Pembangunan Ekonomi – Lengkap Dengan Faktor, Tujuan, Dan Strategi

3 min read

Rumusguru.com – Pembangunan Ekonomi merupakan sebuah proses ekonomi yang bertujuan meningkatkan pendapatan perkapita sebuah Negara jangka waktu panjang. Dalam hal ini ada beberapa faktor yang terkait seperti, indikator, tujuan, dampak, dan lain lain.

Untuk ulasan Pembangunan Ekonomi secara lengkap, Anda dapat menyimak artikel ini sampai selesai.

Review Pembangunan Ekonomi

 

 

Strategi ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dalam jangka panjang disebut pembangunan ekonomi. Ini diikuti oleh perubahan signifikan dalam sistem ekonomi, serta distribusi uang kepada masyarakat yang tinggal di negara yang sama.

Tahukah anda bahwa suatu negara dikatakan baik jika pembangunannya bersifat ekonomi. Nah dalam pertumbuhan ekonomi, tentunya ada beberapa faktor yang terkait, seperti tujuan, faktor, indikator, dan kesulitan yang muncul sebagai akibat dari pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi atau dengan kata lain pembangunan ekonomi terjadi karena kondusif bagi perubahan sosial baik dari segi teknologi, kewarganegaraan dan kelembagaan.

Maksud Dan Tujuan

Dalam menghadapi pembangunan ekonomi, jelas memiliki tujuan tersendiri. Adapun tujuannya adalah:

  • Dengan menciptakan lapangan kerja, hal ini akan mengurangi jumlah pengangguran di dunia yang saling terhubung, dengan pengentasan kemiskinan.
  • Mempromosikan status yang setara di semua bagian populasi dengan menyediakan akses ke layanan kesehatan dan pendidikan.
  • Membandingkan dan meningkatkan kehidupan masyarakat.
  • Mengurangi jumlah ketidakstabilan antar kelompok yang umum terjadi di daerah sekitar.
  • Meningkatkan atau mempromosikan keadilan sosial, dan pembangunan manusia.

Faktor Pengaruh

Untuk mencapai pembangunan yang kita inginkan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi dalam Pembangunan Ekonomi, Ini dia:

1. SDA atau Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam merupakan salah satu faktor terpenting bagi pertumbuhan ekonomi. Pembangunan tidak mungkin dilakukan jika tidak memiliki sumber daya alam di dalamnya, karena ketersediaan sumber daya alam yang melimpah atau mencukupi, sehingga mengurangi biaya produksi satu negara itu artinya tidak perlu mengimpor ke negara lain.

2. SDM atau Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia juga membantu mengatur kegiatan ekonomi yang terjadi. Karena ketersediaan penduduk, maka pembangunan ekonomi dapat dilakukan secara efektif karena masyarakat pekerja mempunyai kapasitas pada posisinya untuk mendukung pembangunan ekonomi.

3. System Pada Pemerintahan

Yang kita tahu Indonesia adalah negara demokrasi. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa sistem keuangan memberikan kebebasan bila terintegrasi dan dikendalikan oleh berbagai pihak dari pemerintah yang ada. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa jika sistem pemerintahan di negara ini baik, maka akan mendorong sistem ekonomi yang sehat.

4. IPTEK (Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi)

Dengan ketersediaan iptek yang relevan, seluruh aspek pengelolaan sumber daya manusia akan lebih efektif. Akibatnya, kedua faktor tersebut lebih terkait erat dengan pengelolaan sistem alam dan buatan manusia di negeri ini. Akibatnya, jika Anda membangun kesadaran publik, mereka akan tahu bagaimana menggunakan keahlian untuk mengelola sumber daya alam yang berlimpah.

5. Prasarana Dan Sarana

Agar suatu pembangunan dapat berfungsi dengan baik, maka diperlukan semua komponen untuk mendukungnya. Sebab, jika dunia tidak memiliki sumber daya untuk menopang dan membangun, jelas seluruh pembangunan akan terhambat

6. Budaya Dan Sosial

Kehadiran budaya dan sosial dapat berdampak positif atau negatif. Karena semakin tinggi moral hati masyarakat, semakin baik perkembangannya. Namun, jika taraf hidup masyarakat rendah, pembangunan tidak akan berjalan dengan baik

7. Politik

Dengan politik yang baik dan stabil, perekonomian juga akan sejahtera, karena politiklah yang dapat mempengaruhi kebijakan pasar.

Indikator Kesuksesan

Untuk melihat apakah pembangunan ekonomi yang sedang berlangsung di negara ini berjalan dengan baik, ada beberapa indikator di dalamnya. Ini dia:

1. Penghasilan Perkapita

Dengan meningkatnya penghasilan individu/ per kapita yang meningkat tajam akan memberikan kontribusi terhadap stabilitas perekonomian. Dengan begitu, kehidupan masyarakat di negeri ini akan lebih aman.

2. Urbanisasi

Perpindahan penduduk dari pedesaan ke perkotaan menunjukkan adanya kemakmuran di kota.

3. Kesehatan

Jika akses ke perawatan kesehatan lebih mudah, itu akan membantu meningkatkan kehidupan masyarakat.

4. Struktur

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dunia, strukturnya pastinya juga berkembang pesat.

5. Pendidikan

Pertumbuhan ekonomi lebih efisien jika tingkat pendidikan di dalam negeri juga lebih tinggi. Karena pendidikan yang lebih tinggi, orang-orang terpintar di negeri ini lahir dengan sendirinya. Di mana orang-orang pintar ini terlibat dalam pembangunan ekonomi. Tentunya, ini akan membantu negara mengurangi pengangguran karena menciptakan lapangan kerja.

Dampak Negatif Dan Positif

Dalam pertumbuhan ekonomi, tentunya terdapat tantangan, negatif dan positif, yaitu:

I. Dampak Negatifnya

  1. Hal ini akan merusak lingkungan jika pembangunan ekonomi tidak direncanakan dan matang dengan baik.
  2. Jelas, ini akan mengurangi lahan pertanian, karena semakin banyak perusahaan industri yang dibangun.

II. Dampak Positifnya

  1. Dapat menciptakan lapangan kerja baru sehingga mengurangi angka pengangguran di masyarakat.
  2. Semua kegiatan ekonomi dapat berhasil dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.
  3. Tersedianya lapangan kerja baru, yang secara langsung mempengaruhi jumlah pendapatan nasional.
  4. Perkembangan pesat teknologi dan ilmu pengetahuan perlu mengembangkan keterampilan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik. Berasal dari berbagai negara memperluas keragaman kondisi ekonomi.

Manfaat

Adapun manfaat dari pembangunan ekonomi adalah untuk meningkatkan lapangan kerja baru, kelancaran semua kegiatan ekonomi, dan IPTEK akan berkembang pesat.

Ciri-Ciri

Berikut ini adalah beberapa ciri dari pertumbuhan ekonomi dari suatu negara, yaitu:

  • Peningkatan sementara produk domestik bruto (PDB) dan cadangan devisa (PNLN).
  • Pertumbuhan perekonomian individu di sebuah negara.
  • Strategi pengendalian populasi yang efektif.
  • Meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam negeri.

Kesulitan

Dalam banyak kasus, masalah ekonomi yang sering dialami negara berkembang adalah pengangguran, kemiskinan, ketimpangan pendapatan, dan pertumbuhan penduduk. Hal ini mencerminkan distribusi pembangunan yang tidak merata yang menghambat pembangunan ekonomi.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai Pembangunan Ekonomi yang telah secara rinci kami bagikan untuk Anda semua pembaca setia web https://rumusguru.com. Jangan lupa untuk terus mengikuti update artikel kami disetiap harinya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Pembangunan Ekonomi – Lengkap Dengan Faktor, Tujuan, Dan Strategi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca