Pengertian Pelaku Ekonomi

2 min read

Pelaku Ekonomi

Rumusguru.com – Pengertian Pelaku Ekonomi adalah terlibatnya Kelompok, Lembaga atau Individu dalam Kegiatan Ekonomi seperti Konsumsi, Distribusi, Produksi. Dalam hal ini ada beberapa pihat yang dapat dikatakan sebagai Pelaku Ekonomi.

Bagaimana penjelasan tentang Pengertian Pelaku Ekonomi dan siapa saja yang terlibat didalamnya? Berikut penjelasannya:

 

Kelompok Atau Individu Pelaku Ekonomi

 

 

Dalam Kegiatan Ekonomi yang berlangsung, maka akan melibatkan pelaku ekonomi yang diantaranya adalah:

Rumah Tangga Keluarga

Rumah tangga keluarga disebut juga konsumen (RTK). Yang merupakan kelompok orang atau masyarakat dengan kegiatan konsumsi jasa dan barang untuk kebutuhan kehidupan sehari hari, dengan pendapatan seperti Upah/ Wage, Sewa/ Rent, Bunga/ Interest, dan Laba/ Keuntungan/ Profit.

Didasarkan oleh beberapa hal yang disebutkan tadi, maka akan terjadi interaksi antara Rumah Tanggga Perusahaan dan Rumah tangga Keluarga. Tentu saja akan menjadi sumber aliran Uang, Barang, dan Jasa yang memerankan Konsumen barang/ jasa diproduksi perusahaan untuk kebutuhan, dan pemasok produksi rumah tangga untuk proses produksi.

Itu artinya yang disebut dengan faktor produksi adalah sumbher daya yang dipakai pada produksi jasa/ barang. Sementara yang tergolong kedalam faktor produksi tersebut adalah Modal, Tenaga Kerja, Kewira Usahaan, dan Sumber Daya Alam.

Perusahaan

Perusahaan disebut Produsen yang menjual barang dan jasa kepada konsumen. Perusahaan Indonesia atau manufaktur terbagi menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Perusahaan Swasta (BUMS) dan Penyedia Jasa.

Di bidang keuangan, perusahaan memiliki tanggung jawab untuk membuat dan menggunakan apa yang mereka buat. Untuk memanfaatkan faktor produksi tersebut, perusahaan kemudian memberikan upaya balas (jasa) pada Rumah Tangga.

Pekerja mendapatkan upah, pemberi kerja mendapatkan bunga, pemilik tanah mendapatkan uang sewa, dan ahli mendapatkan keuntungan. Kemudian uang pendapatan rumah tangga konsumen akan dipakai untuk konsumsi yang diproduksi perusahaan. Namun, hal ini tidak akan menjangkau konsumen secara langsung tanpa perluasan distributor.

Pemerintah

Pemerintah mencakup semua instansi atau lembaga pemerintah yang memiliki kewenangan untuk mengatur urusan ekonomi. Pemerintah juga berkontribusi langsung terhadap perekonomian, melalui BUMN atau BUMD.

Pelayanan Pemenrintah sebagai sumber daya pelaku ekonomi sesuai dengan UUD 1945, sebagai berikut:

 

 

Luar Negeri

Sektor Luar Negeri disebut juga sebagai pelaku ekonomi. Pengeluaran Ruman tangga keluarga, perusahaan dan pemerintah termasuk di pasar luar negeri. Ini dilakukan untuk membiayai pembelian barang-barang impor yang dibeli oleh pemerintah dan dunia internasional.

Impor dilakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan kebanyakan orang. Dari berbagai kebutuhan yang ada, bisa dibuat sendiri dan ada juga yang tidak. Hal ini dikarenakan masyarakat tidak dapat produksi mandiri atau sendiri dengan batasan modal yang sangat besar.

Namun, luar negeri tidak hanya impor tetapi juga mengekspor. Dimana produksinya atau produk dalam negeri juga diekspor. Hubungan ini mengarah pada pembentukan perjanjian perdagangan luar negeri.

Lembaga Keuangan

Lembaga Keuangan adalah pihak yang termasuk Pelaku Ekonomi dengan melakukan kegiatan keuangan, baik di bank maupun di non perbankan, untuk membantu membentuk perekonomian nasional.

 

Peran Dari Pelaku Ekonomi

Dengan demikian, secara keseluruhan pelaku ekonomi bertanggung jawab atas bergeraknya kegiatan produksi, distribusi serta konsumsi untuk mewujudkan masyarakat yang Adil, dan sejahtera secara merata.

 

Interaksi Dari Pelaku Ekonomi

Dalam berjalannya kegiatan ekonomi, keempat faktor ekonomi tersebut sejalan dengan jenis penjualan yang terjadi. Anggota keluarga membeli barang dan jasa dari Rumah tangga produksi. Begitu sebaliknya rumah tangga produksi dengan produksi rumah tangga keluarga.

Perusahaan bayar pajak pada pemerintah dan sebaliknya pemerintah membangun fasilitas dan konstruksi untuk keperluan RTK produksi. RTK, RTP, serta Pemerintah mengekspor, maka sebaliknya Luar Negeri Mengimpor.

 

Berbagai Contoh Pelaku Ekonomi

Pelaku Ekonomi Contohnya
rumah tangga keluarga/konsumen Orang/ Masyarakat membeli makanan ditoko makanan
rumah tangga perusahaan/produsen Pembuat Keripik membuat kemasan Keripik yang kemudian akan dijual
rumah tangga pemerintah Penarikan pembayaran wajib pajak oleh pemerintah setempat
rumah tangga luar negeri Pemasaran/ distribusi berbagai produk impor yang berasal dari luar negeri

 

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang Pengertian Pelaku Ekonomi yang telah kami bagikan untuk Anda semua dalam Artikel kali ini. Jangan lupa untuk terus ikuti update Artikel yang lebih menarik lainnya dengan berbagai pembahasan seputar ilmu pengetahuan dan umum dari https://rumusguru.com/. Semoga bermanfaat.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Pengertian Pelaku Ekonomi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca