Pengertian Benua dan Samudra

3 min read

Pengertian Benua dan Samudra

RumusGuru.com – Pengertian Benua dan Samudra di bawah ini pastinya akan sangat bermanfaat bagi kita semua. Apalagi ilmu geografi adalah salah satu ilmu yang sangat penting untuk dipelajari.

 

Pengertian Benua

Benua merupakan salah satu bagian dari bumi yang berupa tanah atau daratan yang sangat luas dan dibatasi oleh laut atau lautan. Hal ini membuat bagian tengah benua tidak terpengaruh secara langsung oleh angin laut.

Bisa dibilang daratan yang ada di dunia ini memiliki ukuran luas hingga 30% di seluruh permukaan bumi ini.

Sehingga apabila dibandingkan dengan lautan luas benua tidak sebanding karena lautan lebih luas. Selain itu bentuk benua yang terpecah pecah dan tersebar di seluruh permukaan bumi.

 

Ciri-ciri Benua

Benua sendiri memiliki ciri-ciri seperti di bawah ini :

1.) Benua berupa daratan yang sangat luas.

2.) Di bagian tengah benua tak dipengaruhi oleh adanya angin laut sehingga kondisinya kering.

3.) Benua dapat mengalami gerak bergeser yang membuat permukaannya sering kali mengalami perubahan bentuk.

4.) Ada banyak macam benua di dunia dengan samudra sebagai pemisahnya.

5.) Di dalam benua terdapat kumpulan pulau yang ada dalam satu wilayah dengan ras, sejarah dan keadaan alam yang sama.

 

Macam-macam Benua

Bumi terdiri dari 6 benua dan berikut ini adalah penjelasannya :

1.) Benua Afrika

Benua ini memiliki luas 30.295.000 km2 dan biasa dijuluki sebagai Benua Hitam dengan 54 negara di dalamnya dan jumlah penduduk kurang lebih 800 juta penduduk. Benua ini berada di antara 37 LU – 34 LS dan17 BB – 51 BT.

Pada bagian utara berbatasan dengan Laut Tengah, Terusan Zues dan juga Laut Merah sedangkan pada bagian selatan dan bagian barat berbatasan dengan Samudra Atlantik. Sementara pada bagian timur berbatasan dengan Samudra Hindia.

Keadaan iklim pada benua ini sebagian besarnya beriklim tropis meski pada Afrika Utara dan Selatan beriklim sub tropis.

Kondisi benua ini sangat dipengaruhi iklim, di mana iklim tropis yang tersebar hampir di seluruh wilayah benua membuat benua ini memiliki bentuk dataran gurun dan sebagian besar wilayahnya gersang.

 

2.) Benua Eropa

Benua Eropa memiliki luas sebesar 27.273.272 yang terletak di 35 LU – 71 LU dan di antara 9 BB – 60 BT. Bagian barat benua ini berbatasan dengan Samudra Atlantik, lalu pada bagian timur berbatasan dengan Benua Asia.

Sedangkan pada bagian utara berbatasan dengan Samudra Arktik dan bagian selatan berbatasan dengan Laut Hitam dan juga Laut Tengah.

Benua ini memiliki iklim yang sangat kompleks dan rumit sebab di beberapa wilayahnya memiliki iklim yang berbeda-beda.

Eropa barat memiliki iklim laut, Eropa timur memiliki iklim kontinental, Eropa tengah memiliki iklim tundra, Eropa selatan memiliki iklim mediteran, sedangkan Eropa utara memiliki iklim dingin atau kutub.

 

3.) Benua Australia

Australia merupakan benua terkecil di dunia dengan luas hanya 7.683.300 dan berada di antara10 LS_43 LS dan antara 113 BT_155 BT.

Pada bagian utara benua Australia berbatasan dengan Indonesia, lalu pada bagian timur berbatasan dengan Samudra Pasifik dan juga Selandia Baru. Sementara pada bagian selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.

 

4.) Benua Antartika

Satu-satunya benua yang tidak dihuni oleh manusia ini berada di wilayah paling selatan bumi dan hanya memiliki luas sebesar 13.200.000. Meski benua ini terbilang cukup luas, namun populasi di benua ini sangatlah sedikit, bahkan tidak ada manusia yang tinggal di sana.

Manusia yang tinggal di sana pun adalah peneliti dan juga ilmuwan yang sedang melakukan penelitian di benua yang wilayahnya tertutupi oleh es ini.

Iklim di sana pun sangatlah rendah dan yang paling rendah di antara semua wilayah yang ada di bumi.

 

5.) Benua Asia

Asia adalah benua terbesar di permukaan bumi dengan lebar 44.180.000 sehingga benua ini dihuni oleh lebih dari 60% populasi yang ada di bumi ini.

Bisa bayangkan berapa luas benua ini?

Benua Asia juga merupakan satu-satunya benua dengan keberagaman mulai dari iklim, ras hingga kondisi wilayahnya.

Indonesia sendiri termasuk ke dalam benua Asia, atau lebih tepatnya Asia Tenggara.

 

6.) Benua Amerika

Memiliki luas sebesar 42.887.680 benua ini berada di 72 LU_59 LS dan antara 36_163 BB, pada bagian utara berbatasan dengan Samudra Arktik, pada bagian timur berbatasan dengan Samudra Atlantik sedangkan pada bagian selatan dan barat berbatasan dengan Samudra Pasifik.

 

 

Pengertian Samudra

Samudra merupakan sekumpulan air dengan jumlah yang amat sangat banyak dan menutupi lebih dari 71 persen Bumi. Samudra sendirilah yang memisahkan antara benua dari benua satu ke benua lainnya.

Samudra terbentuk pada jutaan tahun silam pada saat bumi masih tertutupi oleh es yang kemudian menguap dan air yang ada di atmosfer pun mulai mengembun lalu membentuk air.

Air yang terbentuk ini kemudian akan terkumpul pada cekungan besar dan juga dalam. Untuk kemudian terbentuk sebuah samudra.

 

Ciri-ciri Samudra

Samudra sendiri memiliki ciri ciri sebagai berikut :

1.) Lautan paling luas dan juga dalam.

2.) Memiliki area yang sangat curam.

3.) Tepian benua bentuknya landai dan membentuk paparan dunia.

 

Macam-macam Samudra

Sama halnya dengan benua, samudra juga terdiri dari beberapa macam dan berikut ini penjelasannya :

1.) Samudra Pasifik

Samudra ini adalah samudra paling luas di permukaan bumi yang luasnya hampir 50,1% di seluruh permukaan bumi. Di samudra ini kita bisa menemukan Palung Mariana yang merupakan titik paling rendah permukaan bumi.

Di dalam samudra ini terdapat gunung berapi di bawah laut yang disebut dengan seamounts.

Pada wilayah samudra Pasifik ini sering sekali terjadi bencana alam seperti gempa teknonik hingga Tsunami.

 

2.) Samudra Atlantik

Samudra ini menyelimuti sekitar 26,0% bagian permukaan bumi dan bentuknya menyerupai huruf S. Di sekitar samudra ini juga sering sekali terjadi bencana umumnya terjadi badai tropis yang akan terjadi di kawasan pesisir pantai Afrika.

Di sini kita juga bisa menemukan Lembah Milwauke di Palung Puerto Rico yang merupakan titik terendah di wilayah samudra ini.

 

3.) Samudera Hindia

Samudra Hindia menyelimuti sekitar 20,5% wilayah bumi dengan arus dan gelombang yang cukup tinggi. Titik terendahnya berada di palung Jawa.

Meski begitu wilayah perairan Hindia merupakan jalur perdagangan yang ramai dan mencakup beberapa pelabuhan besar di dunia di bangun di samudra ini.

 

4.) Samudera Artik

Samudra ini hanya meliputi 3,4% kawasan permukaan bumi sehingga bisa disebut sebagai samudra terkecil dan bahkan terdangkal di dunia.

Benua ini pun memiliki iklim beku dan wilayahnya selalu ditutupi es baik ketika musim dingin mau pun musim panas.

Samudra Artik juga memiliki kadar garam yang sangat rendah dibandingkan dengan samudra lainnya.

 

Nah, sekarang sudah tahu kan pengertian benua dan samudra lewat ulasan di atas, semoga bermanfaat.

 

Materi Pembelajaran Lainnya :

  1. Hasil Kebudayaan Mesolitikum
  2. Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania
  3. Teori Pertumbuhan Ekonomi
Pengertian Benua dan Samudra Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Iklim Junghuhn

Ami Alhasani
3 min read

Klasifikasi Awan

Ami Alhasani
2 min read