Pengertian Kata Kerja Material

3 min read

Pengertian Kata Kerja Material

Rumusguru.comPengertian dari Kata Kerja Material adalah Kata Kerja yang diperuntukkan pada berbagai macam Teks termasuk juga pada Teks Ekplanasi. Kata Kerja ini memiliki Imbuhan dengan fungsi memperjelas aktifitas yang dapat dilihat atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang.

Kata Kerja Material dalam penggunaannya juga memakai struktur Kalimat baik itu Kata Kerja Material ataupun Kata Kerja Relasional. Adapun yang termasuk dalam Kata kerja seperti Menendang, Memukul, Memasak, Menulis, dan lain sebagainya.

Untuk pembahasan lebih lanjut tentang Pengertian Kata Kerja Material, Anda dapat menyimak uraian penjelasan berikut ini:

Ciri Ciri Umum Kata Kerja

Jika Anda melihat secara keseluruhan pada penentuan dari Kata Benda dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu:

  1. Memakai Metode Pencalonan
  2. Memakai Kriteria dan Prosedur Penetapan (Kriteria Morfologis)
  • Morfologis

Jika Kita lihat dari segi pandang Potensial, maka seluruh kata yang mengnadung Imbuhan seperti “Me, Ber, Kan, dan I”. Ataupun dengan penggunaan penggabungan yang kemudian dapat dicalonkan untuk Kata Kerja.

Tetapi apabila terdapat Kata Kerja yang mengandung bentuk yang ada diatas namun diungkapkan dengan metode yang lama dengan fungsi untuk dimasukkan pada kelompok dari Kata kerja. Contohnya antara lain “ Bangun, Tidur, Makan, Datang, Pergi, Mandi”, dan sebagainya.

  • Kumpulan Kata Kerja

Jika telah Anda fahami mengenai penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa seluruh Kata Kerja tersebut memiliki Imbuhan yang menunjukkan Kata Kerja. Termasuk juga dengan Kata yang tidak terdapat imbuhan didalamnya.

Hal tersebut kemudian akan memiliki kesamaan apabila dilihat dari Fraseologis atau Kelompok kata kerja yang mencakup struktur dengan perluasan bersama sekumpulan Kata dan Kata Kerja tersebut. itu Artinya semua Kata yang bisa diperluas menggunakan Kata Sifat merupakan Kata Kerja.

Bentuk Kata Kerja

  • Bentuk pertama adalah Kata dasar yang berdiri sendiri tanpa menggunakan imbuhan atau afiks, seperti “Tidur, Pergi, Datang, Turun, Mandi” dan lain lain.
  • Bentuk Kedua adalah turunan Kata yang mendapat imbuhan, seperti “Melebar, Membesar, Bertelur, Berlayar”, dan sebagainya.

 

Dua Jenis Kata Kerja

Dalam pembagiannya, Kata Kerja juga dipisahkan menjadi dua macam yaitu Kata Kerja Material dan Kata kerja Relasional. Hal ini yang kemudian menjadikan Kata Kerja dengan penggunaan dan fungsinya secara masing masing.

  1. Kata Kerja Material = Dengan fungsi untuk menampilkan suatu kegiatan atau menunjukkan Aktifitas fisik.
  2. Kata Kerja Relasional = Dengan Fungsi untuk menjelaskan Verba atau kata penghubung pada subjek dengan pelengkap.

Definisi Dari Kata Kerja Material

Kata Kerja Material merupakan Kata yang menunjukkan sesuatu yang sedang dilakukan oleh seseorang. Kata ini juga dapat ditemukan dalam banyak Teks antara lain adalah Teks Prosedur.

Itu artinya disaat Anda mendengar pengucapan kata atau kalimat yang menjelaskan bahwa seseorang tersebut melakukan seuatu. Dapat disimpulkan bahwa Kata tersebut adalah Kata Kerja Material.

Struktur Penggunaan Kalimat

Kata Kerja Material umumnya menggunakan Struktur seperti dibawah ini:

Subjek + Kata Kerja Material + Objek + Keterangan

 

Beberapa Contoh Kata Kerja Material

Contoh Kalimat Penjelasan
Intan Menulis Berita.          Pada kalimat tersebut Intan merupakan Subjek, lalu Menulis merupakan Material, dan Berita merupakan Objek.
Rian Memukul Bola Golf Kedalam Lubang.        Dalam kalimat tersebut, Rian adalah Subjek, Memukul adalah Kata Kerja Material, Bola Golf adalah Objek, dan Kedalam Lubang adalah Keterangan.
Santi Memotong Kukunya Dengan Teliti.          Dikalimat ini, Santi adalah Subjek. Memotong merupakan kata Kerja Material, Kukunya adalah Objek, dan Dengan Teliti adalah Keterangan.

 

Dari penjelasan diatas, tentunya Anda sudah dapat mengerti dan memahami apa yang dimaksud dengan Kata Kerja Material. Kemudian berikutnya Anda akan mempelajari tentang Kata Kerja Relasional yang akan kami jelaskan dibawah ini, simak penjelasannya secara rinci:

Pengertian Dari Kata Kerja Relasional

Yang dimaksud dengan Kata Kerja Relasional adalah Kata yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara Pelengkap dan Subjek. Dapat Anda perhatikan bahwa Kata Kerja relasional ini mesti berisi pelengkap.

Karena jika Kata Kerja Relasional tidak mengandung Pelengkap, maka kalimat yang diucapkan akan terdengar tidak pas atau dengan kata lain kalimat tersebut terdengar rancu. Sementara itu, Kata kerja jenis ini dapat Anda temukan juga dalam berbagai teks misalnya Teks Eksposisi.

Struktur Penggunaan Kalimat

Pada kalimat yang terdapat Kata Kerja Relasional, umumnya menggunakan struktur sebagai berikut:

Subjek + Kata Kerja Relasional + Pelengkap

 

 

Beberapa Contoh Kata Kerja Relasional 

Contoh Kalimat Penjelasan
Radit Merupakan Ketua Kelas.            Pada kalimat ini, Radit adalah Subjek, Merupakan adalah Kata Kerja Relasional, serta Ketua Kelas adalah Pelengkap. Untuk diketahui bahwa Pelengkap dalam kalimat ini memiliki fungsi sebagai objek.
Sandi Memiliki Topi Berwarna Hitam.     Dalam kalimat tersebut, Sandi merupakan Subjek, Memiliki merupakan Kata Kerja Relasional, Topi Berwarna Hitam merupakan Pelengkap dengan fungsi sebagai Objek.
Rindi Mendapat Ranking 2 Di Sekolah.   Kalimat diatas Rindi adalah Subjek, Mendapat adalah Kata Kerja Relasional, Ranking 2 Di Sekolah adalah Pelengkap juga merupakan Objek dan Keterangan.

 

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Kata Kerja Material sekaligus juga Kata Kerja Relasional yang telah secara rinci kami bagikan untuk Anda simak. Pada intinya bahwa Kata Kerja Material ini diperuntukkan pada Kata yang menjelaskan suatu tindakan.

Kemudian Kata Kerja relasional difungsikan untuk menjelaskan sebab dan akibat. Dengan begitu Anda harus memahami bagaimana menggunakan Kata Kerja Relasional atau Material pada sebuah Teks atau Kalimat.

Jangan lupa update terus artikel terbaru kami https://rumusguru.com/ disetiap harinya dengan pembahasan yang lebih menarik. Semoga ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Artikel Menarik Lainnya:

Pengertian Kata Kerja Material Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca