Pengertian Energi : Menurut Para Ahli, Bentuk, Sifat Dan Manfaat

4 min read

Pengertian Energi : Menurut Para Ahli, Bentuk, Sifat Dan Manfaat

Pengertian Energi : Menurut Para Ahli, Bentuk, Sifat Dan Manfaat – Pada kesempatan ini rumusguru.com akan memberikan penjelasan tentang Pengertian Energi, yuk lihat penjelasannya dibawah ini :


Pengertian Energi : Menurut Para Ahli, Bentuk, Sifat Dan Manfaat


Manusia memerlukan energi buat melaksanakan berbagai perihal. Tidak cuma manusia, terkadang barang maupun makhluk hidup yang lain pula memerlukan energi buat melakukan kegiatan.

Tanpa adanya energi manusia hendak sangat susah melaksanakan kegiatan maupun melakukan berbagai perihal.

Karena energi jadi salah satu kekuatan yang perlu dimiliki secara dasar saat sebelum mempunyai kekuatan yang lain.

Pengertian Energi : Menurut Para Ahli, Bentuk, Sifat Dan Manfaat


Pengertian Energi

Energi merupakan kemampuan buat melakukan suatu aksi ataupun pekerjaan (usaha). Kata “Energi” berasal dari bahasa yunani ialah “ergon” yang berarti kerja.

Dalam melaksanakan sesuatu kita selalu menggunakan energi, baik secara sadar ataupun tidak sadar.

Energi suatu besaran turunan dengan satuan N. meter ataupun Joule. Energi serta kerja memiliki satuan yang sama.

Energi didefinisikan sebagai tenaga ataupun gaya untuk berbuat sesuatu, yang secara umum didefinisikan sebagai kemampuan melaksanakan suatu pekerjaan.

Sebaliknya kerja dapat didefinisikan sebagai usaha buat memindahkan barang sejauh S (m) dengan gaya F (Newton).

Contohnya kala kita berjalan kita membutuhkan Energi. Tetapi tiap aktivitas membutuhkan Energi dalam jumlah serta wujud yang berbeda-beda. Tenaga tidak bisa dilihat tetapi pengaruhnya bisa dialami.

Energi bisa berganti wujud dari satu wujud ke wujud yang lain. Contohnya pada setrika terjadi pergantian wujud dari tenaga listrik jadi tenaga panas.

Menurut KBBI Energi didefiniskan sebagai daya ataupun kekuatan yang dibutuhkan buat melaksanakan bermacam proses aktivitas.

Enegeri ialah bagian dari suatu barang namun tidak terikat pada barang tersebut. Enegeri bersifaat fleksible maksudnya bisa berpindah serta berganti.


Menurut Para Ahli

  • Robert L. Wolke: Energi merupakan kemampuan membuat sesuatu terjadi
  • Mikrajuddin: Energi merupakan kemampuan barang buat melakukan usaha
  • Pardiyono: Energi merupakan suatu wujud kekuatan yang dihasilkan ataupun dipunyai oleh suatu benda
  • Michael J. Moran: Energi merupakan suatu konsep dasar termodinamika serta ialah salah satu aspek penting dalam analisis teknik

Satuan Energi

Satuan Internasional buat tenaga yakni Joule (J), satuan tersebut bisa digunakan untuk menghormati james Presscot Joule dan percobaannya dalam persamaan mekanik panas. Satuan lain buat tenaga yakni Kalori (Kal).

Hubungan antara Joule dengan Kalori, yakni bagaikan berikut:

1 kalori= 4,2 Joule ataupun 1 Joule= 0,24 kalori

Hubungan Joule dengan Satuan Internasional Dasar lain:

1 Joule= 1 Newton-Meter serta 1 Joule= 1kg m2 s-2

Hukum Kekekalan Energi

Seperti yang kita tahu kalau Energi mempunyai suatu hukum yang kerap disebut dengan hukum kekekalan Energi.

Bunyi dari hukum kekekalan Enegeri merupakan tenaga tidak bisa diciptakan serta tidak bisa dimusnahkan, namun Energi bisa berganti wujud dari wujud yang satu ke wujud yang yang lain (Hukum I Termodinamika).


Bentuk-Bentuk Energi di Bumi

Energi memiliki berbagai macam wujud. Terdapat teori yang mengemukakan kalau Energi tidak dapat lenyap ataupun di lenyapkan, akan namun tenaga tersebut dapat berganti wujudnya.

Teori tersebut disebut dengan hukum kekekalan Energi. Berikut ini merupakan jenis-jenis Energi yang kerap digunakan buat ilmu pengetahuan:

  • Energi kimia

Energi kimia merupakan Energi yang sangat diperlukan oleh manusia ataupun makhluk hidup yang lain sebab tenaga tersebut berupa kimiawi serta tenaga tersebut bisa ditaruh lebih lama.

Tenaga kimia dapat tersimpan di dalam makanan yang kerap di mengkonsumsi oleh makhluk hidup.

Di dalam metabolisme makhluk hidup, makanan tersebut ialah salah satu yang terbanyak yang berupa Energi kimia serta sangat bermanfaat buat kelangsungan hidup makhluk hidup paling utama manusia.

