Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Peta

2 min read

Pengertian Peta

Peta adalah suatu gambaran permukaan bumi yang disajikan pada bidang datar dengan menggunakan skala tertentu melalui sistem proyeksi. Lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan mengenai Materi Pengertian Peta, Fungsi, Tujuan, Jenis, Komponen, dan Cara Membaca Peta di bawah ini.

Pengertian Peta

Pengertian Peta
Gambar Peta

Peta adalah suatu gambaran permukaan bumi yang disajikan pada bidang datar dengan menggunakan skala tertentu melalui sistem proyeksi. Peta juga bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, yakni seperti peta konvensional hingga peta digital yang tampil di layar komputer.

Berdasarkan istilah, peta berasal dari bahasa Yunani yaitu “mappa” yang artinya adalah taplak / kain penutup meja.

Secara umum, peta yaitu adalah sebuah lembaran sebagian atau bahkan seluruh permukaan bumi pada bidang datar yang kemudian diperkecil menggunakan skala tertentu.

Suatu peta ialah representasi 2 dimensi dari suatu ruang 3 dimensi. Adapun ilmu yang mempelajari tentang pembuatan peta dan lain-lannya disebut dengan kartografi.

Peta memiliki skala, yang gunanya untuk menentukan seberapa besar objek pada peta dalam keadaan yang asli. Adapun kumpulan dari beberapa peta disebut dengan atlas.

Fungsi Peta

Peta secara umum memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. Berfungsi menunjukkan posisi / lokasi suatu tempat yang terdapat di permukaan bumi.
  2. Berfungsi memperlihatkan ukuran (luas, arah, dan jarak) suatu tempat di permukaan bumi.
  3. Berfungsi menggambarkan bentuk-bentuk yang ada di permukaan bumi, misalnya seperti gunung, sungai, benua, negara dan bentuk-bentuk lainnya.
  4. Berfungsi membantu para peneliti sebelum melakukan survei lokasi untuk mengetahui kondisi daerah yang akan diteliti tersebut.
  5. Berfungsi menyajikan data data mengenai potensi suatu wilayah.
  6. Sebagai alat analisis dengan tujuan untuk mendapatkan suatu kesimpulan.
  7. Sebagai alat yang gunanya untuk menjelaskan berbagai rencana yang diajukan.
  8. Sebagai alat untuk mempelajari mengenai hubungan timbal-balik antara fenomena-fenomena geografi di permukaan bumi.

Tujuan Peta

Pembuatan peta tentunya memiliki tujuan dari si pembuatan peta itu sendiri, adapun tujuan pembuatan peta yaitu sebagai berikut :

  • Menyimpan data-data yang terdapat di permukaan bumi.
  • Menganalisis data spasial seperti perhitungan volume dan sejenisnya.
  • Memberikan / menyajikan informasi dalam perencanaan tata kota dan pemukiman.
  • Memberikan informasi mengenai ruang yang bersifat alami, baik manusia maupun budaya.

Jenis – Jenis Peta

Peta umum adalah jenis peta yang didalamnya menggambarkan kenampakan bumi, baik fenomena alam hinggabudaya.

Peta umum ini dibagi menjadi tiga macam jenis, yakni peta topografi, peta korografi, dan geografi atau dikenal juga dengan peta dunia, berikut penjelasannya :

  • Peta topografi, jenis peta ini meruapkaan jenis peta yang menggambarkan permukaan bumi secara lengkap sesuai dengan reliefnya.
  • Peta korografi, jenis peta ini yang mana didalamnya menggambarkan seluruh / hanya sebagian permukaan bumi yang sifatnya umum, dan pada umumnya berskala sedang.
  • Peta geografi, jenis peta umum yang skala sangat kecil namun dengan cakupan wilayah yang luas.

Komponen Peta

Komponen peta meruapakn komponen yang digunakan dengan tujuan utamanya untuk melengkapi sebuah peta. Peta sendiri terdiri dari banyak unsur atau komponen yang ada di dalam peta tersebut, yang kemudian komponen-komponen tersebut di satukan sehingga menjadi sebuah peta.

Adapun komponen peta terdiri dari 13 komponen atau unsur-unsur peta. Lalu apa saja Komponen Komponen yang ada pada Peta ?

  1. Judul peta
  2. Simbol
  3. Mata Angin
  4. Skala peta
  5. Legenda
  6. Warna peta
  7. Garis Astronomis
  8. Garis tepi
  9. Sumber data
  10. Tahun pembuatan
  11. Inset
  12. Tipe huruf
  13. Garis lintang dan Garis Bujur

Cara Membaca Peta

Bagaimana cara membaca peta suatu kabupaten / provinsi? Maka ikuti langkah-langkah berikut ini.

Peta kabupaten dan provinsi bisa kalian temukan di dalam atlas. Atlas sendiri merupakan buku yang berisi gambar-gambar peta.

Kalian bisa menemukan peta kabupaten maupun provinsi di dalam atlas provinsi-provinsi. Pada atlas tentunya memiliki daftar isi, maka lihatlah daftar isi yang ada pada atlas tersebut.

Kemudian carilah nama provinsimu setelah itu bukalah halaman yang ditunjukkan dalam daftar isi tersebut. Di halaman itu kalian akan menemukan peta provinsi yang kalian cari.

Sebutkan jenis-jenis peta?

1. Peta topografi, jenis peta ini meruapkaan jenis peta yang menggambarkan permukaan bumi secara lengkap sesuai dengan reliefnya.
2. Peta korografi, jenis peta ini yang mana didalamnya menggambarkan seluruh / hanya sebagian permukaan bumi yang sifatnya umum, dan pada umumnya berskala sedang.
3. Peta geografi, jenis peta umum yang skala sangat kecil dengan cakupan wilayah yang luas.

Apa saja komponen komponen peta?

Adapun komponen peta terdiri dari 13 komponen atau unsur-unsur peta. Lalu apa saja Komponen Komponen yang ada pada Peta ?
1. Judul peta
2. Simbol
3. Mata Angin
4. Skala peta
5. Legenda
6. Warna peta
7.Garis Astronomis
8. Garis tepi
9. Sumber data
10. Tahun pembuatan
11. Inset
12. Tipe huruf
13. Garis lintang dan Garis Bujur

Jelaskan pengertian peta?

Peta adalah suatu gambaran permukaan bumi yang disajikan pada bidang datar dengan menggunakan skala tertentu melalui sistem proyeksi. (Lebih lengkapnya cek artikel)

Demikianlah pembasahan kami mengenai Materi Pengertian Peta meliputi, Fungsi, Tujuan, Jenis, dan Komponen Lengkap. Baca juga Artikel lainnya mengenai Persebaran Fauna di Dunia. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Peta Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Custom Rom Redmi 3S

Faranggi
2 min read

Iklim Junghuhn

Ami Alhasani
3 min read