam sel. Apabila zat yang akan masuk dianggap aman maka membran sel akan mempersilahkan zat tersebut masuk namun jika zat tersebut dianggap tidak aman atau berbahaya maka zat tersebut akan dilarang untuk masuk ke dalam sel.

Selain itu membran sel juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting yakni menjadi tempat berlangsungnya reaksi kimia yang terjadi di dalam sel.

Sifat Membran Sel

Membran sel memiliki sifat sifat tersendiri yang membedakannya dengan bagian bagian sel lainnya. Sedangkan itu membran sel terbagi menjadi tiga bagian. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya :

1. Impermeabel

Sifat dari membran sel yang pertama yakni impermeabel, artinya membran sel tidak akan mengizinkan zat apapun yang berasal dari luar sel untuk masuk ke dalam sel. Terutama jika zat tersebut berbahaya.

2. Semipermeabel

Sifat membran sel yang berikutnya disebut dengan istilah semipermeabel, artinya membrane sel hanya mengizinkan zat zat tertentu saja untuk masuk ke dalam sel dan tentu zat zat ini harus melalui proses pemeriksaan terlebih dahulu dari membrane sel. Karena jika zat tersebut aman maka zat tersebut akan diizinkan untuk masuk dan sebaliknya jika zat tersebut dianggap tidak aman maka zat tersebut tidak akan diizinkan untuk masuk ke dalam sel.

3. Permeabel

Nah, sifat membran sel yang terakhir disebut dengan istilah permeabel, yang mana sifat ini akan mngizinkan zat untuk dapat melewati membrane sel dan masuk ke dalam sel. Biasanya sifat ini dimiliki oleh membran sel yang telah mengalami kerusakan mau pun hampir mati.

Nah, sifat sifat membran sel di atas menjadi penutup penjelasan kita mengenai membran sel, semoga bermanfaat bagi anda semua dan dapat digunakan sebagai refrensi belajar yang menyenangkan ya.

Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !
Membran Sel Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca