Penulisan Surat Resign – Untuk Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan

3 min read

Rumusguru.com – Penulisan Surat Resign adalah berupa surat yang berisi permohonan pengunduran diri dari seseorang dari pekerjannya dengan alasan tertentu. Hal ini wajar dilakukan apabila yang bersangkutan sudah tidak mampu bekerja dengan baik atau ada alternatif lainnya dengan telah menyelesaikan kewajibannya.

Bagaimanakah tata cara Penulisan Surat Resign yang baik dan tepat? Silahkan Anda simak Artikel berikut ini sampai selesai.

Review Penulisan Surat Resign

 

 

Surat Resign banyak diajukan oleh para karyawan yang bekerja di Perusahaan tertentu, dan ingin mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut. Tentu saja ini akan menjadi bahan pertimbangan dari perusahaan terkait dengan menilai dari segi alasan yang diajukan.

Dalam Penulisan Surat Resign yang dimaksudkan, Anda mesti memperhatikan berbagai prasyarat dalam penulisan untuk pengajuannya. Pastinya dalam format yang baik dan benar agar surat yang diajukan dapat diterima dan keinginan Anda dapat dipenuhi oleh pemilik Perusahaan tersebut dengan baik.

Ada beberapa komponen yang harus disertakan dalam Penulisan Surat Resign ini, seperti penulisan Nama, Alamat, Usia, Masa jabatan atau lama bekerja, dan lain lain. Hal yang paling penting adalah alasan mengapa Anda menginginkan pengunduran diri dari Perusahaan tersebut.

Untuk Anda yang belum pernah menulis surat pengunduran diri ini sebelumnya, sebaiknya Anda merujuk kebeberapa contoh pembuatannya untuk meminimalisir kesalahan. Seperti yang akan kami contohkan mulai dari cara pembuatan dan lainnya berikut ini:

Cara Penulisan Surat Resign

Perlu Anda perhatikan dalam penulisan surat resign yang ingin Anda buat, harus benar strukturnya. Ini sedikit ada kemiripan dengan surat Permohonan Kerja yang dulu pernah Anda lampirkan sebagai bahan pertimbangan agar Anda diterima bekerja sesuai keinginan.

Yang membedakannya adalah dalam surat pengunduran diri ini Anda mesti lebih menggunakan etika penyampaian atau dengan kata lain menggunakan bahasa baku. Hal ini ditujukan untuk menghindari ketersinggungan dari pihak penerima surat Anda.

Seperti halnya surat resmi yang lainnya, dalam surat resign juga hampir mirip dengan pembubuhan format lainnya, seperti berikut ini:

  • Menuliskan Tanggal pengunduran diri.
  • Menuliskan tempat pembuatan surat.
  • Menuliskan Nama dan alamat tujuan.
  • Menuliskan isi surat menggunakan bahasa yang dimengerti dan baik.
  • Membubuhkan tanda tangan yang bersangkutan.
  • Menggunakan materai sesuai dengan kebutuhan.

Etika Dan Syarat Penulisan Surat resign

Selain memperhatikan struktur penulisan y.ang baik, Anda juga wajib memenuhi syarat dan etike penulisannya, seperti dibawah ini:

  1. Penulisan surat yang jelas dan detail.
  2. Tidak menuliskan suatu hal yang berkesan tidak baik dari Perusahaan yang bersangkutan.
  3. Menuliskan kalimat terima kasih untuk pemilik Perusahaan atas apa yang telah diterima selama bekerja.
  4. Penulisan alasan yanmg jelas dan masuk akal untuk pengunduran diri dengan bahasa yang jelas.
  5. Memuat beberapa landasan hukum yang mendasari pengunduran diri Anda, seperti kontrak kerja dan aturan lainnya yang terkait.
  6. Sebagai tambahan Anda dapat memuat suatu kenangan terhadap atasan selama Anda bekerja diPerusahaan tersebut.

Contoh Penulisan Surat Resign

Jika sudah jelas dan mengerti akan ulasan diatas, maka Anda dapat merujuk kepada beberapa contoh surat resign yang kami tulis berikut ini:

1. Penulisan Surat Resign Karyawan Perusahaan

Jambi, 25 Desember 2016

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT. Tiga Putra

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                         : Anggun Tia

Tempat Lahir             : Jambi

Tanggal Lahir           : 11 Maret 1981

No Karyawan            : K12345678

Posisi                         : Staf Packing

Bagian                       : Mandor Harian

Masa Kerja                : 2007

 

Bersama dengan ini, saya bermaksud mengajukan surat permohonan mengundurkan diri dari PT. Tiga Putra, yang disertai alasan karrena saya ingin fokus mengurus usaha saya yang baru saja saya rintis sendiri. Tak lupa Saya menyampaikan ucapan terimakasih terhadap Bapak Pimpinan, serta segenap direksi dan karyawan lainnya di PT. Tiga Putra.

Sekian surat pengunduran ini saya buat dengan benar tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas kekurangan, saya ucapkan mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

 

Anggun Tia

 

2. Penulisan Surat Resign Guru Sekolah

Medan, 23 Oktober 2020

Perihal : Surat Permohonan Pengunduran Diri

Lampiran : 1 Rangkap

 

Yth.

Kepala Yayasan Pendidikan Pelita

di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                         : Agus Salim

Tempat Lahir             : Medan

Tanggal Lahir           : 15 Desember 1976

Posisi                         : Guru Yayasan Pendidikan Pelita

 

Dengan ini per tanggal 12 November 2020, saya yang bekerja sebagai guru di Yayasan Pendidikan Pelita, akan mengajukan surat permohonan pengunduran diri, yang disertai alasan bahwa saya dalam waktu dekat ini akan segera pindah ke luar Negeri karena diterima bekerja. Bersama dengan ini saya telah lampirkan berkas -berkas sebagai persyaratan administratif yang terkait dengan pengunduran diri Saya.

Selai itu Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Yayasan dan rekan kerja lainnya atas kerjasama serta dukungan selama ini. Tak lupa pula saya haturkan permohonan maaf terkait kesalahan selama saya mengajar.

Demikian surat ini saya buat dan sampaikan. Terima kasih.

 

Hormat saya

 

Agus Salim

 

3. Penulisan Surat Resign Karyawan Hotel

Palembang, 18 Januari 2020

 

Kepada

Yth Ka Bagian HRD

Hotel Intan

Jln. Sukarno Hatta, Palembang

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                         : Kasuma

Tempat Lahir             : Palembang

Tanggal Lahir           : 14 Mei 1988

Alamat                        : Jl. Merpati No 13, Palembang

Posisi                         : Marketing Manager

 

Bersama dengan ini, saya sebagai karyawan dari Hotel Intan, ingin mengajukan surat pengunduran diri terhitung sejak tanggal 18 Agustus 2019, disertai dengan alas an, karena saya  ingin melanjutkan usaha sendiri. Segala sesutau hal yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab saya akan saya laksanakan sampai dengan tiba masa pengunduran diri saya.

Tak lupa Saya mengucapkan terima kasih kepada segenap pimpinan dan seluruh rekan karyawan lainnya, yang selama ini telah membantu saya dalam setiap pekerjaan yang saya laksanakan. Serta Saya juga meminta maaf atas kesalahan yang saya lakukan baik itu disengaja atau tidak, serta karena tidak bisa menjadi bagian dari Intan.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenarnya dan tanpa adanya paksaan dari pihak lainnya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Kasuma

 

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai Penulisan Surat Resign yang telah kami bagikan untuk Anda yang membutuhkannya sebagai rujukan persoalan terkait dengan ini. Jangan lupa untuk terus mengikuti update Artikel kami yang lainnya hanya di https://rumusguru.com. Tentu saja dengan berbagai pembahasan yang menarik untuk dibaca. Semoga ini dapat memberi manfaat yang baik, dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Penulisan Surat Resign – Untuk Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca