Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Pengaruh Letak Geografis Indonesia Bagi Kehidupan

2 min read

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Apa Pengaruh Letak Geografis Indonesia Bagi Kehidupan? Letak geografis adalah letak suatu tempat berdasarkan kenyataan (kondisi aktual di permukaan bumi). Lokasi geografis Indonesia terletak di antara benua Asia dan Australia serta Samudra Hindia dan Pasifik. Lebih lengkapnya simaklah penjelasan kami mengenai Materi Makalah Pengaruh Letak Geografis Indonesia Bagi Kehidupan, Dampak, Pengertian dan Keterangannya Lengkap di bawah ini.

Apa itu Letak Geografis?

Letak geografis adalah letak suatu tempat berdasarkan kenyataan (kondisi aktual di permukaan bumi). Lokasi geografis Indonesia terletak di antara benua Asia dan Australia serta Samudra Hindia dan Pasifik

Lokasi geografis Indonesia sebenarnya dalam posisi silang yang mempengaruhi atmosfer. Tidak mengherankan, kapal dagang asing dari Cina, Eropa dan India melintasi perairan teritorial nusantara.

Karena posisi bersama ini, Indonesia juga kaya akan berbagai kelompok etnis dan budaya. Posisi Indonesia antara dua samudera dan dua benua juga mempengaruhi cuaca dan kondisi iklim.

Indonesia memiliki iklim laut karena pengaruh angin laut yang membawa hujan. Selain itu, ada iklim musim, kekeringan dan hujan di Indonesia. Ini disebabkan oleh angin muson yang mengubah arah setiap enam bulan.

Selain itu, lokasi geografis adalah lokasi atau lokasi suatu daerah berdasarkan lokasinya relatif terhadap daerah lain. Indonesia terletak di antara 2 benua, Asia & Australia.

Baca Juga : Pengaruh Letak Geologis Indonesia Bagi Kehidupan

Pengaruh Letak Geografis Indonesia Bagi Kehidupan

Indonesia terletak di antara dua samudera utama, yaitu India dan Pasifik. Apakah benar ada dampak pada kehidupan? Memang benar bahwa posisi Indonesia telah berdampak pada berbagai hal dalam hal cuaca, ekonomi, budaya dan politik.

Lokasi geografis Indonesia mempengaruhi terjadinya musim hujan dan kemarau di seluruh Indonesia.

Ketika angin muson barat bertiup, angin bertiup dari daratan Asia, yang membawa banyak uap air, sehingga musim hujan dimulai di barat ketika tiba di Indonesia.

Sementara itu angin kering dan dingin berhembus selama musim timur dari Australia. Begitu sedikit uap air sehingga musim kemarau di sebagian besar pulau di Indonesia dimulai.

Fenomena cuaca dingin hingga terjadinya es di Dieng pada bulan Juli diketahui sebagai pengaruh cuaca dingin di Australia. Jadwal kehadiran es di Dieng karenanya sekitar Juli.

Lokasi geografis menempatkan Indonesia pada posisi silang perdagangan dan pengiriman dunia. Dulu, banyak pelaut berhenti di Malaka dan kemudian melakukan perjalanan ke Indonesia untuk berdagang.

Posisi silang ini dianggap strategis secara ekonomi jika dikelola secara optimal. Indonesia dapat menjadi pintu gerbang menuju ekonomi ASEAN dan Pasifik dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Secara sosial dan budaya, lokasi geografis Indonesia memungkinkan munculnya banyak pengaruh sosial-budaya dari luar, yang memicu pertumbuhan keanekaragaman budaya Indonesia.

Ribuan bahasa dan ratusan kelompok etnis dengan karakteristik fisik dan budaya berbeda tinggal di seluruh Indonesia.

Secara politis, lokasi geografis Indonesia juga memengaruhi tatanan konsep geopolitik kami. sebagai bagian dari Archipelago Insight. NKRI adalah negara kepulauan yang disatukan oleh laut yang sempit.

Laut bukanlah pembagi, tetapi pulau pemersatu dan bangsa Indonesia. Indonesia sebagai negara maritim yang menang sebelumnya sekarang membangun kembali identitasnya sebagai pusat peradaban dunia.

Baca Juga : Faktor Perbedaan Cuaca dan Iklim Suatu Wilayah

Apa itu letak geografis?

Letak geografis adalah letak suatu tempat berdasarkan kenyataan (kondisi aktual di permukaan bumi). Lokasi geografis Indonesia terletak di antara benua Asia dan Australia serta Samudra Hindia dan Pasifik

Apa Pengaruh Letak Geografis Indonesia Terhadap Cuaca dan Iklim?

Letak geografis Indonesia, berpengaruh pada kondisi alam yakni iklim dan cuaca. Sebagai negara kepualauan, angin di Indonesia berasal dari angin laut.
Hal inilah yang menyebabkan Indonesia memiliki dua musim yaitu kemarau dan hujan. Karena Indonesia diapit oleh 2 benua yaitu Asia di utara & Australia di belahan selatan sehingga menimbulkan perbedaan tekanan udara yang berada di kedua benua itu sendiri.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Pengaruh Letak Geografis Indonesia Bagi Kehidupan. Baca juga Penyebab Bumi Berotasi dan Berevolusi. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Pengaruh Letak Geografis Indonesia Bagi Kehidupan Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca