Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Pengaruh Letak Geologis Indonesia Bagi Kehidupan

3 min read

Pengaruh Letak Geologis Indonesia

Apa pengaruh letak geologis Indonesia bagi kehidupan? Nah, untuk itu simakalh penjelasan kami mengenai Materi Makalah Perngaruh Letak Geologis Indonesia Bagi Kehidupan Lengkap di bawah ini.

Pengaruh Letak Geologis Indonesia Bagi Kehidupan

Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah gunung berapi terbanyak di dunia, terutama gunung berapi tipe strato, yang sebagian besar masih aktif. Ini karena kondisi geologis di Indonesia.

Lokasi geologi Indonesia juga sangat strategis. Secara geografis, Indonesia adalah daratan antara beberapa lempeng bumi dan beberapa pangkalan laut, yang menyebabkan kondisi geografis Indonesia berbeda di setiap wilayah.

Bagian barat Indonesia dilintasi oleh serangkaian Pegunungan Muda Mediterania, serangkaian pegunungan Himalaya dengan sifat basa. Sementara bagian tengah dan timur Indonesia dilintasi oleh pegunungan Serkum di Pasifik, yang cenderung bersifat asam.

Lokasi geologi Indonesia ditandai oleh tiga hal berikut:

  • Indonesia dilintasi oleh dua jajaran gunung besar di dunia. Yaitu Circum Mediterrane Circum dan Circum Pasifik.
  • Indonesia adalah titik pertemuan dari tiga lempeng litosfer, lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.
  • Indonesia terletak di tiga wilayah datar, yaitu rak Sunda, rak Sahul dan Laut Australia Tengah Asia.

Keadaan geologis Indonesia dengan banyak gunung berapi memiliki efek positif dan negatif. Hal ini tidak hanya menyebabkan tingginya kesuburan tanah di Indonesia, tetapi juga bencana alam yang sering terjadi akibat peristiwa vulkanik. Misalnya, gempa bumi, letusan gunung berapi hingga tsunami.

Di Indonesia, kepulauan Indonesia dilintasi oleh dua jajaran gunung utama sehubungan dengan jalur gunung melalui Indonesia.

Yaitu Mediterania aktif di barat dan Circum Pasifik, yang terdiri dari serangkaian gunung berapi kuno di timur.

Seri Sirkuit Mediterania terdiri dari gunung-gunung muda yang masih aktif, dengan hasil bahwa banyak di wilayah barat Indonesia memiliki gunung berapi aktif.

Sementara di timur sebagian besar gunung berapi tidak lagi aktif. Karena itu terdiri dari pegunungan yang berasal dari Circum Pasifik.

Indonesia juga merupakan pertemuan tiga lempeng tektonik utama, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

Lempeng Indo-Australia bertabrakan dengan lempeng Eurasia di lepas pantai Jawa, Sumatra dan Nusa Tenggara.

Dan bertabrakan dengan lempeng Pasifik di Maluku dan Papua. Di daerah di mana lempeng-lempeng ini bertemu, gempa bumi, tsunami, dan tanah longsor sering terjadi.

Hal ini disebabkan oleh akumulasi energi yang tidak dapat ditahan sehingga dilepaskan menjadi bencana alam.

Secara geologis Indonesia terdiri dari tiga wilayah datar/dangkalan. Dangkalan adalah laut dangkal yang menghubungkan dua daratan besar. Angkalan di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Dangkalan sunda yang mana dangkalan ini menghubungkan bagian barat Indonesia dengan benua Asia.
  • Dangkalan Sahul yang mana dangkalan ini menghubungkan Indonesia Timur dengan Australia.
  • Wilayah lautAustralia-Astis yang terletak di wilayah tengah antara dangkalan Sunda dan Sahul.

Dangkalan dangkalan tersebut mempengaruhi penyebaran flora dan fauna di Indonesia. Wilayah barat, yang melewati beting Sunda, memiliki keanekaragaman hayati yang sama dengan benua Asia.

Sementara keanekaragaman flora di Indonesia Timur yang mengalir melalui rak Sahul menyerupai benua Australia. Sedangkan di kawasan tengah disebut Austalia-Asiatis memiliki flora dan fauna yang unik, tidak sama dengan di Asia dan Australia.

