Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli, Ciri-ciri dan Contohnya

3 min read

Pengertian Peradaban

RumusGuru.com – Pengertian Peradaban bisa diartikan sebagai seluruh hasil budi daya yang dilakukan oleh manusia dan mencakup hampir semua aspek di dalam kehidupan. Mulai dari fisik yang berupa jalan dan bangunan. Atau pun yang berupa non fisik yakni nilai nilai dan juga tatanan yang ada pada masyarakat.

Biasanya masyarakat yang maju di dalam sebuah kebudayaan tertentu berasal dari suatu peradaban yang tinggi.

Peradaban sendiri mempunyak karakteristis yang jelas dan berbeda dengan suatu kebudayaan. Karena sebuah peradaban akan selalu dimiliki oleh masyarakat yang ditandai dengan adanya kehidupan yang aman dan nyaman.

Peradaban juga mempunyai suatu wujud moral, norma, estetik hingga etika.

Untuk lebih jelasnya kami sudah merangkum pengertian dari peradaban mulai dari pengertian secara umum hingga pengertian berdasarkan pada para ahli.

 

Pengertian Peradaban

Peradaban merupakan bagian dari suatu kebudayaan yang dimiliki oleh suatu penduduk dengan kemajuan yang jauh lebih baik dengan masyarakat lainnya.

Sehingga bisa dibilang jika masyarakat yang memiliki kebudayaan adalah masyarakat yang juga memiliki peradaban tinggi.

Peradaban sendiri merupakan suatu kebudayaan yang sudah mampu mencapai taraf perkembangan di bidang teknologi yang lebih tinggi dibanding dengan masyarakat lainnya.

Peradaban juga dianggap sebagai salah satu hasil budi daya yang dilakukan oleh manusia dan meliputi semua aspek pada kehidupannya. Bisa berupa fisik seperti bangunan dan jalan hingga non fisik yang berunap nilai nilai dan juga tatanan.

 

Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli

Sementara itu para ahli memiliki pengertian yang berbeda-beda mengenai peradaban. Berikut ini adalah pengertian peradaban menurut para ahli :

1.) Oswalg Spengl

Peradaban merupakan suatu kebudayaan yang sudah mengalami sebuah perubahan serta menekankan kesejahteraan baik pada fisik mau pun pada material.

 

2.) Anne Ahira

Peradaban merupakan suatu kebudayaan yang sudah mengalami kemajuan yang sangat tinggi.

 

3.) Huntington

Peradaban merupakan suatu identitas yang sangat luas dari sebuah budaya dan sudah dapat diidentifikasi dengan cara melihat ke dalam unsur unsur yang objektif. Misalnya : sejarah, bahasa, agama dan lainnya.

 

4.) Alfred Weber

Pengertian dari suatu peradaban sendiri dianggap mengacu ke pengetahuan mengenai cara yang sifatnya teknis yang digunakan untuk mengendalikan alam.

 

5.) Prof Dr. Koentjaraningrat

Peradaban memiliki bagian bagian yang sangat indah dan halus seperti sebuah karya seni tingkat tinggi. Sehingga bisa diartikan jika masyarakat yang sudah lebih maju di dalam suatu kebudayaan telah memiliki peradaban yang tinggi.

Istilah dari peradaban ini pun sering kali digunakan untuk menunjukkan mengenai suatu pandangan dan juga penilaian pada perkembangan kebudayaan.

 

6.) Oswald Spengler

Peradaban adalah suatu kebudayaan yang sudah mampu mencapai taraf hidup yang lebih tinggi dan juga lebih kompleks. Peradaban juga diartikan sebagai suatu tingkatan kebudayaan yang sudah tak lagi memiliki aspek produktif dan juga sudah beku, sedangkan kebudayaan lebih mengacu pada hidup yang lebih kreatif.

 

7.) Arnold Toynbee

Peradaban adalah suatu kebudayaan yang sudah ada pada tingkatan pengetahuan teknologi yang lebih tinggi. Sehingga peradaban juga bisa diartikan dengan sekumpulan hasil budidaya yang berasal dari keseluruhan aspek yang ada pada manusia. Baik berupa fisik mau pun non fisik.

 

8.) Albion Small

Peradaban adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh manusia untuk mengendalikan suatu dorongan dasar kemanusiaannya sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Sedangkan kata kebudayaan akan lebih mengacu pada pengendalian alam yang dilakukan lewat suatu ilmu pengetahuan dan juga ilmu teknologi.

Menurut Albion Small, peradaban dan juga budaya saling memiliki hubungan antara satu sama lain.

Sebab peradaban memiliki hubungan dengan adanya suatu perbaikan yang sifatnya lebih kualitatif, yang juga berhubungan dengan kondisi mental dan juga batin dari manusianya.

Sementara itu kebudayaan lebih mengacu pada perbaikan yang sifatnya material, kongkret, relefan dan faktual.

 

Ciri-ciri Peradaban

Peradaban sendiri memanglah memiliki perbedaan dengan kebudayaan, oleh sebab itu di sini kami juga akan memberikan ciri ciri peradaban, simak di bawah ini ya :

1.) Peradaban merupakan upaya pembangunan pada kota baru dengan menggunakan tata ruang yang lebih teratur dan lebih indah.

2.) Peradaban memiliki sistem pemerintahan yang lebih tertib sebab sudah memiliki peraturan dan juga hukum yang diberlakukan dan harus ditaati oleh masyarakatnya.

3.) Adanya peradaban bisa dilihat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih tinggi.

4.) Peradaban sudah memiliki strata sosial yang lebih kompleksdan juga adanya berbagai macam pekerjaan yang juga ditunjang dengan keahlian yang dimiliki oleh masyarakatnya.

 

Wujud Peradaban

Suatu peradaban sendiri bisa diwujudkan oleh manusia dan bisa dilihat dari beberapa bukti yang ada, di antaranya adalah :

1.) Di dalam sebuah peradaban sudah terdapat nilai nilai dan moral yang memiliki hubungan erat dengan kesusilaan yang ada di dalam suatu masyarakat.

2.) Peradaban juga sudah mengenal norma dan dijalankan di dalamnya, norma sendiri adalah suatu aturan, pedoman hingga ukuran yang digunakan untuk menentukan mana yang benar, mana yang baik dan mana yang salah.

3.) Di dalam suatu peradaban juga dikenal dengan adanya nilai nilai norma serta sopan santun yang digunakan untuk dapat mengatur tingkah laku manusia.

4.) Peradaban juga memiliki nilai estetik dan juga nilai keindahan yang mencakup kesatuan, kebaikan dan juga keselarasan di dalam segala sesuatu yang ada pada sebuah peradaban.

 

Contoh Peradaban Kuno yang Terkenal dan Berpengaruh di Dunia

Berbicara mengenai peradaban tidak akan lengkap rasanya jika kita tidak membahas mengenai contoh peradaban terkenal di dunia.

Di dunia ini ada banyak sekali peradaban modern hingga peradaban kuno yang sangat maju dan bahkan pengetahuan yang ditemukan pada peradaban kuno tersebut masih kita gunakan hingga sekarang.

Berikut ini adalah beberapa contoh peradaban yang terkenal di dunia :

1.) Peradaban Yunani.

2.) Peradaban Sungai Nil atau Mesir.

3.) Peradaban Romawi Kuno.

4.) Peradaban Sungai Eufrat dan Trigis atau Mesopotania.

5.) Peradaban Cina atau Sungai Kuning.

6.) Peradaban Sungai Indus.

7.) Peradaban Sungai Gangga.

8.) Peradaban Sungai Mekhong.

 

 

Nah, itulah tadi pengertian peradaban secara umum serta pengertian dari para ahli dan juga penjelasan lengkap mengenai ciri-cirinya yang dikemas secara lugas dan jelas.

 

Artikel Pengatahuan Lainnya :

  1. Zona Litoral
  2. Eksarasi
  3. Terumbu Karang – Pengertian, Jenis dan Cara Melestarikan

 

 

Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli, Ciri-ciri dan Contohnya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Iklim Junghuhn

Ami Alhasani
3 min read

Klasifikasi Awan

Ami Alhasani
2 min read