Tidak hanya makhluk hidup, Energi kimia pula diperlukan oleh teknologi yang kita gunakan. Misalnya ialah kendaraan semacam motor ataupun mobil kita.

Motor ataupun mobil kita membutuhkanEnergi kimia ialah bensin supaya dapat kita pakai buat membantu aktivitas sehari-hari kita.

  • Energi panas

Energi panas merupakan Energi yang bisa berganti jadi kalor. Energi panas timbul sebab terbentuknya pergantian dalam wujud Energi.

Contohnya merupakan pergantian wujud dari respon Energi kimiawi matahari yang dapat menyebabkan timbulnya panas serta pula api yang dapat pindah lewat radiasi.

  • Energi bunyi

Energi bunyi ialah wujud terbentuknya pergantian Energi. Energi bunyi dapat dihasilkan dari tumbukan atau tabrakan dari suatu kejadian dengan adanya penghantar misalnya udara ataupun barang yang lain yang dapat menyalurkan bunyi.

  • Energi listrik

Energi listrik merupakan tenaga yang sangat banyak digunakan serta pula sangat penting untuk manusia di dunia ini.

Energi bisa timbul sebab terdapatnya perbandingan muatan antara 2 titik penghantar. Energi listrik bisa dihasilkan dari bermacam pembangkit tenaga listrik.

Energi listrik bisa diperoleh dengan pergantian sumber tenaga yang lain semacam panas, angin, sinar, bahan bakar fosil lewat proses kimiawi serta pula air.

Energi tersebut setelah itu dikonversikan jadi suatu wujud Energi listrik yang lewat proses perputaran turbin yang disebut dinamo yang dapat menciptakan medan listrik.

Energi listrik dari sinar dapat diperoleh dari adanya respon fotovoltaik di permukaan pembangkit sehingga bisa menyebabkan terbentuknya perbandingan muatan sehingga menciptakan Energi listrik

  • Energi gerak

Energi gerak ialah salah satu dari wujud Energi yang dasar. Energi gerak mencuat pada zat yang bergerak serta pula pada barang. Gerakan pada zat yang bergerak ialah suatu Energi.

Perihal tersebut sama dengan pergantian Energi air yang bermanfaat buat memutarkan baling baling pada turbin yang dapat menciptakan Energi listrik.

  • Energi nuklir

Energi nuklir merupakan Energi yang terletak di dalam tiap zat ataupun tiap mater yang tersusun dari atom-atom serta pula material penyusun zat atom yang lain antara lain neutron, elektron serta proton.

Energi nuklir bisa dikatakan sebagai Energi kimia, akan namun sifatnya lebih khusus lagi serta pula lebih memerlukan usaha dalam memakainya.

Energi nuklir bisa menciptakan Energi yang lumayan besar dengan memakai massa yang sedikit saja. Perihal tersebut sesuai dengan rumus Energi nuklir ialah E=mc2.

Di negara yang maju, banyak yang menggunakan Energi nuklir buat menciptakan Energi listrik sebab cuma memakai massa yang lebih sedikit dibanding yang yang lain.


Sifat-Sifat Energi Secara Umum

Seluruh jenis Energi yang terdapat di alam bersifat kekal, ataupun dengan kata lain tidak bisa diciptakan serta tidak bisa dimusnahkan. Tetapi, Energi bisa diganti wujudnya jadi Energi yang lain.

Energi merupakan sifat kuantitatif yang wajib ditransfer ke suatu objek buat melakukan pekerjaan pada, ataupun buat memanaskan, suatu objek. Ada pula sebagian sifat Energi merupakan sebagai berikut:

  • Transformasi Energi; suatu tenaga bisa diganti jadi wujud lain. Contohnya; pada alat setrika Energi listrik diganti jadi Energi panas.
  • Transfer Energi; suatu Energi pada material ataupun tempat bisa ditransfer ke material ataupun tempat lain. Contohnya; pada proses memasak air, Energi panas dari api ditransfer ke panci logam sehingga panas tersebut mendidihkan air serta membuat air menguap.
  • Perpindahan Energi; nyaris sama dengan transfer Energi, Energi yang ada pada suatu barang bisa beralih ke barang yang lain oleh sesuatu gaya (Energi mekanik).
  • Kekekalan Energi; seluruh Energi di alam tidak bisa diciptakan serta dimusnahkan.

Manfaat Energi

Ada banyak fungsi serta manfaat Energi untuk kehidupan manusia. Berikut ialah beberapa khasiat Energi:

  • Untuk keberlangsungan hidup makhluk hidup.
  • Untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari
  • Untuk mendukung fasilitas transportasi.
  • Sebagai Alat penerangan.
  • Sebagai penunjang media hiburan.
  • Untuk keperluan kedokteran serta kesehatan.
  • Untuk keperluan komunikasi serta dinformasi.

Baca Juga :

Demikianlah penjelasan rumusguru.com mengenai Pengertian Energi, semoga bisa bermanfaat.

Pengertian Energi : Menurut Para Ahli, Bentuk, Sifat Dan Manfaat Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca