Pengertian Data – Fungsi, Ciri, Sumber, Jenis, Bentuk, Dan Contohnya

4 min read

Rumusguru.com – Pengertian Data adalah sesuatu yang masih belum diketahui makna dan artinya secara keseluruhan atau sesuatu yang tidak berarti. Di sisi lain, Informasi adalah sesuatu yang memiliki makna dan didasarkan pada koreksi atas apa yang telah diubah atau diproses.

Informasi adalah sesuatu yang sudah diolah, dengan kata lain data yang bermakna dan dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk informasi yang didapat. Untuk lebih lengkapnya mengenai Pengertian Data, Anda dapat membaca artikel ini hingga selesai. Silahkan Anda simak ulasannya berikut!

Pengertian Data

 

 

Data adalah kumpulan informasi faktual. Bentuk jamak yang berasal dari bahasa Latin yang berarti “sesuatu yang diberi”. Dalam penggunaannya data mengacu pada kata-kata yang diterima sebagaimana adanya. Pernyataan yang merupakan hasil pengematan yang dapat berupa angka, kata, atau gambar.

Data juga termasuk daftar ekstensi yang memberikan gambaran lebih besar tentang sebuah situasi. Pengambil keputusan akan menggunakan data sebagai bahan pertimbangan pada suatu keputusan. Dengan kata lain menggunakan data seseorang dapat menganalisis, menjelaskan atau menjelaskan situasinya.

Selain itu, data dikumpulkan dengan cara khusus dan diubah menjadi informasi yang jelas dan sederhana untuk dipahami semua orang. Data juga dibutuhkan untuk berbagai keperluan, seperti pemasaran, penelitian sampai populasi. Data hadir dalam berbagai bentuk dan fungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan pengelola data.

Secara umum, sebagian besar data digunakan dalam penelitian. Namun, seiring waktu, data dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda dalam banyak bidang. Tentunya hal ini dimaksudkan untuk memberi informasi yang akurat.

Dari perspektif bisnis, data merupakan gambaran dari suatu perusahaan atau sesuatu yang telah terjadi. Interpretasi kedua juga menyatakan bahwa data merupakan gambaran tentang apa yang terjadi dan dihadapi.

Setelah mengolah data melalui berbagai studi dan eksperimen, kemudian data tersebut dapat menjadi berbagai hal, seperti solusi pemecahan masalah atau database.

Jika dilihat dari sudut Ilmiah, fakta dikumpulkan yang kemudian dijadikan data. Hal yang sama dirancang untuk didefinisikan dengan jelas dan sesuai untuk dipahami oleh orang lain yang tidak mengalaminya secara langsung, ini disebut deskriptif.

Sekelompok informasi yang didasarkan pada persamaan atau perbedaan yang ada disebut denganklasifikasi. Data diketahui mentah dan tidak berpengaruh. Hanya ada dan tidak memiliki arti serta bisa dalam berbagai bentuk, baik itu akan digunakan atau tidak.

Arti Data Menurut Para Ahli

Pengertian Data berbeda beda jika dilihat dari pendapat para Ahli seperti berikut ini:

  1. Ahmad Muhsin Dan Supriyanto = Data merupakan bahan baku dari informasi (simbol yang mewakili tindakan benda, fakta, serta kuntitas, dll).
  2. Mutiara Dan Kuswadi = Data merupakan kumpulan informasi dari suatu pengamatan berupa lambang, sifat, dan angka.
  3. Robert N. antony dan John Dearden = Data ialah bentuk tunggal dari datum atau bentuk jamak dari item.
  4. Arikunto = Data memiliki arti sebagai seluruh angka serta fakta yang kemudian dijadikan bahan untuk suatu informasi.
  5. Zulkifli A.M = Data adalah suatu bukti, fakta atau keterangan, mengenai suatu yang masih mentah dan nyata tetapi belum diolah.

Fungsi Dan Kegunaan Data

Berikut ini adalah beberapa kegunaan dan fungsi dari data:

  1. Data dapat diolah menjadi sumber informasi yang dapat dipercaya.
  2. Data bisa digunakan untuk bahan evaluasi dalam menanggapi suatu masalah ter
  3. Data juga berfungsi guna memecahkan masalah dan penentuan terhadap suatu kebijakan dan keputusan.
  4. Data dapat digunakan untuk acuan dalam setiap implementasi aktivitas
  5. Data berfungsi untuk bahan penelitian dalam sebuah kegiatan.

Berbagai Jenis Data

Data dapat dikelompokkan menjadi berbagai macam jenis, yaitu:

1. Data Berdasarkan Sifat

Data berdasarkan sifatnya dibagi menjadi dua, yaitu kualitatif dan kuantitatif.

A. Data Kualitatif : Data yang deskriptif atau data tidak berbentuk angka, umumnya dinyatakan dalam gambar, simbol, atau variabel. Diperoleh melalui wawancara, kuesioner, studi literature, dan observasi. Bersifat obyektif, sehingga menimbulkan arti berbeda-beda.

B. Data Kuantitatif : Data yang didapat dengan survei untuk jawaban berupa angka. Apabila seseorang memahami data kuantitatif akan menimbulkan pendapat yang sama.

2. Data Berdasarkan Cara Memperoleh

Data ini dibedakan menjadi dua, yaitu primer dan sekunder.

A. Data Primer : Data didapat dari objek atau sesuatu yang telah diteliti. Contoh data primer seperti kuesioner responden, wawancara, atau survei.

B. Data Sekunder : Data didapat dari sumber yang ada. Dengan kata lain penulis tidak mengumpulkan data langsung. Contoh seperti data data pemerintah, sensus penduduk, dan data penyakit.

3. Data Berdasarkan Sumber

Data sumber dibagi dua yaitu eksternal serta Internal.

A. Data Internal : Data diperoleh langsung dari tempat yang diteliti. Contoh seperti kebutuhan tenaga kerja, jumlah karyawan, dan tingkat kepuasan karyawan.

B. Data Eksternal : Data didapat dari luar lingkup kerja. Seperti data penjualan produk, kependudukan, dan jumlah mahasiswa.

4. Data Berdasrkan Waktu Pengumpulan

Data ini dibagi menjadi 2, yaitu Berkala dan Cross Section.

A. Data Berkala : Data dikumpulkan berdasarkan waktu kewaktu. Berguna untuk memantau perkembangan dari hari ke hari.

B. Data Croos Section : Data dikumpulkan diwaktu tertentu untuk menggambarkan keadaan (kegiatan pada waktu itu). Seperti penelitian dengan kusioner.

Bentuk Data

Data bisa didapat dengan berbagai bentuk antara lain, sebagai berikut:

  1. Angka
  2. Huruf
  3. Gambar
  4. Suara
  5. Suatu Keadaan
  6. Bentuk Simbol
  7. Dan Lain Lain

Sumber Data

Data dapat dikumpulkan dari berbagai sumber. Sumber penelitian adalah apa dan dari mana data yang bisa ditemukan. Jika peneliti menggunakan wawancara untuk mengumpulkan data, maka yang disebut sunber adalah respondennya dengan kata lain orang yang menjawab pertanyaan peneliti.

Jika pengumpulan data dilakukan secara publik maka responden ialah publik, sedangkan jika dilakukan dengan sampel, maka responden adalah sampel. Data dikumpulkan untuk menguji tanggapan responden. Pertanyaan tentang data yang dapat dikumpulkan di berbagai bidang.

Jika peneliti menggunakan alat peraga, temuannya bisa berupa objek, gerakan, atau objek yang diolah. Suatu kajian yang melihat bagaimana siswa belajar, sumber adalah siswa, sedangkan objek ialah kegiatannya.

Jika peneliti menggunakan analisis dokumen maka dokumen adalah sumber, sedangkan isi dokument untuk variabel penelitian. Sumber dapat dikategorikan berdasarkan dua faktor, yaitu subjek di mana informasi tersebut terintegrasi dan berdasarkan lingkungan yang tersedia.

Ciri – Ciri Data

Data juga mempunyai berbagai macam ciri ciri, seperti:

  • Data belum memiliki makna jika belum diolah.
  • Data mempunyai banyak bentuk datum atau data tunggal yang dikumpulkan dari suatu kejadian dengan observasi maupun wawancara.
  • Data berdasarkan kelengkapan dan jumlah yang ada tidak bisa menjadi suatu bukti untuk kepastian dari sebuah peristiwa.

Cara Mengumpulkan Data

Data bisa dikumpulkan dengan berbagai macam cara, yaitu:

1. Wawancara : Pengumpulan data melalui tanya jawab langsung antara sumber dan peneliti. Wawancara dapat dilakukan melalui skype, telepon, bahkan email.

2. Observasi : Pengumpulan data yang melibatkan berbagai faktor. Metode ini tidak hanya mengukur sikap, juga digunakan untuk merekam suatu peristiwa.

3. Angket/ Kuesioner : Pengumpulan data dengan cara memberi pertanyaan kepada responden. Metode ini merupakan cara pengumpulan data yang efisien.

4. Studi Dokumen : Pengumpulan data tidak langsung kepada subjek. Ini adalah cara pengumpulan data dengan dokumen untuk bahan analisa.

Contoh Data

Adapun berbagai contoh Data dapat Anda lihat dibawah ini:

  • Terjadi Kecelakaan Di Tol
  • Club Persela Menang
  • Harga Ikan
  • Arab Menjadi Juara ASIAN GAMES
  • Naiknya Harga Bahan Bakar Minyak
  • Harga Televisi Terbaru
  • Minuman Jus Mangga
  • Harga Mentimun
  • Pembangunan Jembatan

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian Data yang telah kami jelaskan untuk Anda yang mencari rujukan terkait dengan hal ini. Jangan lupa ikuti terus update Artikel menarik kami yang lainnya hanya di https://rumusguru.com/. Semoga ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Pengertian Data – Fungsi, Ciri, Sumber, Jenis, Bentuk, Dan Contohnya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca