Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Peta Sebaran Fauna Paleartik, Neartik, Ethiopian, Oriental, Australis, Neotropik

4 min read

Paleartik

Rumusguru.com – Paleartik adalah salah satu dari 6 bidang patologis hewan dalam biogeografi. Wilayah Paleartik mempengaruhi wilayah timur laut, yaitu Eropa dan Asia Utara, termasuk Asia Tengah, Iran dan Asia Timur.

Selain Neartik, region lainnya adalah Neotropik (Amerika Tengah dan Selatan), Neartik (Eropa dan Asia Utara), Australis (Indonesia Timur dan Australia), Oriental (India, Asia Tenggara dan Indonesia Barat), serta Ethiopia (Afrika dan Timur Tengah).

Wilayah ini dipetakan oleh Alfred Russel Wallace dalam bentuk buku ” The Geographical Distribution of Animals ” terbitan 1876. Setiap daerah memiliki hewan uniknya masing-masing. Paleartic adalah yang terbesar dari enam wilayah. Spesies palearktik termasuk serigala, rubah, rakun, tupai, landak, rusa, panda dan berang-berang,

Meskipun kawasan Paleartic di Eropa dan Siberia dicirikan oleh spesies tumbuhan dan hewan yang serupa, ia membagi iklim tropis dan subtropis dari ekoregion neartik di Amerika Utara.

Eropa dan Siberia pernah terhubung ke Amerika Utara melalui jembatan darat ketika air laut turun di Selat Bering selama Zaman Es, membawa masuk hewan yang menyerupai hewan unggas, dan banyak spesies Palearic bermigrasi ke Amerika Utara (termasuk beruang, rusa, Bison Amerika, dan Rusa Kutub), serta secara bergantian dari Amerika Utara ke wilayah Palearic (unta).

Wilayahnya sangat luas dan mencakup hampir seluruh benua Eropa, Uni Soviet, Kutub Utara hingga Himalaya, Kepulauan Inggris di Eropa Barat Jepang, Selat Bering di pesisir Pasifik dan di Afrika utara. Lingkungan alam di daerah tersebut bervariasi, begitu pula suhu, curah hujan dan variabilitas tanah, membuat spesies hewan unik.

 

Karakteristik Dari Hewan Paleartik

  1. Banyak hewan yang besar
  2. Ada kemiripan dengan wilayah neartik
  3. Hewan dapat beradaptasi dengan iklim sedang serta dingin
  4. Meliputi fauna yang ada di eropa serta asia utara

Lebih lengkapnya simaklah pembahasan kami mengenai Materi Peta Sebaran Fauna Paleartik, Neartik, Ethiopian, Oriental, Australis, Neotropik Lengkap di Bawah ini.

 

Peta Sebaran Fauna

Paleartik
Paleartik

Ada banyak sekali fauna yang tersebar secara tidak merata pada permukaan bumi ini. Beberapa ahli sudah mencoba meneliti dan membuat zonasi sebaran fauna di dunia.

Alfred Russel Wallace adalah salah satu tokoh biogeografi yang membuat zonasi sebaran fauna di dunia. Kemudian Alfred Russel Wallace membagi fauna di dunia ke dalam 6 zona yaitu:

 

a. Wilayah Paleartik

Palearctic / Palaearctic merupakan salah satu dari 8 alam biogeografi yang ada di permukaan bumi, pertama kali diidentifikasi yaitu pada abad ke-19, dan digunakan sebagai dasar klasifikasi zoogeografi. Palearctic merupakan yang terbesar dari 8 alam.

Fauna khas kawasan ini didominasi oleh fauna herbivora (Pemakan tumbuhan) seperti :

  • Panda,
  • Kijang,
  • Moles,
  • Kambing,
  • Sapi
  • magpies.

Beruang kutub & bison juga ada di sini. Kawasan ini sendiri meliputi Eropa, Afrika Utara, Asia Utara, dan Pegunungan Nan King bahkan Laut Mediterania.

 

b. Wilayah Neartik

Nearctic meruapakan salah satu dari 8 alam biogeografis yang membentuk permukaan bumi. Wilayah Nearctic meliputi sebagian besar Amerika Utara, yakni Florida Tengah, Greenland & dataran tinggi Meksiko.

Fauna di kawasan neartik hewan jenis karnivora dan hewan pengerat seperti :

  • Anjing
  • Tupai
  • Kelinci
  • tikus berkantong.

Kalkun & beruang grizzle pun ada disini. Wilayah yang termasuk dalam daerah ini adalah Greenladn, Meksiko, dan Amerika bagian Utara

 

c. Wilayah Ethiopian

Fauna di kawasan ethiopian ini didominasi fauna Afrika seperti zebra, kuda nil, singa, gorila, cheetah & hiena. Wilayah Ethiopian inisendiri meliputi Afrika bagian selatan, Gurun Sahara, Pegunungan Atlas, Barat Daya Semenanjung Arab.

 

d. Wilayah Oriental

Wilayah fauna oriental meliputi benua Asia serta pulau-pulau sekitarnya seperti Sri Lanka, Filipina dan wilayah fauna Indonesia Barat dan Tengah, yang meliputi Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Lingkungan fisik di daerah oriental sangat beragam, kebanyakan dari mereka memiliki iklim tropis, sehingga ada banyak hutan tropis yang kaya akan flora dan fauna. Beberapa fauna khas yang hidup di wilayah oriental adalah:

  • Harimau, gajah, owa, orangutan, belalai, monyet, badak, rusa, kijang, tapir, babi hutan.
  • Ada beberapa fauna endemik yang hanya hidup di daerah tertentu, seperti Anoa di Sulawesi dan komodo, yang hanya dapat ditemukan di Pulau Komodo dan pulau-pulau hi kecil di sekitarnya.

