Pengertian Sarana Dan Prasana

2 min read

Rumusguru.com – Kami yakin jika Anda mengetahui bahwa semua kegiatan yang Anda lakukan di sekolah, perkantoran, universitas dan lain-lain didukung oleh berbagai Sarana Dan Prasarana. Yang mana semua ini akan mendukung semua kegiatan yang berlangsung di tempat tertentu.

Apa Pengertian Sarana Dan Prasarana? Untuk ulasan lengkapnya Anda dapat menyimak penjelasan berikut ini sampai dengan selesai.

Pengertian Sarana Dan Prasarana

Pengertian Sarana adalah alat dan perlengkapan yang dapat digunakan untuk mencapai atau mendukung tujuan dalam produksi atau kegiatan lainnya.

Seperti sesuatu yang berhubungan dengan kertas, meja, pulpen dan banyak lagi.

Sementara pengertian dari Prasarana adalah jenis apa pun yang secara efektif mengontrol produksi Sarana itu. Misalnya proyek, ladang, rumah atau bisa dikatakan benda apapun yang tak bergerak.

Pengertian Sarana Dan Prasarana Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui maknanya secara utuh, berikut Pengertian Sarana Dan Prasarana menurut sebagian ahli adalah sebagai berikut:

I. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI Pengertian Sarana Dan Prasarana ialah berikut ini:

  • Sarana adalah benda yang dapat digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Sementara Prasarana adalah semua pendukung utama dari penyelenggaraan aktifitas proyek misalnya sebuah usaha, kegiatan pembangunan, pengembangan, dan lain lain.

II. Berdasarkan Pendapat Moenir (1992)

Berdasarkan pandangan dari Moenir, bahwa Pengertian Sarana Dan prasarana adalah segala jenis perlengkapan serta fasilitas yang dilengkapi dengan peralatan utama serta paling efisien.

Serta hal-hal penting yang juga mempengaruhi organisasi maupun pekerjaan.

Cakupan Sarana Dan Prasarana

Sarana Dan Prasarana mencakup pada ruang lingkup tergantung di mana ia digunakan. Misalnya real estate dan gedung perkantoran, tentunya penggunaan Sarana Dan Prasarananya ialah alat tulis, meja, kursi, gedung perkantoran, ruang, parkir dan lain sebagainya.

Begitu juga pada Sekolah yang jelas berbeda akan penggunaan Sarana Dan Prasarananya. Itu Artinya ini disesuaikan dengan situasi dan tempat dimana hal ini digunakan untuk kepentingan terkait.

Fungsi Penting Sarana Dan Prasarana

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Sarana Dan Prasarana memiliki fungsi yang sangat berpengaruh, yang berkaitan dengan banyaknya yang terjadi di dalamnya, seperti: perkantoran, sebagai berikut:

  • Dapat mempercepat gedung kantor untuk menghemat waktu sebanyak mungkin.
  • Akan meningkatkan hasil barang dan jasa.
  • Hasil pekerjaan akan positif dan dapat diandalkan.
  • Bisa lebih sederhana atau mudah untuk memindahkan pengguna.
  • Ada sistem kepegawaian yang stabil yang aman dan terperinci.
  • Dapat menciptakan kesenangan dan kegembiraan bagi orang – orang yang tertarik atau menggunakannya.

Contoh Sarana Dan Prasarana

Ada beberapa contoh Sarana Dan Prasarana yang cenderung lebih umum, yaitu:

A. Perkantoran

Kantor dan gedung perkantoran berbeda dalam penggunaan Sarana Dan Prasarana, berikut adalah hal-hal penting terkait di gedung perkantoran:

1. Alat Mekanik

Untuk Membantu menyelesaikan pekerjaan kantor dengan menggunakan beberapa alat, seperti alat-alat berikut, yang dapat digunakan mulai dari: merekam, mencatat, dan mengedit data. Misalnya: komputer, Photo Copy, printer, kamera digital, proyektor, mesin ketik, dan lainnya.

2. Perabotan kantor

Semuayang berkaitan untuk membantu melangsungkan pekerjaan di kantor seperti: meja, kursi, papan tulis, dan lain sebagainya.

3. Alat/ perlengkapan lainnya

Berbagai bahan peralatan lain yang dapat menghasilkan sesuatu dari pekerjaan yang sedang dilakukan. Contohnya adalah kertas dan buku yang digunakan untuk catatan data.

B. Gedung Sekolah

Ketika belajar dan mengajar, tentunya memiliki sarana dan prasarana yang mendukung fungsinya, yaitu:

1. Ketersediaan kelas

Kehadiran Prasarana ruang kelas, tentunya bekerja sedemikian rupa sehingga proses pembelajaran yang berlangsung di dalamnya lancar. Dimana juga berlaku untuk pengarsipan dan pembacaan, dengan Sarana yaitu sebagai berikut: judul buku yang akan dibaca pada hari itu.

2. Berbagai alat olahraga

Berbagai peralatan olahraga juga berguna untuk melatih siswa dan guru. Contoh Sarana meliputi: sepak bola, bola basket, bola voli, dan lapangan olahraga.

3. Ruang Praktik

Ruangan ini berfungsi untuk siswa yang terlibat dalam kegiatan praktik untuk berbagai materi pelajaran atau bidang study, seperti kedokteran atau fisika, serta laboratorium komputer.

4. Ruang Mushalla

Gedung tersebut juga berfungsi sebagai Sarana tempat ibadah bagi siswa muslim sekaligus tempat pertemuan siswa yang beragama muslim.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kami kali ini mengenai Pengertian Sarana Dan Prasarana yang telah secara rinci kami bagikan untuk Anda semua pembaca setia situs https://rumusguru.com/. Jangan lupa untuk terus mengikuti update artikel kami disetiap harinya dengan banyak pembahasan seputar ilmu pengetahuan dan biodata tokoh terkenal. Kami berharap ini dapat memberikan manfaat untuk Anda yang sedang mencari referensi terkait dengan ini. Sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Pengertian Sarana Dan Prasana Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca