Metamorfosis Nyamuk

3 min read

Metamorfosis Nyamuk

Rumusguru.com – Metamorfosis Nyamuk merupakan proses perkembang biakan nyamuk dengan sempurna pada hewan tingkat Insekta melalui 4 tahapan. Dimulai dari perkembang biakan pada permukaan air sampai dengan hidup dan berkembang sebagai nyamuk dewasa.

Sementara Nyamuk itu sendiri adalah hewan yang tergolong kedalam jenis seranggga dengan tatanan Wyeomyia, Genus Anopheles, Diptera, Ochlerotatus, Psorophora, Sabethes, Culex, Aedes, Haemagoggus, dan Culista yang mencapai 39 Genera dan 3.000 spesies berkembang diseluruh dunia.

 

 

Semua jenis nyamuk menjalankan Metemorfosis yang sama. Dengan total waktu siklus antara 1 sampai 3 bulan sesuai dengan jenis dan faktor lingkungan. Apabila telah dewasa, nyamuk hanya memerlukan waktu 28 Jam untuk berkembang biak dan hanya bereproduksi satu kali pada nyamuk betina untuk bertelur selama hidupnya.

Bagaimanakan Proses dari Metamorfosis Nyamuk? Simak ulasannya dibawah ini:

 

Tahapan Metemorfosis Pada Nyamuk

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa Nyamuk mempunyai 4 tahapan metamorfosis yang sempurna, yaitu:

1. Telur

Tahukah Anda bahwa setelah nyamuk betina menghisap darah, kemudian lengsung bertelur yang mencapai 500 butir telur. Ciri dari telur tersebut antara lain bewarna putih dengan ukuran yang sangat kecil 0,5 mm yang akan berubah beberapa jam kemudian menjadi gelap warnanya.

Nyamuk betina akan bertelur pada tempat yang tergenang air atau permukaan basah. Mereka meletakkan telur telur tersebut sesuai dengan spesies masing masing. Dengan jangka waktu penetasan antara 24 sampai 72 jam setelah bertelur dan terkena air sesuai dengan suhu lingkungan.

2. Larva

Adalah tahapan beikutnya setelah telur nyamuk menetas yang sering disebut dengan jentik nyamuk (larva instar) dengan habitat disekitar air. Untuk mempertahankan diri, jentik nyamuk akan menyelam lebih dalam dan berenang dalam air.

Jentik nyamuk memiliki siphon yang berguna untuk bernapas dalam air. Dengan serabut pada mulutnya yang berfungsi untuk menelan partikel. Biasanya jentik nyamuk membutuhkan waktu 8 sampai 10 hari untuk memperbesar ukuran tubuhnya hinga mencapai 1,27 cm.

3. Kepompong (pupa)

Pada tahapan ini pupa akan berada di sekitar air jernih dari waktu 1 sampai 4 hari. Dengan perubahan yang signifikan seperti membentuk sayap, antena, dan bentuk tubuh dengan system pernafasan. Pupa nyamuk akan lebih aktif bergerak dalam air. Memiliki warna putih transparan dengan bentuk melengkung dan mirip seperti udang.

4. Nyamuk Dewasa

Setelah melalui proses pupa, maka nyamuk akan berubah menjadi dewasa dengan pertumbuhan sayap dan kaki yang telah kuat. Umumnya jumlah kaki pada nyamuk ada 6 kaki dilengkapi dengan 2 sayap dan 1 antena.

Sesat setelah terbang maka nyamuk dewasa akan segera mencari nextar sebagai konsumsi makanan untuk pertama kalinya. Kemudian dalam waktu 2 hari maka nyamuk dewasa akan mencari pasangan untuk melakukan perkawinan dan menghasilkan keturunan. Setelah itu nyamuk betina akan menghisap darah guna mneghasilkan telur.

Untuk membedakan nyamuk dewasa antara betina dan jantan, Anda dapat menyimak ciri cirinya sebagai berikut:

  1. Nyamuk betina menghisap darah sedangkan nyamuk jantan tidak.
  2. Nyamuk jantan berukuran lebih kecil dari nyamuk betina.
  3. Nyamuk jantan memiliki waktu hidup hanya 1 sampai 2 minggu saja, sedangkan nyamuk betina dapat hidup 1bulan.

 

Cara Mencegah Perkembang Biakan Nyamuk

Untuk mencegah perkembang biakan nyamuk anda dapat melakukan berbagai hal dalam kehidupan sehari hari. Simak ulasannya berikut:

Membuang Genangan Air

Apabila terdapat banyak genangan Air disekitar tempat tinggal Anda, maka segeralah buang atau minimalisir dengan berbagai cara seperti menimbun dan lain sebagainya. Cara ini efektif untuk mencegah nyamuk berkembang biak.

Menanam Tanaman Pengusir Nyamuk

Anda dapat menanam beberapa jenis tanaman yang tidak disenangi oleh nyamuk seperti Rosemary, Lavender, Geranium, dan Serai disekitar tempat tinggal Anda. Dengan bau yang menyengat dan tidak disukai nyamuk, maka otomatis cara ini dapat mengusir nyamuk.

Membersihkan Pekarangan Rumah

Biasanya terdapat banyak sekali daun kering disekitar rumah Anda. Jika Ya, maka segeralah buang atau bakar dedaunan tersebut untuk mengusir nyamuk dan mencegah nyamuk berkembang biak disana.

Membuang Sampah Pada Tempatnya

Selain untuk kebersihan dan kesehatan, aktifitas membuang sampah ditempatnya adalah salah satu cara mudah untuk membasmi telur nyamuk. Karena bau dari sampah dapat mengundang datangnya nyamuk untuk berkembang biak dirumah Anda.

Jaga Sirkulasi Udara Rumah Anda

Dengan sirkulasi udara yang terjaga, maka rumah Anda akan mendapat udara yang segar dan sehat untuk dihirup. Intinya nyamuk tidak suka berkembang ditempat tempat yang bersih dan jauh dari kotoran.

Jangan Menumpuk Pakaian Terlalu Lama

Menumpuk pakaian terlalu lama juga dapat mengundang nyamuk datang dan bersarang pada pakaian tersebut. untuk itu hindari menumpuk pakaian terlalu lama dirumah Anda.

Gunakan Perangkap Nyamuk

Jika Anda mempunyai perangkap nyamuk dirumah Anda. Tidak ada salahnya Anda gunakan untuk mencegah perkembang biakan nyamuk. Anda dapat membuatnya sendiri dengan memotong botol bekas menjadi 2 bagian, kemudian masukkan campuran ragi, air, gula, dan tutup potongan botol tersebut lalou letakkan pada sudut tertentu untuk mencegah naymuk bertelur.

 

Cara Mengusir Nyamuk Menggunakan Bahan Alami

Selain mencegah perkembang biakan nyamuk dirumah Anda, Anda dapat mengusir nyamuk dengan menggunakan bahan alami yang terdapat disekitar Anda dengan mudah. Bagaimana caranya? Silahkan simak ulasannya sampai selesai:

Memakai Minyak Kayu Manis

Memakai Minyak kayu Manis dengan cara mencampurnya dengan air secukupnya. Lalu tuangkan campuran itu pada botol untuk menyemprot, kemudian semprotkan pada tempat yang ada nyamuknya.

Memakai Minyak Lemon

Dengan Minyak Lemon Anda dapat menggunakannya untuk mengusir nyamuk. Caranya Ambil minyak lemon lalu oleskan pada bagian tubuh agar tidak dihinggapi nyamuk. Tetapi Anda perlu memperhatikan penggunaannya tidak boleh untuk Anak Balita.

Memakai Daun Kemangi

Daun Kemangi juga cukup Ampuh untuk mengusir nyamuk. Aroma yang dihasilkan oleh kemangi tersebut tidak disukai oleh nyamuk sehingga mereka akan pergi dan tidak akan hinggap ditubuh Anda. Cukup Anda letakkan saja daun kemangi disudut tertentu yang terdapat nyamuk.

Memakai Bawang Putih

Sama halnya dengan daun kemangi, bawang putih juga tidak disukai nyamuk karena aromanya. Anda hanya perlu menghiris dan meletakkan bawang putih tersebut pada tempat atau sudut rumah Anda, maka nyamuk akan pergi dengan sendirinya.

Memakai Irisan Kulit Jeruk

Kulit Jeruk dapat mengurangi berkembangnya nyamuk dirumah Anda. Letakkan saja kulit Jeruk yang telah diiris tadi pada tempat yang rentan didatangi oleh nyamuk.

Memakai Potongan Serai

Selain berguna untuk menambah sedapnya masakan sayur. Potongan serai juga sangat Ampuh untuk mengusir nyamuk disekitar Anda. Caranya cukup mudah, ambil wadah yang tahan bakar seperti kaleng atau vas kaca. Lalu bakar serai dan letakkan diwadah tahan bakar tersebut. maka nyamuk akan pergi dengan sendirinya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Metamorfosis Nyamuk Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Fungsi Jantung

Ami Alhasani
7 min read

Pengertian Kata Rujukan

Ami Alhasani
3 min read