Fauna oriental ini didominasi oleh fauna yang hidup di hutan tropis seperti harimau, gajah sumatera, orangutan, badak bercula. Wilayah ini termasuk India, Sri Lanka, Indocina, Cina Selatan, Indonesia Barat dan Malaysia.

 

e. Wilayah Australis

Wilayah distribusi fauna Australia sebagian besar beriklim tropis dan sebagian beriklim sedang. Kondisi di Australia berbeda karena jauh dari beberapa benua yang lain.

Wilayah persebaran fauna Australis meliputi :

  1. Benua Australia
  2. Papua
  3. Selandia Baru
  4. Maluku serta pulau-pulau kecil
  5. Kepulauan yang ada di samudera pasifik di sebelah selatan garis katulistiwa

Beberapa hewan khas wilayah fauna Australia antara lain :

  • Kiwi
  • Oposum Layang
  • Kangguru Pohon
  • Burung Penghisap Madu
  • Burung Emu
  • Koala
  • Kasuari
  • Kakaktua
  • Nokdiak (landak Irian)
  • Wallaby
  • Kangguru
  • Cendrawasih –

 

f. Wilayah Neotropik

Fauna di wilayah Neotropik didominasi oleh Amazon. Wilayahnya meliputi Amerika Tengah, selatan juga Meksiko. Fauna khas adalah trenggiling, anaconda, belut listrik dan alpaka.

 

Pengertian Fauna Menurut Ahli

Ada beberapa pendapat dari para Ahli tentang definisi dari Fauna, simak penjelasannya berikut:

 

1. Menurut Kamus Biologi

Fauna/ Hewan adalah istilah yang mengacu pada semua hewan di suatu wilayah, secara tepat waktu, atau keduanya. “Flora dan Fauna” di satu tempat menggambarkan semua makhluk hidup di kawasan itu, termasuk hewan dan satwa liar.

Kemajuan dalam sains dan pemahaman kita tentang hubungan antarpribadi memaksa sains untuk mengartikulasikan secara taksonomi dan kladistik yang menentukan hubungan biologis.

2. Menurut Kamus Cambridge

Fauna merupakan Hewan yang hidup di beberapa tempat di alam bebas.

3. Menurut Merriam – Webster

Fauna merupakan kehidupan hewan. Secara khusus, hewan yang hidup di wilayah, iklim, atau lingkungan tertentu.

 

Persebaran Fauna Di Wilayah Indonesia

Cara peredaran Fauna/ hewan di Indonesia mirip dengan Flora di Indonesia. Dibagi menjadi tiga kategori sebagai berikut:

 

1. Pesebaran Fauna Di Indonesia Barat

Jika berbicara tentang persebaran hewan di Indonesia bagian barat, hewan yang memiliki populasi besar ini mirip dengan hewan Asia. Hal ini dikarenakan Indonesia bagian barat terkadang dihubungkan dengan benua asia, banyak hewan asia yang bermigrasi ke indonesia bagian barat.

Ketika hewan-hewan itu tiba di Indonesia jutaan tahun yang lalu, bumi berubah total. Yang dulunya di Indonesia bagian barat yang terhubung dengan benua Asia kini berbeda. Akibatnya hewan dari Asia yang datang ke Indonesia bagian barat tidak akan kembali ke kawasan Asia.

Portofolio satwa liar Indonesia bagian barat meliputi pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan pulau-pulau kecil yang disebut Paparan Sunda. Pembagian hewan di Indonesia bagian barat dibatasi oleh garis Wallace. Garis Wallace merupakan perbatasan berbagi satwa Asia di Indonesia. Fauna di Indonesia bagian barat adalah gajah, badak, sapi, owa dan masih banyak lagi.

2. Pesebaran Fauna Di Indonesia Tengah

Wilayah distribusi daging Indonesia Tengah juga dikenal sebagai fauna peralihan, karena hewan di Indonesia bagian tengah merupakan peralihan antara hewan Asia dan Australia. Perbatasan Indonesia Tengah terletak di antara garis Wallace di barat dan garis Weber di timur. Wilayah tersebut meliputi Sulawesi, Maluku dan pulau-pulau kecil lainnya. Daerah tersebut disebut dengan daerah Wallace. Hewan yang hidup adalah babi, anoa dan Komodo.

3. Pesebaran Fauna Di Indonesia Timur

Di Indonesia bagian timur, hewan yang hidup di daerah tersebut mirip dengan Australia karena pada zaman dahulu kawasan Irian Jaya terhubung dengan wilayah Australia dan banyak hewan Australia yang bermigrasi ke Indonesia bagian timur.

Buntutnya, jutaan tahun kemudian negara itu berubah drastis, memisahkan pulau Irian Jaya dan pulau-pulau kecil lainnya yang dihubungkan oleh Australia. Artinya, hewan yang bermigrasi dari Australia ke Indonesia bagian timur tidak dapat kembali ke Australia.

Di kawasan timur Indonesia relatif terbatas garis weber. Garis Weber merupakan perbatasan yang mendistribusikan satwa Australia ke Indonesia. Satwa yang terdapat di kawasan timur Indonesia adalah kanguru, cendrawasih, kakatua, kasuari, dan musang berkantung.

 

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Peta Sebaran Fauna Paleartik, Neartik, Ethiopian, Oriental, Australis, Neotropik. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Peta Sebaran Fauna Paleartik, Neartik, Ethiopian, Oriental, Australis, Neotropik Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca