Pengelolaan Kekayaan Alam Di Negara Indonesia

3 min read

Rumusguru.com – Pengelolaan Kekayaan Alam Di Negara Indonesia merupakan cara yang dilakukan untuk mengolah sumber daya alam yang ada. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya sumber daya alamnya. Bahkan Indonesia telah digambarkan sebagai negara multi etnis.

Untuk ulasan lengkap tentang Pengelolaan Kekayaan Alam Di Negara Indonesia, Anda dapat membaca artikel kali ini sampai selesai.

Review Pengelolaan Kekayaan Alam Di Negara Indonesia

 

 

Indonesia adalah negara dengan kekayaan sumber daya alam, mulai dari hutan, sumber daya pertanian, dan satwa liar. Bahkan kekayaan alam yang ada di Bumi seperti batubara, minyak bumi, perak, emas, gas bumi, timah dan lain sebagainya.

Namun dalam hal pengelolaan sumber daya alam di Indonesia belum terkelola dengan baik. Terkait dengan bagaimana mengelola SDA itu sendiri di Indonesia telah terdapat dalam Undang Undang Dasar 45 tepatnya pada pasal 33 ayat 3.

Dalam pasal tersebut dikatakan bahwa Bumi, Air, Serta Kekayaan yang ada didalamnya dikuasai oleh Negara, kemudian digunakan untuk kemakmuran Rakyat di Negara Indonesia. Artinya, sebagian besar kekayaan Indonesia tidak boleh dikelola oleh sekelompok orang untuk kepentingan mereka sendiri. Selain itu, pengelolaan sumber daya alam mestinya diserahkan kepada pemerintah sebagai tindakan memakmurkan rakyat Indonesia.

Dengan demikian, Negara mempunyai wewenang berdasarkan Undang Undang untuk mengatur, mengelola, mengawasi, serta mengurus seluruh pemanfaatan SDA yang ada. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan Rakyat Indonesia.

Undang-undang Republik Indonesia tahun 1945 menyatakan bahwa negara memiliki kendali atas SDA di Indonesia. Artinya Pemerintah memiliki tanggung jawab, antara lain:

  • Segala bentuk pengelolaan tanah dan air, dengan hasil sumber daya alam, digunakan untuk memajukan pembangunan dan kesejahteraan Masyarakat.
  • Melindungi semua hak Masyarakat selama berada di dalam dan di sekitar bumi, air dan sumber daya alam, yang dapat dinikmati oleh mereka secara langsung.
  • Mencegah apapun yang dapat mengakibatkan Masyarakat tidak dapat menikmati Sumber Daya Alam yang ada.

Apa Itu Sumber Daya Alam?

SDA atau kepanjangan dari Sumber Daya Alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Kemajuan teknologi, dan pertumbuhan penduduk serta perubahan industri telah membawa manusia ke dalam masa naturalisasi, sehingga persediaan SDA terus merosot tajam terutama dalam beberapa tahun terakhir.

SDA penting untuk menunjang kebutuhan dalam kehidupan manusia, namun sayang keberadaan Sumber Daya Alam belum merata. Misalnya, negara-negara di Timur Tengah memiliki sepertiga gas alam di dunia, dan Maroko memiliki sekitar setengah dari cadangan fosfat dunia yang tersedia. Namun, sumber daya alam ini seringkali tidak kondusif dengan pembangunan ekonomi di negara-negara tersebut.

Secara umum, SDA dapat dianggap sebagai regeneratif yang dapat bertahan selama tidak digunakan secara berlebihan. Tumbuhan, hewan, mikroba, sinar matahari, angin, dan air adalah contoh alami dari energi yang terbarukan.

Meski melimpah, namun pemanfaatannya harus dikurangi dan dijaga agar bisa berkelanjutan. SDA yang tidak dapat diperbarui adalah Sumber Daya Alam terbatas karena digunakan lebih cepat daripada pembentukan dan jika digunakan terus menerus, akan mengalami kekurangan atau bahkan habis.

SDA seperti Minyak, emas, besi, dan berbagai batu permata lainnya sering kali membutuhkan banyak waktu dan upaya untuk membentuknya kembali. Gas alam sebagian besar berasal dari fosil yang telah disimpan selama jutaan tahun. Tekanan dan panas telah mengubah lingkungan dan menciptakan berbagai jenis bahan pertambangan.

Lingkungan Dan Pengelolaan Kekayaan Alam Di Negara Indonesia

Sifat lingkungan memelihara semua makhluk hidup yang meliputi ketersediaan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan dasar dan ketersediaan ruang yang cukup pada tingkat sumber daya alam tertentu disebut energi alam.

Keberadaan ekosistem bumi tidak terbagi rata, sehingga kekuatan alam di tiap daerah akan berbeda. Oleh karena itu, penggunaannya harus dijaga agar dapat menopang dan mencegah ekploitasi penggunaannya. Perencanaan dan pemeliharaan lingkungan harus dilakukan dengan bijak, antara lain:

  1. Penggunaan sumber daya terbarukan secara hati-hati dan efisien, misalnya: air, udara, dan tanah.
  2. Penggunaan bahan pengganti, misalnya efek logam (campuran).
  3. Menetapkan strategi dan rehabilitasi pengelolaan pertambangan.
  4. Menciptakan praktik ramah lingkungan.

Ekonomi Dan Pengelolaan Kekayaan Alam Di Negara Indonesia

Lingkungan dan situasi ekonomi di dalam negeri saling berhubungan, itulah mengapa hal ini berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat. Namun, ini sangat kontroversial karena negara-negara terkaya dengan Sumber Daya Alamnya seringkali merupakan negara-negara termiskin dalam ekonomi.

Korupsi, perang saudara, pemerintahan yang lemah, dan demokrasi adalah beberapa hal yang menghambat perkembangan ekonomi negara-negara yang kaya Sumber Daya Alam tersebut. Untuk mengatasi hal ini, sistem pemerintah perlu direstrukturisasi, pendanaan dan bantuan keuangan perlu disalurkan ke bidang industri lainnya. Pemantauan dan evaluasi kelestarian lingkungan perlu ditingkatkan.

Pemanfaatan SDA

Sumber Daya Alam atau SDA memiliki peran dalam memenuhi kebutuhan manusia. Untuk memudahkan penelitian, pemanfaatan sumber daya alam dibagi berdasarkan asal, yang disebut dengan SDA “non hayati” dan “hayati”.

1. Sumber Daya Alam Hayati

Sumber Daya Alam yang ditimbulkan atau berhubungan dengan mahluk hidup, Seperti:

  • Tumbuhan
  • Pertanian
  • Perkebunan
  • Hewan
  • Peternakan dan
  • Perikanan

2. Sumber Daya Alam Non Hayati

Sumber Daya Alam yang dapat diusahakan kembali dan dapat dimanfaatkan terus-menerus, Seperti:

  • Air
  • Angin
  • Sinar Matahari dan
  • Hasil Tambang

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan tentang Pengelolaan Kekayaan Alam Di Negara Indonesia, yang telah kami bagikan untuk Anda semua sebagai bahan rujukan jika sedang mencari referensi hal terkait dengan ini.

Jangan lupa untuk terus mengikuti artikel kami yang lainnya, tentu saja dengan berbagai pembahasan seputar Ilmu Pengetahuan, dan iodata Tokoh terkenal. Pastinya telah kami rangkum semenarik mungkin untuk Anda baca. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Pengelolaan Kekayaan Alam Di Negara Indonesia Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Custom Rom Redmi 3S

Faranggi
2 min read

Iklim Junghuhn

Ami Alhasani
3 min read