Pengaruh Letak Geologis Indonesia

Peristiwa tektonik, yang tidak hanya sangat aktif dan dapat menyebabkan bencana alam, juga bermanfaat bagi Indonesia karena banyak waduk sedimen terbentuk. A

da sedimen di cekungan ini, yang kemudian menjadi batuan induk dan batuan penyimpanan hidrokarbon di mana kandungan minyak disimpan.

Dampak lokasi geologi Indonesia terhadap tekstur tanah dan penampilan alami adalah sebagai berikut:

Baca Juga : Faktor Perbedaan Cuaca dan Iklim Suatu Wilayah

  1. Kepulauan Indonesia memiliki banyak gunung berapi aktif. terutama di wilayah barat. Ini disebabkan oleh wilayah barat, yang saling bersilangan oleh sejumlah pegunungan Mediterania. Sirkuit Mediterania terdiri dari sejumlah gunung api muda, sehingga memiliki potensi lebih besar untuk aktif
  2. Laut di Indonesia Barat adalah laut dalam. Sedangkan wilayah tengah dan timur terdiri dari laut dangkal. Ini dipengaruhi oleh kondisi geologis di Indonesia, di mana rak Sunda dan rak Sahul lewat. Selain itu, ada juga daerah di Indonesia yang berada di antara dua pangkalan (Australia-Asia).
  3. Di wilayah Indonesia ada banyak tambang dan mineral seperti emas, perak dan besi. Ini karena ada banyak cekungan sedimen (sedimentary basin) di wilayah Indonesia yang disebabkan oleh aktivitas tektonik. Cekungan sedimen menerima sedimen yang dapat dikonversi menjadi batuan lain. Ini mengarah pada deposit mineral.
  4. Wilayah Indonesia digolongkan sebagai “area bencana”. Di Indonesia, gempa tektonik atau gempa vulkanik sering terjadi karena aktivitas geologis.
  5. Pegunungan di Indonesia adalah rangkaian pegunungan muda di Mediterania (wilayah barat) dan wilayah Pasifik di wilayah timur.
  6. Di Indonesia ada banyak jenis tanah untuk pertanian dan perkebunan. Ini juga disebabkan oleh aktivitas Gunung Merapi, yang menghasilkan tanah vulkanik. Tanah vulkanik mengandung banyak unsur hara yang merupakan indikator kesuburan tanah.
  7. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, baik flora dan fauna. Juga di Indonesia ada banyak flora dan fauna endemik yang dilindungi flora dan fauna. Salah satunya dipengaruhi oleh dua pangkalan yang melintasi wilayah Indonesia.
  8. Gunung berapi sering muncul di tengah laut. Terutama di wilayah barat Indonesia, yang mengelilingi Laut Mediterania. Gunung berapi aktif masih aktif di tengah laut dan terus berkembang.

Baca Juga : Dampak Perubahan Iklim

Jelaskan tentang wilayah datar berdasarkan geologis?

Secara geologis Indonesia terdiri dari tiga wilayah datar/dangkalan. Dangkalan adalah laut dangkal yang menghubungkan dua daratan besar. Angkalan di Indonesia adalah sebagai berikut:
Dangkalan sunda yang mana dangkalan ini menghubungkan bagian barat Indonesia dengan benua Asia.
Dangkalan Sahul yang mana dangkalan ini menghubungkan Indonesia Timur dengan Australia.
Wilayah lautAustralia-Astis yang terletak di wilayah tengah antara dangkalan Sunda dan Sahul.

Lokasi geologi Indonesia ditandai oleh tiga, apa saja itu?

Indonesia dilintasi oleh dua jajaran gunung besar di dunia. Yaitu Circum Mediterrane Circum dan Circum Pasifik.
Indonesia adalah titik pertemuan dari tiga lempeng litosfer, lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.
Indonesia terletak di tiga wilayah datar, yaitu rak Sunda, rak Sahul dan Laut Australia Tengah Asi

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Pengaruh Letak Geologis Indonesia Bagi Kehidupan. Baca juga Penyebab Bumi Berotasi dan Berevolusi. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Pengaruh Letak Geologis Indonesia Bagi Kehidupan Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca