Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !

Pengertian Negara Theokrasi Langsung dan Tidak Langsung

2 min read

Pengertian Negara Theokrasi Langsung

Pengertian Negara Theokrasi Langsung dan Tidak Langsung – Hubungan suatu negara dengan agama berdasarkan paham Theokrasi yaitu bahwasannya antara negara dengan agama tidak dapat dipisahkan. Lebih lengkapnya langsung saja simak penjelasan kami berikut ini.

Pengertian Negara Theokrasi

Apa itu Theokrasi? Teokrasi merupakan bentuk pemerintahan yang mana prinsip-prinsip Ilahi dalam hal ini memegang peran utama. Kata “teokrasi” berasal dari bahasa Yunani yaitu θεοκρατία. θεος artinya adalah “tuhan” dan κρατειν yang artinya “memerintah”. Jadi, teokrasi artinya “pemerintahan oleh wakil tuhan”

Hubungan suatu negara dengan agama berdasarkan paham Theokrasi yaitu bahwasannya antara negara dengan agama tidak dapat dipisahkan. Negara dengan agama merupakan satu kesatuan, pemerintahan berjalan dengan berdasarkan firman Tuhan, segala aspek kehidupan dalam bermasyarakat, bangsa maupun negara didasarkan oelh firman Tuhan.

Jadi, agama dalam paham ini menguasai masyarakat politis. Dalam praktik kenegaraan terdapat 2 macam pengertian negara theokrasi yakni ialah negara theokrasi langsung & negara theokrasi tidak langsung.

Lalu apa yang di maksud dengan Negara Theokrasi Langsung dan Tidak Langsung? Untuk simak penjelasan berikut ini ;

Pengertian Negara Theokrasi Langsung

Dalam sistem negara theokrasi langsung, kekuasaan merupakan hal langsung berasal dari Tuhan. Adanya negara yang ada di dunia ini merupakan kehendak Tuhan dan yang memerintahnya ada Tuhan.

Dalam sejarah Perang Dunia ke II, yang mana rakyat Jepang rela mati berperang demi kaisar nya, hal ini karena menurut kepercayaan mereka, kaisar merupakan wujud dari anak Tuhan.

Negara Tibet, dimana negara ini pernah menjadi perebutan kekuasaan antara Pancen lama dengan Dalai Lama yang merupakan contoh penjelmaan ototritas Tuhan dalam negara di dunia.

Doktrin-doktrin serta ajaran-ajaran yang berkembang di dalam negara theokrasi langsung sebagai usaha guna memperkuat dan juga menyakinkan rakyat mengenai kekuasaan Tuhan dalam negara.

Dalam sistem negara yang demikian maka agama menyatu dalam negara, jadi seluruh sendi kehidupan politik, bernegara, norma maupun yang lainnya merupakan otoritas langsung dari Tuhan dengan melalui wahyu.

Baca Juga : Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Pengertian Negara Theokrasi Tidak Langsung

Berbeda dengan sistem theokrasi langsung, yang satu ini atau negara theokrasi tidak langsung bukanlah Tuhan yang memerintah negara melainkan Kepala Negara / Raja yang memi;iki otoritas atas nama Tuhan.

Kepala Negara / Raja memerintah negara berdasarkan kehendak Tuhan. Dalam sejarah kenegaraan Negara Belanda, raja mengemban atau memiliki tugas suci yakni dalam bentuk kekuasan yang merupakan amanat dari Tuhan (mission sacre).

Raja mengemban atau memiliki tugas suci yang mana tugas ini berasal dari Tuhan untuk memakmurkan dan juga menejahterakan rakyatnya Politik ini yang dijalankan Belanda di daerah koloninya dengan sebutan Politik Etis.

Kerajaan Belanda mendapat amanat atau tugas dari Tuhan untuk bertindak atau menjadi wali dari wilayah jajahan Indonesia.

Negara merupakan penjelamaan yang berasal dari kekuasaan Tuhan dan oleh sebab itu kekuasaan raja dalam negara merupakan kekuasaan yang berasal dari Tuhan, maka sistem maupun norma dalam negara dirumuskan dengan di dasari firman-firman Tuhan.

Contoh Negara theokrasi

Kira-kira pemerintahan Negara kita, yakni Indonesia menyampurkan agama dalam politik / tidak ya?. Untuk itu kita harus mengetahui Negara mana saja yang merupakan contoh negara theokrasi. Untuk itu perhatikan beberapa negara berikut ini ;

Contoh Negara theokrasi yaitu ialah negara yang melandaskan idiologi nya pada suatu agama yang disebabkan oleh keyakinan atau percaya bahwa Tuhan merupakan pemimpin negara sebenarnya.

Adapun contoh negara theokrasi yakni sebagai berikut contohnya : Brazil, Arab Saudi, Vacitan, Iran, Qatar, Jepang, dan lainnya.

Baca Juga : Pusat Pertumbuhan di Indonesia

Apa yang di maksud dengan teokrasi?

Teokrasi merupakan bentuk pemerintahan yang mana prinsip-prinsip Ilahi dalam hal ini memegang peran utama. Kata “teokrasi” berasal dari bahasa Yunani yaitu θεοκρατία. θεος artinya adalah “tuhan” dan κρατειν yang artinya “memerintah”. Jadi, teokrasi artinya “pemerintahan oleh wakil tuhan”

Apa saja contoh negara teokrasi?

Contoh Negara theokrasi yaitu ialah negara yang melandaskan idiologi nya pada suatu agama yang disebabkan oleh keyakinan atau percaya bahwa Tuhan merupakan pemimpin negara sebenarnya.
Adapun contoh negara theokrasi yakni sebagai berikut contohnya : Brazil, Arab Saudi, Vacitan, Iran, Qatar, Jepang, dan lainnya.

Apa yang di maksud dengan negara teokrasi langsung?

Negara Theokrasi langsung yaitu ialah kekuasaan langsung yang merupakan otoritas Tuhan. Contohnya, Negara di dunia ini yakni atas kehendak Tuhan, dan juga yang memerintah ialah Tuhan.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Pengertian Negara Theokrasi Langsung dan Tidak Langsung Lengkap. Baca juga Masalah-Masalah Yang Dihadapi Negara Maju. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !
Pengertian Negara Theokrasi Langsung dan Tidak Langsung Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca