Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !

Pengertian Budaya Lokal dan Budaya Nasional

2 min read

Pengertian Budaya Lokal dan Nasional

Pengertian Budaya Lokal dan Budaya Nasional – Secara etimologis, budaya berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu “buddayah”, bentuk jamak dari kata “buddi”, yang berarti budi atau akal. Lebih lengkapnya simaklah penjelasan kami mengenai Materi Makalah Pengertian dan Perbedaan Budaya Lokal dan Budaya Nasional Lengkap di bawah ini.

Pengertian Budaya Lokal dan Budaya Nasional

Secara etimologis, budaya berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu “buddayah”, bentuk jamak dari kata “buddi”, yang berarti budi atau akal.

Dengan demikian, budaya / kebudayaan bisa diartikan sebagai masalah budi dan akal manusia. Budaya adalah pengembangan majemuk dari budi daya, yang berarti daya yang berasal dari budi.

Budaya ialah daya dari budi yang berupa cipta, karsa, dan rasa. Budaya menurut ilmu antropologi yaitu ialah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan tindakan yang dibuat oleh orang-orang dalam konteks kehidupan masyarakat dan yang menjadi milik manusia melalui pembelajaran.

Budaya sangat terkait erat dengan kehidupan masyarakat. Masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menjadi aktif bersama dan membawa budaya.

Jadi tidak ada masyarakat yang tidak menghasilkan budaya. Di sisi lain, tidak ada budaya tanpa masyarakat sebagai forum dan pendukung.

Untuk memahami seperti apa kebudayaan lokas dan kebudayaan nasional, beriku akan kami jelaskan mengenai jenis jenis kebudayaan tersebut :

Budaya lokal

Budaya lokal adalah budaya yang tumbuh dan berkembang di daerah yang merupakan milik kelompok etnis /suku suku bangsa yang tinggal di seluruh wilayah Indonesia.

Keragaman budaya lokal di seluruh Indonesia telah menjadi harta dan kekayaan rakyat Indonesia. Oleh karena itu, budaya lokal akan terus dibiarkan dan dilestarikan oleh setiap wilayah atau kelompok etnis tergantung pada kondisi lingkungan fisik dan sosial.

Sebagai contoh budaya lokal, adanya tradisi “selametan” yang mencirikan proses perkembangan kehidupan dan kehidupan manusia di Jawa.

Ini bisa dilihat di acara Selametan, yang menandai masa kehamilan tujuh bulan yang oleh masyarakat setempat disebut dengan Mitoni atau Tingkepan, selamatan orang yang meninggal, dan sebagainya.

Selain itu, ritual “Garebeg Suro” dari Istana Ngayogyakarta Hadiningrat dan ritual “Ngaben” untuk masyarakat Bali adalah contoh budaya lokal di nusantara.

Budaya lokal Indonesia meliputi semua budaya yang ada di Indonesia, termasuk semua puncak dan esensi budaya berharga dari seluruh kepulauan Indonesia, baik yang sudah ada sejak lama, dan kreasi baru dengan semangat nasional.

Budaya lokal memainkan peran penting dalam memperkuat ketahanan budaya negara. Oleh karena itu, pemerintah daerah harus bertindak lebih aktif untuk mengelola kekayaan budaya ketika budaya tumbuh dan berkembang di bidang dukungan masyarakat.

Selain itu, pemerintah pusat, organisasi non-pemerintah, masyarakat itu sendiri, dan unsur-unsur lainnya harus mendukung keberlanjutan pengelolaan kekayaan budaya di masa depan.

Baca Juga : 7 Faktor Penyebab Bumi Semakin Panas

Budaya nasional

Selain budaya lokal, ada juga budaya nasional. Koentjaraningrat mengatakan bahwa “budaya nasional” adalah budaya yang didukung oleh mayoritas warga suatu negara dan memiliki persyaratan mutlak yang khas dan juga di banggakan dan memberikan identitas warga negara.

Identitas budaya ini menandai keberadaan budaya nasional dan merupakan ciri khas budaya nasional dan juga sebagai pembeda dengan negara lain.

Budaya nasional Indonesia adalah budaya yang telah menghasilkan bangsa Indonesia sejak jaman dahulu sampai sekarang.

Budaya ini sebagai karya yang dibanggakan dan memiliki keunikan bangsa Indonesia adalah identitas dan jati diri bangsa Indonesia yang kuat.

Menurut Pasal 32 UUD 1945, budaya bangsa adalah budaya yang dihasilkan dari semua upaya bangsa Indonesia.

Budaya bangsa adalah perwujudan budaya nasional, secara abstrak terkandung dalam sistem gagasan, tindakan, dan karya manusia.

Sementara manifestasi konkret dari budaya nasional adalah cara bahasa, bagaimana seseorang berperilaku, bagaimana seseorang berpakaian, dan sistem peralatan untuk menjalani kehidupan seseorang.

Sifat khas yang dimaksud dalam kebudayaan nasional bisa dimanifestasikan terhadap unsur budaya bahasa, pakaian, kesenian dan upacara ritual.

Sementara unsur budaya lain yang bersifat universal mungkin tidak memiliki ciri khusus, seperti teknologi, ekonomi, sistem sosial dan agama / agama.

Budaya nasional sebenarnya dapat mengambil bentuk kontribusi dari budaya lokal. Dari beberapa kontribusi budaya lokal, yang menjadi ciri khas rkemudian menjadi budaya nasional.

Kebudayaan nasional pada kenyataannya dapat ditemukan dan dilihat dalam berbagai bentuk. Koentjaraningrat (2004) membagi budaya menjadi empat bentuk dalam bukunya “Kebudayaan Mentalitas &Pembangunan”

  • Benda-benda fisik, yaitu hasil karya manusia yang sifatnya konkret dan bisa diraba atau difoto.
  • Sistem tingkah laku seperti tindakan berpola manusia yang menjadi sebuah penggambaran wujud tingkah laku manusia yang bersifat konkret, bisa difoto bahkan difilmkan.
  • Sistem budaya yakni sistem gagasan yang menggambarkan wujud gagasan kebudayaan yang ada di dalam alam pikiran tiap tiap individu, bersifat abstrak, tidak bisa difoto dan difilmkan, hanya bisa diketahui atau dipahami.
  • Sistem gagasan ideologis yang dapat menentukan sifat maupun corak pikiran, cara berpikir, dan juga tingkah laku manusia. 
Apa itu budaya?

Secara etimologis, budaya berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu “buddayah”, bentuk jamak dari kata “buddi”, yang berarti budi atau akal.

Sebutkan contoh budaya lokal?

Kesenian Daerah
Contoh tarian daerah, sebagai berikut;

Aceh; Seudati, Tarian Saman, dan Pukat,
Sumatera Utara; Serampang Dua Belas, Manduda, dan Tortor,
Jawa Timur; Ngremo & Reog. Dll.

Sebutkan contoh budaya nasional?

1. Rumah Adat DKI Jakarta
2. Bangun Pemuda Pemudi (Lagu Nasional)
3. Keroncong
4. Dangdut, dll.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Pengertian Buday Lokal dan Budaya Nasional Lengkap. Baca juga Perbedaan Negara Kesatuan Dan Negara Federal. Semoga bermnafaat.

Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !
Pengertian Budaya Lokal dan Budaya Nasional Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca