Paragraf Deduktif

2 min read

Paragraf memiliki banyak sekali jenis yang setiap jenisnya memiliki perbedaan dan ciri – ciri masing – masing. Salah satu jenis paragraf adalah paragraf deduktif yang sekarang ini akan kita bahas.

Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif sendiri merupakan salah satu jenis paragraf yang ada. Dan sebuah paragraf yang kalimat utamanya ada di awal, atau pada baris pertama di dalam paragraf. Di dalam paragraf ini berisikan sesuatu yang umum dan dilengkapi dengan penjelasan khusus berupa rincian, bukti dan lainnya.

Kalimat ini sendiri dikembangkan oleh sebuh pernyataan umum dan memiliki pola : ‘ Umum > Khusus > Khusus > Khusus ‘.

Ciri – Ciri Paragraf Deduktif

Setiap kalimat pastinya memiliki ciri – ciri yang membedakannya dengan kalimat lain, begitu pula dengan kalimat deduktif yang juga memiliki ciri seperti ini :

  1. Awal kalimat merupakan gagasan utama.
  2. Memiliki pola pengembangan khusus.

Contohnya :

Lia menjual buku – buku koleksinya ( umum ).

Salah satu buku yang dijual Lia adalah novel Harry Potter 7 seri lengkap ( khusus ).

Dua dari 7 novel Harry Potter tersebut ditandatangai langsung oleh J.K Rowling (khusus).

Terdapat 4 buku dengan soft cover dan 3 buku hard cover (khusus)

Seri berjudul Harry Potter and The Order of Phoenix dan Harry Potter and The Half Blood Prince merupakan seri terbitan terbaru dengan cover yang didesain sendiri oleh penulisnya (khusus)

Paragraf di atas diawali dengan kalimat – kalimat umum yakni buku koleksi. Lalu dikembangkan dengan menambahkan beberapa informasi khusus seperti judul buku, nama penulis dan judul seri yang ada pada buku tersebut.

Contoh Paragraf Deduktif

Untuk lebih lengkapnya, kita akan memberikan contoh paragraf deduktif dari berbagai macam contoh dan tema.

Contoh Paragraf Deduktif Singkat

Contoh 1

Sekarang ini, generasi muda tidak lagi harus mencari kerja untuk mendapatkan gaji yang besar saja karena sekarang generasi muda lebih mempertimbangkan aspek kepuasan batin pada saat bekerja. Hal ini membuat generasi muda sat ini lebih memilih untuk bekerja sesuai bakat dan bidangnya.

Contoh 2

Siapa yang tidak mengenal nama Chairil Anwar, sebagai saah satu penyair ternama di Indonesia sudah banyak sekali karya yang lahir dari tangannya. Beliau sendiri terlahir di Medan dan merupakan sastrawan angkatan 45’ bersama dengan Rivai Apin dan Asrul Sani. Salah satu puisi Chairil Anwar yang berjudul ‘Aku’ menjadi karyanya yang paling disukai oleh masyarakat di Indonesia.

Contoh 3

Untuk melamar pekerjaan, dibutuhkan CV (Curricilum Vitae) yang adalah salah satu dari syarat utama. Di dalam CV ini harus dijelaskan mengenai beberapa hal yang berhubungan dengan hal yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. Seperti data pribadi, riwayat pendidikan, keahlian, prestasi dan pengalaman serta data – data pendukung lainnya.

Contoh Paragraf Diduktif dengan Tema

1.) Tentang Sosiologi

Komunikasi memiliki beberapa jenis yang harus diketahui, yang pertama adalah komunikasi intrapersonal. Komunikasi jenis ini adalah sebuah komunikasi yang biasa dilakukan oleh seseorang dengan dirinya sendiri. Komunikasi ini sendiri biasanya berupa sebuah renungan, berpikir, introspeksi diri hingga berimajinasi. Bisa dibilang komunikasi intrapersonal ini sangat penting untuk dilakukan agar setiap orang bisa lebih memahami dan juga mengenal diri sendiri dengan baik.

2.) Tentang Kebudayaan

Dendeng merupakan masakan khas Padang dan memiliki banyak varian, dan salah satu varian yang paling terkenal adalah rasa dendeng balado. Untuk membuat dendeng, bahan utamanya adalah daging sapi. Untuk memasaknya, mulanya daging sapi diiris tipis dan dengan bentuk melebar. Daging kemudian akan dijemur di bawah sinar matahari hingga menjadi kering.

Pada saat daging sudah menjadi kering, kita bisa menggorengnya dan diberikan bumbu khas yang terbuat dari cabai. Bumbu ini disebut dengan bumbu balado oleh orang Minang.

3.) Tentang Sekolah

Dosen biasanya akan menunjukkan slide materi pada mahasiswa saat berada di dalam kelas. Akan tetapi mahasiswa tetap diminta untuk membeli buku yang berhubungan dengan materi perkuliahan. Hal ini karena slide yang diberikan oleh dosen hanyalah inti dari materiny saja sementara buku yang dibeli oleh mahasiswa memberikan materi pembelajaran yang lebih lengkap dan mendalam.

4.) Tentang Pekerjaan

Di zaman sekarang ini bekerja di perusahaan starup atau perusahaan rintisan akan mempunyai banyak kelebihan. Di sini generasi muda akan lebih banyak mendapatkan kesempatan dan juga belajar untuk membangun perusahaan. Dari bawah dan mengelolanya hingga sukses. Yang kedua kita dapat bekerja di berbagai bidang posisi yang disediakan di perusahaan dan dari sini kita juga bisa belajar meningkatkan kemampuan dan skill untuk semakin meningkat dan bertambah.

Nah, itu dia contoh lengkap paragraf deduktif yang pastinya akan sangat berguna dan bermanfaat untuk kita pelajari bersama.

Artikel Lainnya :

Paragraf Deduktif Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca
SELAMAT DATANG
Hai Sobat Rumusguru.Com. Untuk Masukan, Saran, Kerja Sama dan Pertanyaan Silahkan Hubungi Kami Melalui Email Ini Ya Sobat admin@rumusguru.com