Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !

7 Faktor Penyebab Bumi Semakin Panas

3 min read

Penyebab Bumi Semakin Panas

Faktor Penyebab Bumi Semakin Panas – Pemanasan global (Global Warming) terjadi karena efek rumah kaca (Green House Effect). Lebih lengkapnya simaklah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Faktor Penyebab Bumi Semakin Panas Lengkap di bawah ini.

Faktor Penyebab Bumi Semakin Panas

Pemanasan global (Global Warming) terjadi karena efek rumah kaca (Green House Effect). Apa itu efek rumah kaca? Efek rumah kaca adalah suatu kondisi di mana panas dari matahari memasuki atmosfer bumi tetapi tidak dapat kembali dari luar angkasa. Mengapa demikian?

Padahal, ini adalah fenomena alam yang normal. Sinar matahari memasuki bumi dalam bentuk gelombang elektromagnetik gelombang pendek.

Itulah yang membuat bumi hangat. Sementara Bumi sendiri memantulkan kembali gelombang radiasi dalam bentuk gelombang inframerah dan sinar ultraviolet.

Sinar akan menembus atmosfer dan beberapa akan kembali ke Bumi. Peristiwa ini terjadi ketika kandungan gas di atmosfer bumi, seperti H2O, CO2, CH4 dan gas lainnya, berada dalam kondisi yang cukup ideal.

Dengan evolusi waktu dan semakin banyaknya manusia. Polusi udara meningkat sebagai akibat dari kegiatan yang dilakukan oleh manusia sendiri.

Contoh gas metana (CH4) yang dihasilkan dari uap kendaraan dan industri. Tidak hanya metana, tetapi juga N2O, CFC, fluorocarbon dan sulfur hexafluoride. Gas-gas ini masuk ke dalam gas rumah kaca. Gas-gas ini menutupi atmosfer bumi.

Ketika jumlah gas rumah kaca di atmosfer Bumi meningkat, gelombang inframerah dan sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh Bumi kembali ke Bumi.

Karena gas rumah kaca menghalangi sinar ini dari atmosfer. Akibatnya, suhu bumi menjadi lebih hangat. Inilah yang menyebabkan pemanasan global atau pemanasan global, yang meningkatkan suhu di Bumi dan membuatnya lebih panas.

Akibat dari pemanasan global ini tidak main main. Banyak kerugian dari kejadian ini, terutama bagi manusia. Perubahan suhu bumi yang mempercepat perubahan iklim cukup ekstrim di beberapa bagian dunia.

Tentu saja, ini juga mempengaruhi ekosistem lain, terutama hutan, yang tugasnya menyerap sebagian besar karbon dioksida.

Beberapa gunung es di Kutub Utara juga dipengaruhi oleh pemanasan global. Para ilmuwan juga telah memperhitungkan bahwa lapisan es yang berada di dua kutub akan sepenuhnya mencair pada tahun 2040.

Pencairan gunung es menyebabkan kenaikan permukaan laut. Permukaan laut lainnya ternyata menjadi ancaman lain bagi pulau-pulau kecil. Jika ini terus berlanjut, ada kemungkinan bahwa pulau-pulau itu akan menurun di masa depan.

Ada banyak faktor yang membuat bumi menjadi lebih panas. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan bumi semakin panas:

1. Berubah nya pusat sudut rotasi bumi

Planet bumi berputar pada sumbunya. Sumbu bumi tidak vertikal, tetapi membentuk sudut. Seiring waktu, sudut ini telah berubah 41.000 tahun. Awalnya, sudutnya 22,1 derajat hingga 24,5 derajat dan kembali lagi.

Ketika sudutnya 24,5 derajat, musim panas menjadi lebih hangat dan musim dingin menjadi lebih dingin.

2. Karbondioksida yang terkandung di lautan

Lautan mengandung lebih banyak karbon dioksida daripada di atmosfer. Lautan juga dapat menyerap karbon dioksida dari atmosfer. Ketika karbon dioksida di lautan tidak bisa menyerap panas, seperti atmosfer.

Ketika karbon dioksida dilepaskan dari laut dan bergerak menuju atmosfer, akan membantu memberi bumi lebih banyak panas.

3. Lempeng tektonik dan erupsi gunung berapi

Ternyata terjadinya pergerakan lempeng tektonik menimbulkan dampat terhadap pergeseran benua dari posisi sebelumnya.

Tiga ratus juta tahun yang lalu, Inggris Raya berada di dekat garis khatulistiwa, tempat itu lebih panas daripada sekarang.

Pergerakan lempeng tektonik juga menyebabkan perubahan gunung berapi dan pegunungan, yang juga berperan terhadap perubahan iklim.

Gunung berapi memengaruhi perubahan suhu, terutama selama letusan di mana gas dan debu vulkanik memasuki atmosfer Bumi.

Gas dan debu yang menutupi atmosfer bumi dapat membuat bumi panas atau dingin. Ini tergantung pada kandungan gas gunung berapi.

4. Arus laut

Arus lautan juga mempengaruhi kenaikan suhu bumi. Arus laut membawa panas ke atas bumi. Arah arus laut ini dapat berubah, sehingga beberapa tempat mungkin lebih hangat dan yang lainnya lebih dingin.

Lautan dapat menyimpan panas dalam jumlah besar. Akibatnya, perubahan kecil dalam arus laut dapat memengaruhi iklim global.

Baca Juga : Faktor Perbedaan Cuaca dan Iklim Suatu Wilayah

5. Vegetasi yang menutupi daratan

Dalam tingkat global, ada hubungan yang cukup dekat antara vegetasi dan iklim. Vegetasi menyerap karbon dioksida dan juga bisa menjadi penyangga terhadap efek pemanasan global.

6. Dampak meteorid

Meteorit juga berperan terhadap perubahan iklim yang terjadi beberapa waktu lalu. Ambil contoh, kawah Chicxulub di semenanjung Yucatan di Meksiko.

Dampak besar dari kawah meteorit menyebabkan debu dan gas memasuki atmosfer dan menghalangi masuknya sinar matahari.

Bahan-bahan ini mengisolasi bumi dari sinar matahari dan menyebabkan penurunan suhu global. Ini terjadi selama beberapa tahun.

7. Dampak dari keseluruhan

Masing-masing faktor di atas berkontribusi terhadap perubahan suhu dan iklim di Bumi.

Dan efeknya menjadi lebih besar ketika beberapa faktor ini menjadi lebih saling berhubungan dan lebih sulit. Perubahan salah satunya bisa menjadi pemicu bagi perubahan lainnya.

Sebagai contoh, kita tahu bahwa lautan dapat menyerap karbon dioksida dari atmosfer.

Ketika jumlah karbon dioksida di atmosfer meningkat, demikian juga suhu di bumi. Ini juga mempengaruhi lautan.

Lautan hangat dapat menyerap lebih sedikit CO2 daripada lautan dingin. Saat suhu laut naik, samudra melepaskan CO2 ke atmosfer. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan suku bunga baru. Proses ini disebut umpan balik.

Baca Juga : Dampak Perubahan Iklim

Apa itu efek rumah kaca?

Efek rumah kaca adalah suatu kondisi di mana panas dari matahari memasuki atmosfer bumi tetapi tidak dapat kembali dari luar angkasa

Apa itu pemanasan global?

Pemanasan global ialah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, daratan Bumi, dan laut.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Faktor Penyebab Bumi Semakin Panas. Baca juga Ciri Ciri Lahan Kritis dan Potensial. Semoga bermanfaat.

Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !
7 Faktor Penyebab Bumi Semakin Panas Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca